Longsor 8 Titik di Jalinsum Sibolga-Tarutung, 1 Mobil Tertimpa Pohon

Empat titik masih belum bisa dilalui

Medan, IDN Times - Longsor terjadi di Jalan Lintas Sumatra Utara tepatnya jalur Sibolga-Tarutung, Sumatra Utara. Longsor terjadi di 8 titik mulai dari KM 5 sampai KM 7, kawasan Batu Lobang, Kecamatan Sitahuis, Tapanuli Tengah, Sumatra Utara, Selasa (16/3/2021).

Melansir ANTARA, satu unit mobil mini bus jenis Avanza ringsek akibat tertimpa pohon tumbang di Jalan Lintas Sumatera Utara Sibolga-Tarutung.

1. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa

Longsor 8 Titik di Jalinsum Sibolga-Tarutung, 1 Mobil Tertimpa PohonIlustrasi Daerah Rawan Longsor (IDN Times/Sukma Shakti)

Dari informasi yang diperoleh dari Polres Tapteng, longsor terjadi setelah hujan lebat yang terjadi pada Selasa (17/3/2021). Syukurnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Dan hingga pagi ini personel Polres Tapteng masih melakukan pembersihan di lokasi longsor. Empat titik longsor sudah berhasil dibersihkan materialnya. Sisa empat lagi dalam proses pembersihan,” kata Kasubbag Humas Polres Tapteng, AKP Horas Gurning, Rabu (17/3/2021).

Baca Juga: Kisah Jonry, Satu-satunya Petani Garam Tradisional di Tapteng

2. Empat titik longsor belum bisa dibersihkan dan masih belum bisa dilalui

Longsor 8 Titik di Jalinsum Sibolga-Tarutung, 1 Mobil Tertimpa PohonIlustrasi Longsor (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara itu arus lalu lintas baik dari arah Tarutung menuju Sibolga dan sebaliknya terpaksa dialihkan melalui jalur Rampah-Poriaha.

Akibat kondisi cuaca yang kurang bersahabat dan dibarengi guyuran hujan tadi pagi, menjadi kendala utama 4 titik longsor di Jalan Lintas Sumatera Sibolga-Tarutung belum bisa dibersihkan. Akibatnya arus lalu lintas masih lumpuh sejak Selasa petang sampai berita ini diturunkan.

“Pembersihan dilanjutkan tadi pagi untuk 4 titik lagi. Dan tadi pagi juga masih hujan, sehingga proses pembersihan tidak bisa berlangsung cepat karena butuh kehati-hatian,” ungkap Kasat Lantas AKP Nazrul.

3. Pihaknya juga butuh waktu ekstra membersihkan pohon yang tumbang di lokasi longsor

Longsor 8 Titik di Jalinsum Sibolga-Tarutung, 1 Mobil Tertimpa PohonIlustrasi pohon tumbang.Dok.IDN Times/Istimewa

Selain itu juga katanya, untuk membersihkan pohon besar yang tumbang di lokasi longsor, butuh tehnik dengan cara diikat atau ditarik menggunakan sling.

“Tadi kita sudah koordinasi dengan operator excavator (beko) untuk tehnik pengangkatan batang kayu. Mudah-mudahan dapat diangkat dengan cepat dan aman,” ujarnya.

Jalur Rampah-Poriaha jadi alternatif untuk lalu lintas saat ini. Sampai saat ini timnya masih bekerja. “Nanti kalau sudah bisa dilalui kendaraan akan kita informasikan, karena sampai saat ini kita dan petugas operator beserta tim masih bekerja,” pungkasnya.

Baca Juga: Sempat Viral, Cerita Perjuangan Warga Tapteng hingga Lolos CPNS 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya