Pesan Terakhir Agus Andrianto Sebagai Kapolda Sumut Sebelum Dimutasi

Janji berantas pungli di institusi Polri

Medan, IDN Times - Irjen Pol Agus Andrianto kini tidak lagi akan menjabat Kapolda Sumatera Utara. Dia dipromosikan menjadi Kabarham Polri. Sebelum menjalani jabatan baru, Agus memberi pesan terakhirnya sebagai Kapolda Sumut saat Rapat Koordinasi Analisis dan Evaluasi (Rakor Anev) Tahun Anggaran 2019 di Medan, Kamis (5/12).

Pada kesempatan itu  pemerintah memberikan penghargaan kepada Polrestabes Medan atas kinerja Unit Pemberantasan Pungli (UPP) dalam memberantas tindakan pengutipan liar di pelayanan publik Kota Medan, Sumatera Utara.

"Kedepannya Pungli di layanan publik tak ada lagi, termasuk di lingkungan Polri," kata Agus. 

1. Tujuan utama UPP bukan memenjarakan orang, tapi memberikan rambu dan peringatan

Pesan Terakhir Agus Andrianto Sebagai Kapolda Sumut Sebelum DimutasiIrjen Pol Agus Andrianto saat menghadiri Rapat Koordinasi Analisis dan Evaluasi Tahun Anggaran 2019 (Dok.IDN Times/istimewa)

Menurut Agus, kegiatan tersebut akan menjadi bahan evaluasi di tingkat pusat. Kemudian untuk mengingatkan kepada masyarakat apa yang menjadi arah pembangunan negara di lima tahun ke depan.

"Arahnya adalah membangun sumber daya manusia, infrastruktur, transformasi ekonomi, penyederhanaan birokrasi dan regulasi. Itu yang menjadi fokus pemerintah pusat sampai daerah," sebut Agus.

Agus menjelaskan, UPP meringankan beban masyarakat maupun investor. Akan tetapi, memenjarakan orang bukanlah tujuan utamanya.

"Tujuannya memberikan rambu-rambu, saling mengingatkan bahwa melayani masyarakat adalah sebagai tanggung jawab kita," tegas Agus.

Baca Juga: Sebelum Dimutasi, Irjen Agus Bantu Penangkapan 30 Terduga Teroris

2. Polrestabes Medan juara 1 dalam penindakan, pencegahan Pungli

Pesan Terakhir Agus Andrianto Sebagai Kapolda Sumut Sebelum DimutasiKapolrestabes Medan Dadang Hartanto menerima penghargaan saat Rapat Koordinasi Analisis dan Evaluasi Tahun Anggaran 2019 (Dok.IDN Times/istimewa)

Pada rapat tersebut, Polrestabes Medan meraih penghargaan dalam penindakan dan pencegahan pungli. Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto mengatakan, hal ini adalah tindak lanjut dari penekanan Presiden Joko Widodo. Kemudian ditindaklanjuti ke Polri lalu diteruskan oleh Polda ke kabupaten atau kota yang ada di Sumatera Utara (Sumut).

"Salah satunya di Polrestabes Medan, kita sudah melakukan upaya-upaya untuk menghadapi Pungli. Mulai dari cara pencegahan, pembinaan maupun penindakan," kata Dadang.

"Untuk penindakan, pencegahan dan yustisi Polrestabes mendapat juara 1 di Sumut. Ini bentuk kinerja yang baik, tapi tidak boleh lengah, karena dampak upaya ini harus terasa di masyarakat," tambahnya.

3. Dadang berharap upaya pemberantasan Pungli terus berlanjut

Pesan Terakhir Agus Andrianto Sebagai Kapolda Sumut Sebelum DimutasiIrjen Pol Agus Andrianto saat menghadiri Rapat Koordinasi Analisis dan Evaluasi Tahun Anggaran 2019 (Dok.IDN Times/istimewa)

Dadang berharap, upaya yang telah dilakukan Polrestabes Medan dan steakholder untuk memberantas Pungli terus berlanjut. Sehingga kehadiran UPP ini dapat dirasakan masyarakat.

"Harapnya upaya penindakan, pencegahan dan pembinaan terus dibenahi. Begitu juga dengan pembenahan-pembenahan sistem," pungkas Dadang.

Baca Juga: Agus Andrianto Naik Pangkat Jadi Bintang 3 dan Jabat Kabaharkam Polri

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya