Lapangan Sepak Bola Marelan Dieksekusi PN Medan, Warga Melawan

Mereka kecewa lapangan untuk olahraga itu jadi milik pribadi

Medan, IDN Times - Juru sita Pengadilan Negeri Medan mengeksekusi Lapangan sepak bola, Jalan Marelan Raya, Kelurahan tanah 600, Kecamatan Medan Marelan, Sumatra Utara, Kamis (25/2/2021). Eksekusi ini mendapat perlawanan dari warga setempat yang terdiri dari pemuda dan pelajar.

Mereka tak rela lapangan dengan luas 6.098 meter yang selama ini mereka gunakan untuk berbagai kegiatan, terutama untuk berolahraga dialihfungsikan untuk milik pribadi. Namun PN Medan dikawal pihak kepolisian dan eksekusi terus berjalan. Lapangan terlihat mulai ditutup dengan pagar batu.

1.Sebelumnya ahli waris menangkan gugatan

Lapangan Sepak Bola Marelan Dieksekusi PN Medan, Warga MelawanIlustrasi pengadilan (IDN Times/Sukma Shakti)

Diketahui eksekusi dilakukan setelah ahli waris almarhum Karjo Sutomo yakni Sri Nur Hayati memenangkan gugatan terhadap lapangan tersebut. Juru sita membacakan penetapan keputusan pengadilan nomor 47/Eks/2020/480/Pdt.G/2013/PN.Mdn dengan memenangkan ahli waris Almarhum Karjo Sutomo yaitu Sri Nurhayati dengan luas subjek kurang lebih 6098 meter persegi.

Baca Juga: Dugaan Suap DAK Labura, Wabendum dan Eks DPR RI Fraksi PPP Diadili 

2. Warga sesalkan eksekusi lapangan tersebut dan kecewa dengan Pemko Medan

Lapangan Sepak Bola Marelan Dieksekusi PN Medan, Warga MelawanEksekusi lapangan sepak bola tanah 600 Marelan diadang warga, Kamis (25/2/2021). (Dok.IDN Times/istimewa)

Koordinator aksi, Wahyu Kurnia mengatakan masyarakat Marelan sangat keberatan dengan eksekusi tersebut. Dia menilai ada salah objek yang diperkarakan di lapangan bola kaki Tanah Enam Ratus.

"Kita sayangkan eksekusi lapangan ini, karena kita tahu bukan disini objek yang digugat. Ini sudah salah objek, dan kita tahu lapangan bola ini digunakan oleh masyarakat untuk saran olah raga," tegasnya.

Pihaknya juga kecewa dengan Pemko Medan yang tidak banding atas keputusan tersebut. "Kita sayangkan eksekusi lapangan ini, karena kita tahu bukan disini objek yang digugat. Ini sudah salah objek, dan kita tahu lapangan bola ini digunakan oleh masyarakat untuk saran olah raga," tegasnya.

3. Lapangan itu selama ini digunakan untuk kegiatan sepak bola dan karate

Lapangan Sepak Bola Marelan Dieksekusi PN Medan, Warga MelawanEksekusi lapangan sepak bola tanah 600 Marelan diadang warga, Kamis (25/2/2021). (Dok.IDN Times/istimewa)

Lapangan Tanah 600 selama ini menjadi fasilitas olahraga umum untuk warga Marelan. Lapangan itu sebelumnya merupakan tempat berlatihnya anak-anak SSB Putra Bima Marelan. Selain itu di malam hari, lapangan juga sering digunakan untuk kegiatan karate.

Lapangan itu juga sering dipakai di akhir pekan untuk senam warga sekitar. Namun dengan keputusan ini mereka pun kehilangan tempat untuk beraktivitas.

Baca Juga: Gladi Resik Pelantikan Wali Kota Medan, Begini Gaya Bobby-Kahiyang 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya