Rumahnya Hangus Terbakar, Nenek Sebatang Kara Alami Trauma

Sang nenek harus diungsikan

Binjai, IDN Times - Peristiwa kebakaran terjadi di Jalan Kamboja, Lingkungan III, Kelurahan Kebun Lada, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai, Sumatera Utara, Selasa (19/11) pagi. Dalam musibah itu, satu unit rumah semipermanen yang dihuni Siti Luhum Nasution (80), dilaporkan ludes dilumat api.

Kapolres Binjai, AKBP Nugroho Tri Nuryanto, saat dikonfirmasi wartawan melalui Kasubbag Humas, Iptu Siswanto Ginting, membenarkan peristiwa itu. Wanita pemilik rumah selamat tanpa terluka.

1. Wanita lanjut usia itu alami trauma berat

Rumahnya Hangus Terbakar, Nenek Sebatang Kara Alami TraumaRumah seorang nenek terbakar di Binjai (IDN Times/Handoko)

Meskipun selamat, namun Nek Luhum, begitu sapaan akrab wanita lanjut usia tersebut, mengalami trauma dan tekanan mental yang cukup berat.

"Untuk kerugian material, kita taksir nilainya mencapai lebih dari Rp50 juta, mengingat kondisi bangunan hangus menyeluruh dan tidak satu pun barang berharga di dalam rumah dapat diselamatkan," terangnya.

2. Kebakaran terjadi setelah Subuh

Rumahnya Hangus Terbakar, Nenek Sebatang Kara Alami TraumaRumah seorang nenek terbakar di Binjai (IDN Times/Handoko)

Dalam keterangannya kepada pihak kepolisian, Siti Luhum Nasution mengaku, kobaran api terlihat pertama kali sekira pukul 06.00 Wib, pada saat dirinya sedang duduk santai di teras belakang rumahnya sambil menikmati segelas kopi.

Namun wanita tua yang bekerja sebagai pengumpul barang bekas itu tiba-tiba terkejut karena melihat adanya percikan api disertai kobaran api dan asap, yang keluar dari sambungan kabel listrik di atas atap rumahnya.

"Habis Salat Subuh tadi, saya duduk sambil ngopi di belakang. Tiba-tiba ada api dari atas seng. Cepat-cepatlah saya ke luar rumah sambil minta tolong sama orang kampung," seru janda tua yang tinggal sebatang kara itu.

Baca Juga: Pria Tua Pensiunan PNS di Binjai Tewas Usai Kencani Transpuan

3. Warga bantu proses evakuasi korban

Rumahnya Hangus Terbakar, Nenek Sebatang Kara Alami TraumaRumah seorang nenek terbakar di Binjai (IDN Times/Handoko)

Mendengar teriakan korban, beberapa tetangganya bergegas datang dan mengevakuasi korban ke luar rumahnya. Semantara warga lainnya turut berupaya memadamkan api dan menyelamatkan barang berharga yang masih berada di dalam rumah korban.

Nahas, kobaran api justru bertambah besar, serta membakar seluruh bagian bangunan dan perkakas yang terdapat di dalam rumah korban.

"Karena api membesar, upaya pemadaman menjadi sulit dilakukan. Bahkan proses evakuasi barang terpaksa kita batalkan, mengingat resikonya sangat besar," ungkap Iwan, salah seorang tetangga korban.

4. Kobaran api padam 30 menit setelahnya

Rumahnya Hangus Terbakar, Nenek Sebatang Kara Alami TraumaRumah seorang nenek terbakar di Binjai (IDN Times/Handoko)

Tidak lama setelah peristiwa tersebut dilaporkan, empat armada pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Binjai segera tiba di lokasi kejadian.

Malang bagi sang pemillik rumah, meskipun kobaran api berhasil dipadamkan 30 menit setelahnya, namun upaya itu tidak mampu menyelamatkan bangunan rumah dan seluruh barang berharga yang ada di dalamnya.

"Saat ini, Nek Luhum kita ungsikan untuk sementara waktu di rumah salah satu warga, sambil menunggu kemungkinan masuknya bantuan dari pemerintah daerah," ungkap Erwin, warga lainnya.

 

5. Kebakaran diduga dipicu hubungan arus pendek listrik

Rumahnya Hangus Terbakar, Nenek Sebatang Kara Alami TraumaIDN Times/Arief Rahmat

Pasca pemadaman api, Kapolsek Binjai Utara, Kompol GR Feriana, bersama Staf Kecamatan Binjai Utara, Sandi, abinsa Kelurahan Kebun Lada, Serda Zulpan Rian, Babhinkamtibmas Kelurahan Kebun Lada, Julianto, Kepling III Kelurahan Kebun Lada, Mukhtar, datang meninjau lokasi kejadian.

Dari situ, personel Unit Reskrim Polsek Binjai Utara segera mengamankan lokasi kebakaran, sembari mengumpulkan barang bukti, keterangan korban dan para saksi mata, serta dokumen visual dari lokasi kejadian

"Berdasarkan keterangan awal yang kita himpun dari korban dan para saksi mata, ada dugaan kebakaran ini dipicu masalah teknis, yakni hubungan arus pendek listrik. Namun untuk lebih pastinya, kita tunggu hasil uji laboratorium," ungkapnya.

Baca Juga: Resto Ayam Penyet Mukhtar Basri Kawasan UMSU Terbakar

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya