Inalum Jadi BUMN Percontohan Pengutamaan Bahasa Indonesia

Memperingati bulan bahasa dan sastra 2020

Medan, IDN Times - PT Inalum dinobatkan sebagai BUMN percontohan pengutamaan Bahasa Indonesia di wilayah kerja operasionalnya. Pencanangan tersebut dilakukan secara teleconference di Hotel Polonia Medan dan Gedung Serbaguna Inalum Tanjung Gading, Batubara pada 27 Oktober 2020 lalu.

Pencanangan tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti yang dilakukan oleh Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. E. Aminudin Aziz dan Direktur Pelaksana INALUM, Oggy Achmad Kosasih.

1. Penerapan bahasa Indonesia sebagai bahasa utama di lingkungan kerja

Inalum Jadi BUMN Percontohan Pengutamaan Bahasa IndonesiaInalum jadi BUMN percontohan bahasa Indonesia (Dok.IDN Times/istimewa)

Pada kesempatan tersebut, Prof E Aminuddin Azis mengucapkan hal ini diharapkan dapat memacu instansi lain untuk menerapkan bahasa Indonesia sebagai yang utama.

"Selamat kepada Inalum yang telah dinobatkan sebagai BUMN percontohan atas pengutamaan bahasa Indonesia di kawasannya. Semoga hal ini juga dapat memacu instansi lain untuk menerapkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa utama di lingkungannya," ungkap Aminuddin.

Baca Juga: Seperti Apa Pemeliharaan Transmisi Listrik Inalum? Ini Potretnya

2. Inalum ingin turut berperan menjaga bahasa Indonesia

Inalum Jadi BUMN Percontohan Pengutamaan Bahasa IndonesiaInalum jadi BUMN Percontohan Bahasa Indonesja (Dok.IDN Times/istimewa)

Lebih lanjut, Direktur Pelaksana Inalum, Oggy Achmad Kosasih juga menyampaikan rasa syukurnya setelah dinobatkan sebagai BUMN percontohan ini. Diharapkannya ini dapat memacu para karyawan untuk terus menggunakan bahasa Indonesia di setiap lingkungan kerja.

"Kami mengucap syukur kepada Tuhan dan berterima kasih kepada seluruh pihak yang berperan khususnya pihak Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara sehingga Inalum dinobatkan sebagai BUMN percontohan," ucap Oggy.

3. Oktober adalah bulan bahasa dan sastra

Inalum Jadi BUMN Percontohan Pengutamaan Bahasa IndonesiaSekda Provinsi Sumut R Sabrina (Dok.IDN Times/istimewa)

Pada acara tersebut turut diisi dengan diskusi. Sekretaris Daerah Provinsi Sumut R. Sabrina dan Kepala Balai Bahasa Sumatera Utara, Dr. Maryanto, turut menghadiri kegiatan ini bersama dengan Direktur Eksekutif Sumber Daya Manusia Inalum, Ismadi YS Jenal beserta jajaran manajemen Inalum lainnya.

Perlu diketahui Oktober adalah bulan bahasa dan sastra. Hal itu merujuk pada sejarah bangsa. Tepat 28 Oktober yang diperingati sebagai Hari Sumpah pemuda, ditetapkan pula bahasa resmi yang akan digunakan untuk bermasyarakat, yakni bahasa Indonesia.

Baca Juga: Inalum Bekali Pemuda Kompetensi dan Keterampilan di Bidang Keamanan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya