Solidaritas untuk Muslim Uighur dan Palestina Bergema Lagi di Binjai

Massa minta pemerintah

Binjai, IDN Times - Dukungan aksi solidaritas peduli muslim Uighur dan Palestina, kembali bergema di Kota Binjai. Kali ini ratusan umat muslim yang tergabung dari berbagai ormas islam di Kota Rambutan, turun ke jalan. Mereka mengadakan konvoi dengan mengendarai sepeda motor dan mobil, lalu melakukan orasi di depan kantor Walikota Binjai, Jum'at (27/12).

Aksi ratusan umat islam diawali dengan berkumpul di Masjid Agung Binjai. Dengan mengibarkan bendera tauhid, mereka berorasi di sepanjang jalan sampai di depan Kantor Wali Kota Binjai.

1. Kecam dan kutuk keras bentuk penindasan umat muslim Uighur, Palestina dan Rohingya

Solidaritas untuk Muslim Uighur dan Palestina Bergema Lagi di BinjaiAksi solidaritas untuk muslim Uighur di Binjai (IDN Times/Bambang Suhandoko)

Masa aksi mengecam dan mengutuk segala bentuk penindasan yang menimpa umat muslim yang ada di Uighur, Palestina, Yaman dan Rohingya. "Penindasan yang menimpa saudara kita sungguh-sungguh biadab dan tidak berprikemanusiaan," teriak salah seorang massa aksi.

Selain itu masa aksi juga meminta agar pemerintah Kota Binjai dan aparat penegak hukum memberantas peredaran narkoba dan judi yang saat ini sangat meresahkan masyarakat.

"Kami juga meminta, bagi pemerintah dan aparat jangan tutup mata. Berantas segala kemaksiatan di kota ini, baik judi, prostitusi dan narkoba yang merupakan musuh bersama," sebut Koordinator aksi H Murdin, disambut teriakan takbir oleh massa.

Baca Juga: Aksi Solidaritas Muslim Uighur, Massa Ancam Boikot Produk Tiongkok

2. Ada 4 pernyataan sikap dalam aksi damai

Solidaritas untuk Muslim Uighur dan Palestina Bergema Lagi di BinjaiAksi solidaritas untuk muslim Uighur di Binjai (IDN Times/Bambang Suhandoko)

Di tengah aksi damainya, koordinator aksi membacakan empat pernyataan sikap mereka. Peryataan itu dibacakan dihadapan perwakilan pemerintah Binjai dan aparat penegak hukum yang mengawal aksi.

"Empat peryataan sikap masa aksi yakni menuntut pemerintah penguasa Indonesia menunjukkan kepedulian atas tragedi dan kezhaliman yang menimpa muslim di Uighur, Kashmir, Rohingya dan Palestina," katanya.

"Mereka juga meminta kepada para penguasa di Indonesia baik lembaga legislatif, eksekutif dan yudikatif mengambil ketegasan dan keadialan kepada orang-orang terindikasi menghina Allah, menista agama dan Nabi Muhammad SAW," sambungnya.

3. Minta umat Muslim menyatukan tekad bela saudara

Solidaritas untuk Muslim Uighur dan Palestina Bergema Lagi di BinjaiAksi solidaritas untuk muslim Uighur di Binjai (IDN Times/Bambang Suhandoko)

Selain itu, mereka juga meminta kepada seluruh umat islam di Indonesia serta seluruh dunia bersatu.  "Mari kita satukan tekad bela saudara-saudara kita yang tertindas," teriak mereka.

Setelah membacakan empat pernyataan sikapnya. Masa aksi menyerahkan penyataan sikapnya kepada pemerintah kota Binjai yang diterima oleh Staf Ahli Walikota Binjai Afwan.

Baca Juga: [BREAKING] FPI dan PA 212 Geruduk Kedubes Tiongkok, Bela Muslim Uighur

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya