Kerap Bermasalah, KPU Sumut Beri Atensi Khusus untuk Pilkada Nias

Pilkada Binjai 2020 resmi diluncurkan

Binjai, IDN Times - Sebanyak 23 Kabupaten/ Kota di Sumatera Utara (Sumut), akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak pada tanggal 23 September 2020 nanti. Dari puluhan Kabupaten/ Kota yang akan menggelar pesta demokrasi ini,  pelaksanaan Pilkada di Pulau Nias, yang terdiri dari 5 Kabupaten/ Kota, menjadi sorotan dan atensi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara.

Hal ini sempat diutarakan ketua KPU Sumut Herdensi Adnin, saat menghadiri acara peluncuran pemilihan Wali kota dan Wakil Wali kota Binjai, di Pendopo Umar Baki, Jalan Veteran, Kelurahan Tangsi, Kecamatan Binjai Kota, Senin (11/11).

1. Kerap bermasalah dalam pelaksanaan Pemilu

Kerap Bermasalah, KPU Sumut Beri Atensi Khusus untuk Pilkada NiasIDN Times/Handoko

Sorotan dan atensi khusus ini, dikatakan Herdensi, sebab dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) terakhir di Pulau Nias, sempat terjadi masalah di pulau tersebut.

Kasus terakhir terjadi di 4 Kecamatan, di Kabupaten Nias, yang harus menunda Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) dikarenakan logistik pemilu yang terganggu.

"Untuk itu, kita meminta agar KPU di 5 Kabupaten/ Kota Pulau Nias, dapat menjaga integritas dalam pelaksanaan Pilkada mendatang," kata Herdensi.

2. Sumut provinsi yang paling banyak menggelar Pilkada

Kerap Bermasalah, KPU Sumut Beri Atensi Khusus untuk Pilkada NiasIDN Times/Handoko

Herdensi Adnin juga mengatakan, saat ini Sumut satu di antara provinsi yang paling banyak menggelar pemilihan kepala daerah tingkat kota. Almuni FISIP USU ini mengingatkan bahwa sebagai penyelenggara harus tetap mengutamakan integritas.

"Sumut salah satu yang paling banyak menggelar pilkada di tingkat kota-kota. Kalau kita bicara integritas, tentunya kita semua punya integritas. Untuk itu, mari kita jaga integritas sehingga Pilkada ini melahirkan pemimpin yang adil bijaksana sesuai harapan pemilih yang berintegritas juga. Warga yang sudah mempunyai hak untuk memilih agar jangan golput," begitu pesannya.

Baca Juga: Mau Maju Pilkada Medan 2020 Jalur Independen? Ini Syaratnya

3. Zulfan ajak elemen masyarakat menjaga kondusivitas Pilwako 2020

Kerap Bermasalah, KPU Sumut Beri Atensi Khusus untuk Pilkada NiasIDN Times/Handoko

Sementara dalam pelunçuran tersebut, Ketua KPU Binjai, Zulfan Efendi, juga berharap kepada seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga kekondusifan Kota Binjai pada Pilwako 2020. Dia berharap sinergitas antar instansi dan masyarakat yang sudah baik selam ini bisa lebih baik lagi pada 2020.

"Suara kita untuk Kota Binjai, ayo memilih untuk Kota Binjai. Pada Pileg dan Pilpres 2019 Binjai salah satu yang sukses dengan tingginya partisipasi pemilih, dan berjalan lancar. Kita berharap yang sudah baik bisa lebih baik lagi," kata Zulfan.

4. Ini pesan Wali kota Binjai kepada KPU

Kerap Bermasalah, KPU Sumut Beri Atensi Khusus untuk Pilkada NiasIDN Times/Handoko

Wali kota Binjai, HM Idaham yang turut hadir mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh KPU. Idaham berharap warga dijamin haknya yang sama pada Pilwako 2020 secara adil.

"Saya berharap hak pemilih terjamin yang sudah punya hak, kecuali saya yang tidak mempunyai hak lagi untuk dipilih, tapi saya mempunyai hak untuk memilih. Ke depannya Pilkada 2020 semoga dapat melahirkan pemimpin yang sangat baik, lebih baik lagi dari saya," harapnya.

Idaham berjanji, Pemko Binjai akan selalu siap bersinergi dengan penyelenggara Pilwako Binjai 2020. "Kami selaku pemerintah Kota Binjai, akan selalu siap bersinerfi dengan KPU," katanya.

Baca Juga: Pengin Ikut Pilkada, Istri Wali Kota Sampaikan Visi Misi ke NasDem

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya