Hasil Survei, Masalah Banjir hingga Sampah Jadi Keluhan Warga Medan

Survei Median soal 14 bidang pelayanan Pemko Medan

Medan, IDN Times - Perubahan positif diinginkan warga Medan agar kotanya menjadi lebih baik dalam segala hal. Sejauh ini masih banyak permasalahan di kota ini yang masih belum terselesaikan dan jauh dari ekspektasi. Tiga hal yang jadi sorotan adalah pengangguran, pengelolaan sampah, dan pengendalian banjir. 

Tiga hal itu yang jadi concern masyarakat dari hasil survei yang digelar Media Survei Nasional (Median). Lembaga survei itu merekam persepsi masyarakat Kota Medan menjelang Pilkada Serentak 2020. Dari survei yang digelar pada awal Oktober itu warga Ibu Kota Sumut menginginkan pembaharuan dan pembenahan kota.

1. Survei dilakukan untuk lihat persepsi masyarakat atas kinerja dan pelayanan pemerintah kota Medan

Hasil Survei, Masalah Banjir hingga Sampah Jadi Keluhan Warga MedanDua orang warga memancing di tengah banjir kota Medan (Dok.IDN Times/istimewa)

Peneliti Median Rico Marbun mengatakan, survei yang dilakukan untuk melihat persepsi masyarakat Kota Medan terhadap kinerja dan pelayanan Pemko Medan.

“Dalam survei kami menanyakan dua hal kepada responden. Yaitu, kelebihan dan kekurangan yang dilakukan pemerintah Kota Medan selama ini. Pertanyaannya dengan menjabarkan 14 bidang yang dianggap penting,” kata Rico Marbun dalam keterangan persnya, Senin (19/10).

Baca Juga: Pelayanan Publik Kota Medan Belum Prima, Ini 5 Hal yang Bisa Dilakukan

2. Ada 14 bidang kinerja yang diajukan lewat pertanyaan tertutup

Hasil Survei, Masalah Banjir hingga Sampah Jadi Keluhan Warga MedanPenyemprotan disinfektan di Aula kantor Wali Kota Medan (Dok.IDN Times/istimewa)

Pertanyaan terhadap 14 bidang itu meliputi kepuasan atas kinerja Pemko Medan dalam bentuk pertanyaan tertutup. Semuanya tentang pengangguran dan lapangan kerja, listrik, angkutan umum, fasilitas umum, pelayanan kesehatan, infrastruktur jalan, birokrasi, pendidikan, keamanan dan ketertiban, penyaluran bansos, kebersihan atau sampah, banjir, masalah sosial, dan ekonomi masyarakat.

“Berdasar jawaban responden ternyata 12 bidang kinerja Pemerintah kota Medan dianggap tidak memuaskan. Sedangkan kinerja yang dianggap memuaskan hanya bidang angkutan umum dan fasilitas listrik,” sebut Rico.

3. Masyarakat sangat tidak puas dengan penanganan 5 masalah, terutama banjir dan kebersihan

Hasil Survei, Masalah Banjir hingga Sampah Jadi Keluhan Warga MedanSeorang warga berselancar di tengah jalan yang tergenang air di Medan (Dok.IDN Times/istimewa)

Dia menambahkan, terdapat lima bidang ketidakpuasan masyarakat terhadap kinerja Pemkot Medan yang terbilang cukup tinggi. Dengan persentase di atas 60 persen.

Yaitu, pengangguran dan lapangan kerja, masalah sosial, ekonomi masyarakat, kebersihan atau sampah, dan banjir.

Baca Juga: Komunitas Mural Medan Kecewa, Karya Seni Protokol Kesehatan Dicoret

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya