Hujan Deras dan Angin Kencang di Medan, Bahaya Pohon Tumbang!

2 mobil tertimpa di pelataran masjid

Medan, IDN Times - Belakangan ini hujan deras dengan intensitas tinggi disertai angin kencang kerap terjadi di Medan. Salah satu hal yang diwaspadai adalah pohon tumbang. 

Seperti yang terjadi Jumat (5/6) sore. Ranting besar pohon mahoni di kawasan Jalan Turi Ujung, Kecamatan Medan Kota, tepatnya di masjid sekitar Stadion Teladan tumbang dan menimpa 2 mobil yang terparkir di bawahnya. 

1. Tidak ada korban jiwa, tapi mobil penyok

Hujan Deras dan Angin Kencang di Medan, Bahaya Pohon Tumbang!Ranting pohon timpa dua mobil (Dok.IDN Times/istimewa)

Manajer Pusdalops BPBD Medan, Nurly menjelaskan peristiwa tersebut terjadi pada Pukul 17.15 WIB. Pihak BPBD pun langsung bergerak untuk memotong dahan-dahan pohon agar mobil yang tertimpa bisa segera dikeluarkan.

"Pohon tumbang jenis Mahoni yang menimpa dua unit mobil yaitu mobil Toyota Agya dan Daihatsu Espass. Penyebab pohon tumbang dikarenakan hujan lebat disertai angin kencang. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," jelasnya.

Sekira 20 menit setelah kejadian, BPBD Medan datang mengevakuasi ranting pohon tersebut. "Ada sekitar 30 menit mobil berhasil dikeluarkan dari reruntuhan ranting pohon. Sedangkan mobil derek dinas Pertamanan datang jam 18.30-an saat azan Magrib, mobil sudah dievakuasi," jelas pemilik mobil, Syaifullah.

Baca Juga: Banjir Jadi Momok di Medan Setiap Hujan, Ini Saran untuk Pemko Medan

2. Pemilik mobil menjelaskan kronologinya

Hujan Deras dan Angin Kencang di Medan, Bahaya Pohon Tumbang!Ranting pohon timpa dua mobil (Dok.IDN Times/istimewa)

Syaifullah membeberkan kronologis kejadian. Dirinya datang ke masjid untuk salat Ashar. Sekitar pukul 17.07 WIB dia memarkirkan kendaraan tepat di samping mobil Agya merah. 

"Enggak langsung turun, karena saya telepon kawan dulu. Sekitar dua menit saya telepon, lalu turun jalan ke masjid, niatnya salat Ashar. Saat menuju tempat wudhu, terdengar suara gemuruh reruntuhan. Warga setempat teriak 'tumbang-tumbang," jelas pria yang berprofesi sebagai jurnalis itu.

Saat menoleh ke belakang, ternyata ranting pohon yang sudah rimbun itu  patah menimpa mobil. "Pohon itu berada di luar masjid, dahannya menjulur masuk halaman parkir masjid. Di mobil merah itu ada dua orang warga Galang, Lubukpakam, saat mobilnya tertimpa ranting pohon," lanjutnya.

Menurut Syaiful, dari komunikasinya dengan pengurus masjid, beberapa waktu lalu mereka sudah mengingatkan saat petugas penebang pohon datang. Tapi mereka tidak mau.

"Pengurus masjid minta agar pohon yang tumbang tadi juga dipangkas, karena sudah terlalu tinggi dan rimbun. Tapi petugas enggan, enggak tau apa alasannya," ungkap pria yang berprofesi sebagai jurnalis ini.

3. Pemilik mobil berharap dinas terkait rutin memerhatikan kondisi ranting-ranting pohon yang rawan saat hujan deras

Hujan Deras dan Angin Kencang di Medan, Bahaya Pohon Tumbang!Ranting pohon timpa dua mobil (Dok.IDN Times/istimewa)

Syaifullah menjelaskan kondisi mobilnya rusak di bagian spion kanan hancur. "Jendela kiri penyok, atap penyok, antena radio lepas, spoiler belakang remuk dalam, talang ban serap lepas. Belum tahu berapa kerugian, jutaan lah ini," beber Sekretaris IWO Medan ini.

Dia berharap pihak Dinas Pertamanan bisa rutin melihat kondisi ranting-ranting di pohon-pohon sepanjang kawasan Kota Medan, agar kejadian ini tidak terulang kembali.

Baca Juga: Istana Maimun Medan Dibuka, Wisatawan Tidak Boleh Pegang Apapun

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya