Mau Jualan di Kampung Millennial? Sewa Kios Sementara Gratis!

Dirut PD Pasar Medan minta ide-ide dari mahasiswa

Medan, IDN Times – Wacana Kampung Millennial gebrakan baru Direktur Utama PD Pasar Kota Medan Rusdi Sinuraya terus digalakkan. Pemerintah kota Medan melalui PD Pasar Kota Medan lakukan Talkshow Pembangunan Kampung Millennial di Pasar Muara Takus bersama mahasiswa kelompok Cipayung yakni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) serta Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SU Dr. Andri Soemitra. Rabu (15/1).

Kampung Millennial yang akan dibangun di Pasar Muara Takus Medan, Rusdi Sinuraya menegaskan, kios diberikan gratis sementara untuk pedagang yang ingin menjualkan dagangannya. “Kios dan stand disini ada 281, untuk sementara nanti saya berikan gratis,” kata Rusdi.

1. Sewa kios cukup hanya gunakan KTP

Mau Jualan di Kampung Millennial? Sewa Kios Sementara Gratis!Dirut PD Pasar bersama perwakilan mahasiswa dalam talk show Kampung Millennial (IDN Times/Yurika Febrianti)

Sementara itu, pedagang yang akan menyewa kios tidak hanya diperuntukkan warga kota Medan melainkan luar kota Medan juga diperbolehkan dan penyewaan kios hanya menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP) pada administrasi sewa kios Kampung Millennial.

“Luar Medan bisa, syaratnya murah cukup KTP saja, hadir saya berikan gratis. Yang penting dia berjualan dia punya produk,” ujarnya.

Baca Juga: Pasar Muara Takus Dibenahi, Kampung Millennial Medan Akan Buka 24 Jam

2. Rencananya Kampung Millennial direalisasikan dalam dua bulan ke depan

Mau Jualan di Kampung Millennial? Sewa Kios Sementara Gratis!Pasar Muara Takus Medan yang akan dijadikan Kampung Millennial (IDN Times/Yurika Febrianti)

Lebih lanjut, Rusdi mengatakan akan merealisasikan kampung milenial dalam kurung waktu 1-2 bulan ke depan.

“Kita gagas 1-2 bulan ini, kita sudah mulai, kami berharap secepatnya akan direalisasikan,” ucapnya.

Selain itu salah satu aktivis mahasiswa, ketua HMI Cabang Medan, Riski Akbar Maulana Siregar mengatakan ke depannya Kampung Milenial tidak hanya melakukan transaksi ekonomi tetapi juga aktivitas kebudayaan.

“Tidak hanya ada aktivitas ekonomi tapi ada aktivitas kawin silang antara ekonomi dengan kesenian kebudayaan, kemudian ada kajian kajian sehingga orang datang ke sini tidak hanya ingin membeli sesuatu tapi ingin menikmati suasana,” kata Riski.

3. Apresiasi usulan dari mahasiswa

Mau Jualan di Kampung Millennial? Sewa Kios Sementara Gratis!Dirut PD Pasar bersama perwakilan mahasiswa dalam talk show Kampung Millennial (IDN Times/Yurika Febrianti)

Senada dengan Riski, Dirut PD Pasar Rusdi Sinuraya apresiasi gagasan para mahasiswa.

"Saya tentunya mengapresiasi apa yang sudah mereka gagas. Tentunya saya akan men-support. Artinya pemerintah melalui PD Pasar hadir disini supaya saya bisa bantu wadah wadah yang ada saya siapkan," katanya.

Baca Juga: Diklaim Jadi Malioboronya Kota Medan, Apa Itu Kampung Millennial?

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya