Prihatin Kabut Asap, Dompet Dhuafa Lakukan Gerakan Tebar Sejuta Masker

Bila ada perubahan kondisi berlanjut Aksi Layanan Sehat

Medan, IDN Times - Kabut asap yang melanda beberapa daerah termasuk Medan memancing kepedulian Dompet Dhuafa Waspada (DDW). Melalui gerakan #TebarSejutaMasker yang dibantu DDVolunteer, School Master Teacher, Relawan Nusantara Medan dan Forum Indonesia Muda, Dompet Dhuafa melakukan pembagian masker kepada pengendara kendaraan bermotor di sembilan lokasi wilayah Medan sekitarnya, Selasa (24/9).

Dalam beberapa pekan ini, wilayah sekitaran Medan memang sudah diselimuti asap akibat karhutla (kebakaran hutan dan lahan). Saat bernapas sudah tidak nyaman lagi, mata juga mulai terasa perih. 

1. Wilayah-wilayah tempat pembagian masker

Prihatin Kabut Asap, Dompet Dhuafa Lakukan Gerakan Tebar Sejuta MaskerDok.IDN Times/istimewa

Adapun Wilayah yang dibagi pada tahap pertama ini adalah di Jalan HM. Yamin, Pajak Sei Kambing, Simpang Amplas, Jalan Suprapto Simpang Waspada, Bundaran SIB Jalan Gatot Subroto, Simpang Tiga USU, Persimpang Tirtanadi, Sei Rampah dan Lubuk Pakam.

“Untuk membantu warga saat ini kita fokuskan ke pembagian masker, bila mana ada perubahan kondisi, kita akan lanjutkan dengan kegiatan Aksi Layanan Sehat (ALS),” paparnya.

Baca Juga: Dampak Kabut Asap, Nelayan di Langkat Sudah 3 Pekan Tak Melaut

2. Udara Medan sedang tidak sehat

Prihatin Kabut Asap, Dompet Dhuafa Lakukan Gerakan Tebar Sejuta MaskerDok.IDN Times/istimewa

Sulaiman menjelaskan mengapa Dompet Dhuafa Waspada membagikan masker di Daerah Medan dan sekitarnya karena menurut data AirVisual. Medan dan sekitarnya menempati posisi 186 berdasarkan AQI, Selasa (24/9).

Ini berarti kualitas udaranya tidak sehat yang peningkatannya kemungkinan berdampak buruk dan gangguan jantung dan paru-paru terutama bagi kelompok sensitif.

3. Didukung beberapa kecamatan

Prihatin Kabut Asap, Dompet Dhuafa Lakukan Gerakan Tebar Sejuta MaskerDok.IDN Times/istimewa

Aksi ini tergabung kepada gerakan #TebarSejutaMasker juga mendapat dukungan penuh dari beberapa Kecamatan di antaranya Camat Medan Petisah Agha Novrian, Camat Medan Kota Tengku Chairuniza, Camat Medan Amplas Drs Edy Mulia Matondang, M.AP dan Camat Medan Helvetia Andi Mario Siregar yang turut serta ikut turun ke jalan untuk membagikan masker kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, Untuk tahap pertama ini kami mendapat dukungan dari beberapa camat untuk membagikan 10 ribu masker, ini gerakan kepedulian terhadap masyarakat yang terpapar polusi udara,”jelas Sulaiman.

Baca Juga: Bagikan Masker, Komunitas Sahabat Alam Imbau Hutan Jangan Dibakar Lagi

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya