Pasar Kampung Lalang Dibenahi, Pedagang Membandel Izin Bisa Dicabut

Rusdi Sinuraya pimpin penertiban pedagang kaki lima

Medan, IDN Times - Jajaran PD Pasar Kota Medan melakukan penertiban pedagang kaki lima (PK5) di Pasar Kampung Lalang, Sabtu (18/1) pagi. Penertiban ini juga dilakukan secara terus terhadap pedagang kaki lima di 53 pasar yang dikelola PD Pasar Medan.

Direktur Utama PD Pasar Kota Medan Rusdi Sinuraya memimpin langsung penertiban pedagang kaki lima yang membuka lapak tidak sesuai aturan yang telah ditetapkan PD Pasar. Ini dilakukan untuk penataan dengan pasar agar tidak terlihat kumuh.  

"Secara kontiniu kita terus memantau 53 pasar di bawah pengawasan kita. Jika ada pedagang yang berjualan tidak pada tempatnya (menyalahi aturan), saya pastikan akan kita tertibkan. Siapapun itu pedagangnya," tegasnya.

1. Jika pedagang membandel, kartu izin berjualan akan dicabut

Pasar Kampung Lalang Dibenahi, Pedagang Membandel Izin Bisa DicabutDirut PD Pasar Rusdi Sinuraya memantau pasar (IDN Times/Yurika Febrianti)

Rusdi juga mengimbau kepada pedagang yang sudah mendapat kartu dan memiliki lapak di dalam Pasar Kampung Lalang agar tidak berjualan di lingkungan pasar yang tidak diperbolehkan. Misalnya berjualan di depan area perparkiran (di atas parit) atau akses masuk pasar sehingga tidak terjadi kemacetan.

"Jika setelah imbauan ini tidak juga diabaikan, kita pastikan akan menindak tegas berupa pencabutan kartu (izin berjualan) dan akan kita alihkan ke pedagang lain yang serius berjualan di dalam pasar," kata Rusdi.

Rusdi menegaskan PD Pasar Kota Medan tidak akan memungut biaya sepeser pun kepada para pedagang yang berjualan di dalam pasar yang lapaknya sudah disiapkan.

"Mereka kita gratiskan sepanjang serius berjualan di lingkungan pasar yang sudah disiapkan. Ini juga instruksi dari Sekda Pak Wiriya selaku Dewan Pengawas PD Pasar Medan agar pedagang tidak dipungut biaya apapun," katanya.

Baca Juga: Pasar Muara Takus Dibenahi, Kampung Millennial Medan Akan Buka 24 Jam

2. Benahi akses ke pintu masuk pasar

Pasar Kampung Lalang Dibenahi, Pedagang Membandel Izin Bisa DicabutDirut PD Pasar Rusdi Sinuraya memantau Pasar Kampung Lalang (IDN Times/Yurika Febrianti)

Pada penertiban itu, Rusdi terlihat antusias menginstruksikan jajarannya dan memberikan pengarahan-pengarahan. Di antaranya pembenahan akses pintu masuk Pasar Kampung Lalang agar pembeli yang datang mengendarai mobil mudah masuk.

"Tadi kita minta pihak pengelola agar mensejajarkan antara lintasan parit dengan areal parkir depan agar mobil mudah masuk. Kalau tinggi seperti ini kap depan mobil bisa nyangkut," ujarnya.

Selain penertiban pedagang kaki lima, Rusdi juga memerintahkan jajarannya untuk melancarkan aliran parit di depan Pasar Kampung Lalang dengan mengangkut endapan sampah yang menumpuk. "Itu (sampah) tolong dikorek. Itu penyebab aliran parit ini tumpat," katanya.

3. Area parit akan dijadikan pangkalan becak motor

Pasar Kampung Lalang Dibenahi, Pedagang Membandel Izin Bisa DicabutPembenahan di Pasar Kampung Lalang (IDN Times/Yurika Febrianti)

Untuk mengantisiasi agar pedagang kaki lima tidak berjualan di pinggiran parit depan pintu masuk Pasar Kampung Lalang, Rusdi juga menginstruksikan jajarannya melakukan penataan areal parit tersebut.

"Rencananya areal parit ini akan kita jadikan tempat stay becak-becak yang menunggu penumpang. Jadi tidak awut-awutan seperti ini," katanya.

Menurut Rusdi, PD Pasar Medan akan terus memantau keberadaan Pasar Kampung Lalang pasca diresmikan Pemko Medan beberapa waktu lalu.

"Ini masih dalam proses penataan. Banyak yang harus kita benahi pasca (Pasar Kampung Lalang) diresmikan beberapa waktu lalu. Kita ingin kenyamanan dan kebersihan pasar tetap terjaga. Sehingga konsumen yang datang belanja merasa nyaman," kata Rusdi.

Lanjutnya, PD Pasar Kota Medan sejak tahun lalu hingga kini rutin melaksanakan kegiatan Jumat Bersih di 53 pasar tradisional di Medan. Kegiatan Jumat Bersih ini merupakan tindak lanjut dari perlombaan bersih-bersih Pasar.

"Kali ini kegiatan Jumat Bersih makin masif kita laksanakan. Kalau tahun lalu setiap Jumatnya hanya satu pasar, tahun ini kita laksanakan serentak di tiga pasar di bawah naungan cabang I, 2 dan 3 PD Pasar dan dipimpin langsung masing-masing kepala cabangnya. Komitmen kita jelas. Kalau Medan Rumah Kita, maka kita akan ciptakan Pasar Rumah Pedagang," pungkasnya.

Baca Juga: Mau Jualan di Kampung Millennial? Sewa Kios Sementara Gratis!

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya