Setahun FAVE di Langkat, Makan Buah dan Sayur dari Pekarangan Sendiri

Ada 302 rumah tangga yang terbantu

Langkat, IDN Times- Setahun sudah program Food and Vegetable Everyday (FAVE) digelar Yayasan Fondasi Hidup Indonesia (FHI). Program ini digelar di tiga desa di Langkat yakni Securai Selatan, Teluk Meku dan Kwala Serapuh. 

Program ini merupakan pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan pekarangan rumah dengan melakukan praktik berkebun sayuran dan buah dengan cara organik. Penutupan program dilakukan di Aula Kantor Desa Kwala Serapuh, Rabu (25/5/2022). 

1. Masyarakat bisa memenuhi kebutuhan sayur dan buah

Setahun FAVE di Langkat, Makan Buah dan Sayur dari Pekarangan SendiriProgram Food And Vegetable Everyday di Langkat berakhir (Dok.Istimewa)

Area Program Team leader North Sumatra FHI, Chrisman Bintoro H Siregar mengatakan program ini merupakan upaya survive di tengah COVID-19. Yakni untuk memenuhi buah dan sayur dari pekarangan rumah sendiri.

"Ini sebagai awal dari perubahan prilaku masyarakat dalam mengkonsumsi buah dan sayuran untuk meningkatkan kesehatan di masa pandemik COVID-19," kata Chrisman. 

Sementara itu FAVE Project Coordinator, Nuraisyah Pohan mengatakan ada ratusan penerima manfaat dari 2 kecamatan di Langkat.

“Total penerima manfaat adalah 302 rumah tangga dengan total 1.251 orang yang meliputi 2 wilayah Kecamatan yakni Babalan dan Tanjung Pura, 3 Desa yaitu Securai Selatan, Teluk Meku dan Kwala Serapuh. Total keseluruhan 19 dusun dampingan," kata Nuraisyah.

Baca Juga: Tak Terlibat Kasus Kerangkeng Bupati Langkat, 5 Polisi Tetap Dihukum

2. Lewat program FAVE, masyarakat juga dilatih memasak sayur dan buah agar terjaga nutrisinya

Setahun FAVE di Langkat, Makan Buah dan Sayur dari Pekarangan SendiriPenyerahan plakat apresiasi dari FH Indonesia kepada PLH Kepala Desa Teluk Menu didampingi penyuluh pertanian Kabupaten Langkat (Dok.Istimewa)

Menurutnya FAVE tidak hanya melatih penerima manfaat cara mengolah lahan, pemupukan dan pengendalian hama secara organik.

"Kami juga mendistribusikan alat pertanian skala rumah tangga dan mengadakan lokakarya pola makan sehat dan seimbang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan mengadakan pelatihan kelas memasak sayur dan buah agar tetap terjaga nutrisinya juga memiliki nilai ekonomis," tambah Nuraisyah.

3. Program FAVE ini akan dilanjutkan masyarakat secara mandiri

Setahun FAVE di Langkat, Makan Buah dan Sayur dari Pekarangan SendiriWarga desa tanam sayur dan buah organik sendiri lewat program Food and Vegetable Everyday (FAVE) (Dok.Istimewa)

Sekretaris Desa Kwala Serapuh, Ponirin mengapresiasi dan merasa sangat terbantu dengan program FAVE dari Yayasan Fondasi Hidup Indonesia. Masyarakat Desa Kwala Serapuh 

“Kami selaku masyarakat sangat berterima kasih kepada FH karena banyak sekali program yang sangat membantu kami baik itu FAVE, dan program lainnya seperti pendidikan, kesehatan,dan peningkatan penghidupan bagi kami masyarakat desa ini,” kata Ponirin.

Ia juga berharap proyek FAVE ini bisa terus dilanjutkan oleh masyarakat dengan terus didampingi oleh perwakilan FH maupun dari pemerintah desa itu sendiri. "Mewakili pemerintah Desa Kwala Serapuh proyek FAVE – FH Indonesia di Kwala Serapu resmi ditutup dan akan kami upayakan untuk berlanjut secara mandiri," pungkasnya. 

Baca Juga: 10 Tips Anak Suka Makan Buah dan Sayur, Pencernaan Sehat! 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya