Inalum Bantu Promosi Wisata Bukit Indah Simarjarunjung

Bangun musala dan gapura di BIS

Simalungun, IDN Times - Salah satu objek wisata yang hits saat ini adalah Bukit Indah Simarjunjung (BIS). Berlokasi di Desa Pariksabungan, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara, destinasi ini jadi salah satu andalan untuk yang pengin berwisata di sekitar Danau Toba.

BIS menawarkan panorama luar biasa dengan landscape pegunungan, danau, ngarai hingga pantai dan banyak spot foto yang memukau dan instagramable di sekitar Danau Toba. Ditambah lagi sajian kuliner yang membuat kita betah jika menjajal ke sana.

Apalagi ada berbagai fasilitas penunjang lainnya. Salah satunya musala yang dibangun PT Inalum. Wisatawan pun bisa menikmati waktu liburnya tanpa meninggalkan ibadah.

1. Inalum mendukung pengembangan wisata di kawasan Danau Toba

Inalum Bantu Promosi Wisata Bukit Indah SimarjarunjungIDN Times/Indah Permatasari Lubis

Inalum juga membangun sebuah gapura. Ini menjadi bentuk dukungan Inalum untuk promosi destinasi wisata yang digemari berbagai kalangan. "Ini jadi salah satu bentuk CSR perusahaan untuk mendukung pengembangan tujuan wisata di Kawasan Danau Toba," kata Mahyaruddin Ende, Deputy Sekretaris Perusahaan PT Inalum.

Musala dan Gapura telah diserahterimakan 27 Oktober 2020 lalu. Manajer Seksi Pemberdayaan Masyarakat PT Inalum Tober G Sidabutar mengatakan,  gagasan untuk membangun sarana pendukung di lokasi wisata Bukit Indah Simarjarunjung (BIS) tercetus pada akhir Desember 2018 lalu.

"Manajemen PT Inalum sangat terkesan dan ingin mengembangkan potensi wisata di BIS yang sangat indah ini," kata Tober didampingi Manajer Seksi Hubungan Masyarakat PT Inalum Arfan Iqbal Harahap 

 

Baca Juga: Bukit Tarabunga, Tempat Indah Nikmati Sunset di Kota Balige 

2. Pembangunan sempat tertunda dua bulan akibat COVID-19

Inalum Bantu Promosi Wisata Bukit Indah Simarjarunjunginstagram/danautobaindonesia

Ketua II Koperasi Destinasi Wisata Danau Toba Tio Elga Sinaga berterima kasih atas bantuan PT Inalum untuk memajukan pariwisata di Kawasan Danau Toba, khususnya di daerah Simarjarunjung Kabupaten Simalungun. Sempat ada kendala saat pembangunan musala dan gapura.

Soalnya ditargetkan 4 bulan tuntas. Namun pandemik COVID-19 membuat pembangunan tertunda 2 bulan. "Bantuan musala dan gapura dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke BIS," ucap Sekretaris Desa Pariksabungan Limson Purba.

3. BIS aman untuk dikembangkan jadi objek wisata berdasar kajian potensi longsor ahli Geologi ITB

Inalum Bantu Promosi Wisata Bukit Indah SimarjarunjungInalum bangun gapura promosi wisata dan musala di Bukit Indah Simarjunjung (Dok.IDN Times/istimewa)

Pembangunan dilaksanakan dalam 4 tahap dimulai sejak 9 April 2020 dan selesai pada tanggal 9 Oktober 2020. Dilakukan secara mandiri yang dikelola oleh Koperasi Destinasi Wisata Danau Toba. "Kita semua berharap BIS dapat menjadi tempat yang ramah bagi pengunjung, sehingga dapat meningkatkan jumlah wisatawan, "ucap Tober Sidabutar.

Kepala Departemen CSR PT Inalum, Ismail Midi,  menambahkan BIS juga telah dikaji potensi longsornya  oleh ahli Geologi dari ITB di lokasi wisata BIS. Hasilnya, lokasi BIS aman untuk dikembangkan menjadi objek wisata.

Baca Juga: Desa Binaan Inalum di Toba Panen Jagung di Lahan 33,6 Hektare

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya