HUT Ke-16 PFI Medan, Pewarta Foto Harus Punya Kepekaan Sosial Tinggi

Wagub Ijeck dukung PFI Medan terus berkarya

Medan, IDN Times - Puncak acara perayaan Hari Ulang Tahun ke-16 Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan tinggal menghitung hari. Acara perayaan alan digelar di Atrium Merdeka Walk Medan, Jumat (13/3).

Jelang acara, Panitia dan Pengurus PFI Medan bersilaturahmi dengan Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, Selasa (11/3). Berdiskusi seputar foto jurnalistik, hingga acara puncak yang akan digelar.

Sapaan hangat mengawali silaturahmi. “Assalamualaikum,” ujar Ijeck menyambut para pewarta foto.

1. Ketua PFI Medan jelaskan rangkaian acara hingga sejarah HUT PFI Medan

HUT Ke-16 PFI Medan, Pewarta Foto Harus Punya Kepekaan Sosial TinggiWakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah berdiskusi dengan PFI Medan (Dok.IDN Times/istimewa)

Ketua PFI Medan Rahmad Suryadi langsung menyampaikan maksud kedatangan mereka. Dia mengatakan, sebelumnya PFI Medan sudah melewati berbagai rangkaian acara HUT PFI Medan.

“Kita sudah menggelar lomba foto on the spot bersama komunitas fotografi di Medan dan workshop Multimedia sebagai upaya peningkatan kualitas para pewarta foto,” ungkap Rahmad.

Rahmad juga sempat bercerita soal sejarah terbentuknya PFI Medan, 16 tahun silam. Tepatnya 24 Februari 2004.

“Saat ini kita juga dalam proses verifikasi untuk menjadi konstituen dewan pers. Dan saat ini kita tinggal menunggu pleno terakhir,” ujar Rahmad.

 

2. PFI sering bikin acara sosial sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat

HUT Ke-16 PFI Medan, Pewarta Foto Harus Punya Kepekaan Sosial TinggiWakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah berdiskusi dengan PFI Medan (Dok.IDN Times/istimewa)

Rahmad juga menegaskan, jika selama ini PFI Medan juga terus melaksanakan kegiatan sosial. Selain memupuk kepekaan sosial, keberadaan PFI Medan harus berdampak kepada masyarakat.

Selama ini PFI sering berkolaborasi dengan berbagai lembaga sosial lainnya, memberikan berbagai bentuk bantuan. Misalnya, kepada Yayasan Onkologi Anak Medan (YOAM) hingga penggalangan donasi saat bencana alam.

Seperti bencana gempa di Palu beberapa waktu lalu. PFI Medan berhasil mengumpulkan dana hingga Rp400 juta. “Donasi itu kita dapat dari hasil lelang foto para jurnalis hingga usaha-usaha lainnya,” katanya.

Selain itu, upaya regenerasi pewarta foto juga terus dilakukan dengan peningkatan kualitas. Berbagai pelatihan digelar untuk para anggotanya. “Kita juga sering mengisi diskusi jurnalistik ke kampus hingga tingkat pelajar,” ungkap Rahmad.

Baca Juga: HUT Ke-16 PFI Medan, Belajar Visual Jurnalisme ala Eddy Hasby

3. Ijeck berencana untuk hadir dalam kegiatan puncak PFI Medan

HUT Ke-16 PFI Medan, Pewarta Foto Harus Punya Kepekaan Sosial TinggiWakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah bersama PFI Medan (Dok.IDN Times/istimewa)

Rahmad mengundang Ijeck untuk juga hadir dalam puncak acara HUT Ke-16 PFI Medan yang akan dihelat pada Jumat (13/3) malam. Keesokan harinya, PFI akan menggelar penggalangan dana untuk anak penyintas kanker di Medan.

Ijeck menyambut baik acara yang digelar PFI Medan. Terutama soal berbagai kegiatan sosial yang digelar. “Insha Allah saya akan hadir,” ujar Ijeck.

4. Ijeck telankan soal jurnalis harus punya kepekaan sosial yang tinggi

HUT Ke-16 PFI Medan, Pewarta Foto Harus Punya Kepekaan Sosial TinggiWakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah berdiskusi dengan PFI Medan (Dok.IDN Times/istimewa)

Ijeck pun beranggapan, seorang jurnalis harus memiliki kepekaan sosial yang tinggi. Karena itu mempengaruhi karya yanb diproduksi.

“Kalau kegiatan itu diselipkan kegiatan sosial, saya juga semangat. Karena punya dampak sosial kepada masyarakat luas,” ujar pehobi otomotif itu.

Ijeck juga mengajak PFI Medan bersinergi dengan Pemprov Sumut. Terutama untuk menginformasikan potensi yang ada di Sumut. Salah satunya adalah pariwisata Danau Toba yang kini menjadi destinasi superprioritas yang tengah dikembangkan.

Ijeck juga mengingatkan para pewarta foto untuk tetap siaga dalam menjalankan tugas dalam jurnalistik. Apalagi saat bertugas di area bencana dan konflik.

“Setiap pewarta foto harus membekali diri dengan kemampuan menganalisis lapangan yang baik. Jangan sampai mengabaikan risiko karena ingin membuat karya. Tidak ada berita seharga nyawa,” ujarnya.

 

5. HUT PFI Medan akan menghadirkan acara pameran foto, bakti sosial hingga pertunjukan budaya

HUT Ke-16 PFI Medan, Pewarta Foto Harus Punya Kepekaan Sosial TinggiPFI Medan foto bersama dengan Eddy Hasbi usai workhsop (Dok.PFI Medan for IDN Times)

Sementara itu, Ketua Panitia Prayugo Utomo menjelaskan, dalam acara Puncak HUT Ke-16 PFI Medan akan digelar berbagai acara. Mulai dari bakti sosial, pameran foto dan pertunjukan seni lintas budaya.

“Kita juga akan melakukan penyerahan hadiah Lomba Foto dan Apresiasi Pewarta Foto Indonesia (APFI) Medan 2020,” ungkap Yugo, sapaan akrabnya.

Yugo juga mengapresiasi dukukungan dari berbagai pihak. Mulai dari PT Pelindo I Persero, Pemko Medan, PT Inalum, XL Axiata, Agincourt Resources, Pertamina Garuda Food. Kemudian acara juga didukung oleh Medan Cam, Klayapan.com, YOAM, JM Bariani dan Bijik Kopi.

Baca Juga: HUT ke-16 PFI Medan, Plt Wali Kota Medan Ikut Hunting Foto di Kesawan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya