Gandeng WQA, Gojek Berikan Pelatihan untuk Pelayanan Kelas Dunia

Driver akan berkualitas layanan prima

Medan, IDN Times - Gojek menghadirkan ragam inisiatif seperti Bengkel Belajar Mitra (BBM) dengan menggandeng Worldwide Quality Assurance (WQA APAC) agar mitra Gojek selalu terdepan dalam pelayanan dan menjadi sumber daya yang semakin berkualitas.

Dalam hal ini WQA APAC yang merupakan badan sertifikasi internasional menyediakan sertifikasi berbagai sistem manajemen untuk memberikan pelatihan pelayanan prima kelas dunia.

"BBM senantiasa menggandeng pihak-pihak berkompetensi, dalam kesempatan ini kami bekerjasama dengan WQA, ini adalah teman-teman yang punya reputasi sangat baik. Tentunya berkaitan erat dengan kompetensi kita hari ini," ucap Teuku Parvinanda sebagai Head Regional Corporate Affairs Gojek.

1. WQA beri pelatihan Prima kepada mitra Gojek

Gandeng WQA, Gojek Berikan Pelatihan untuk Pelayanan Kelas DuniaIDN Times/Indah Permata Sari

WQA APAC yang merupakan lembaga sertifikasi Internasional ini bekerjasama dengan Gojek untuk membeeikan pelatihan prima kepada puluhan mitra Gojek di kota Medan.

"Produk kami sertifikasi, training, assesment. Nah, hari ini kerjasama kami dengan Gojek berhubungan dengan Training. Jadi temanya sebenarnya singkat yaitu bagaimana cara kita memberikan layanan khususnya kepada mitra Gojek" ucap Muhammad Aristian selaku Regional Manager WQA APAC.

Baca Juga: Ini Alasan Nadiem Makarim Bersedia Jadi Mendikbud dan Tinggalkan Gojek

2. Pelatihan disesuaikan dengan aspirasi dan kebutuhan mitra

Gandeng WQA, Gojek Berikan Pelatihan untuk Pelayanan Kelas DuniaIDN Times/Indah Permata Sari

Ada dua jenis pelatihan pengembangan keterampilan di BBM yang disesuaikan dengan aspirasi dan kebutuhan mitra.

Pelatihan tersebut meliput Pengembangan Layanan Prima dengan Pelatihan Bahasa Inggris, P3K dan anti kekerasan seksual serta pelayanan prima terhadap konsumen dan juga pengembangan kemampuan diri dengan pelatihan wirausaha dan pengelolaan keuangan.

"Yang ingin saya tekankan ke driver itu kesempatan memberikan pelayanan, jadi bagaimana dia terima order dan sampai nanti terima penumpang itu diantarkan. Di materi ini cukup detail, sebenarnya dibuat sistematik biar mudah di implementasikan nantinya," tabahnya.

3. Pelayanan prima tidak seperti lomba lari

Gandeng WQA, Gojek Berikan Pelatihan untuk Pelayanan Kelas DuniaIDN Times/Indah Permata Sari

Pada materi yang ingin disampaikan oleh pihak WQA APAC tersebut menekankan bahwa pelayanan prima tidak seperti lomba lari, dengan adanya start dan finish. Namun, harus dimulai dari persiapan, pelaksanaan dan evaluasi.

"Nah salah satu materi yang kita hadapi adalah bagaimana menghadapi pelanggan yang berbeda-beda seperti pasif, arogan, dan aktif. Nah, ini akan di share bagaimana strategi awal memfilternya dan menghadapinya," ucapnya.

Dengan rencana pengembangan ini, Teuku berharap agar program BBM dapat menjangkau dan menaikkelaskan lebih banyak mitra dari Sabang hingga Merauke serta memiliki andil yang semakin besar untuk memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia.

Baca Juga: Ribuan Warga Medan Padati Acara 'Gojek Untuk Semua' di Istana Maimun

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya