Fakta-fakta Kecelakaan Maut yang Tewaskan 5 Orang di Simalungun

Belasan kendaraan rusak

Medan IDN Times - Tabrakan beruntun yang terjadi di Jalan Asahan KM 4,5 Nagori Dolok Marlawan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Kamis (19/11/2020) menjadi tragedi yang memilukan. Sebanyak 5 orang korban tewas.

Berikut ini kronologi dan fakta dari kecelakaan maut yang terjadi di jalur lintas Sumatera tersebut. 

1. Kronologis kecelakaan maut di Simalungun

Fakta-fakta Kecelakaan Maut yang Tewaskan 5 Orang di SimalungunIlustrasi kecelakaan (IDN Times/Cije Khalifatullah)

Dari data yang dirilis Polres Simalungun, kejadian berawal saat truk melintas di Jalan Asahan dari arah Pematangsiantar. Truk tersebut bermuatan bahan baku bubur kertas. 

Namun tepatnya di depan Pengadilan Negeri Simalungun, truk menabrak sepeda motor di depannya. Selanjutnya juga mobil-mobil yang ada dihantam truk tersebut yang masih melaju. Diduga rem blong hingga akhirnya truk berhenti usai menabrak tembok.

2. Ada 12 kendaraan yang rusak akibat kecelakaan tersebut

Fakta-fakta Kecelakaan Maut yang Tewaskan 5 Orang di SimalungunIlustrasi Kecelakaan (IDN Times/Arief Rahmat)

Dari data yang dirilis Polres Simalungun, truk tersebut menabrak 11 kendaraan lainnya, yakni 6 mobil dan 4 sepeda motor. Di antara mobil yang ditabrak terdapat dua angkutan umum yakni Angkutan Siantar Jaya dan Bandar Jaya. 

Truk Mitsubhisi Fuso dengan nomor plat BM 8238 ZU hilang kendali dan menabrak kendaraan yang ada di depannya. 

Baca Juga: [BREAKING] Kecelakaan Beruntun di Simalungun, 5 Orang Tewas

3. Akibatnya 5 orang korban tewas, 3 di antaranya kakak beradik yang masih kecil

Fakta-fakta Kecelakaan Maut yang Tewaskan 5 Orang di SimalungunIbu korban histeris setelah 3 anaknya tewas dalam kecelakaan di Simalungun (IDN Times/Patiar Manurung)

Akibat kejadian tersebut, 5 orang tewas. Tiga di antaranya adalah anak-anak dari pasangan Dedi Saputra Sidabutar (36) dan Ruliana Gultom (30). Mereka adalah Love Viona Angely Sidabutar (7), Finvent Rey Amsal Sidabutar (6), dan Digibran Nathanael Sidabutar (3). Tubuh korban berserak di aspal karena terpisah dari tubuh.

Selain itu, Hotdiman Sidabutar yang merupakan kakek dari ketiganya pun dinyatakan meninggal dunia setelah sempat dilarikan di Rumah Sakit Vita Insani karena luka serius. Korban ini tercatat sebagai warga Jalan Asahan, Simpang Karang Anyer, Nagori Dolok Marlawan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun.

Peristiwa ini turut membuat Carles Sianipar (45), warga Jalan Bunga Jaitu, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun tewas. Dan berdasarkan data dari polisi, total meninggal sebanyak 5 orang.

"Anak-anak yang menjadi korban merupakan kakak beradik," kata Kanit Laka Polres Simalungun, Ipda Ramadhan Siregar dengan menambahkan korban luka-luka sekitar 4 orang masih mendapat perawatan intensif di RSVI.

4. Ini data korban yang luka-luka

Fakta-fakta Kecelakaan Maut yang Tewaskan 5 Orang di SimalungunIlustrasi rumah sakit (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain korban meninggal itu, terdapat juga 4 orang korban yang masih di rawat di RS Vita Insani. Mereka yakni, Desi Noviyanti Hutabarat (29) warga Jalan Viyata Yudha, Pematang Siantar, Mulyadi Harahap (72) warga Jalan Sabang Merauke, Pematang Siantar.

Kemudian Sudarman (40) warga Huta Margo Mulyo, Kabupaten Simalungun, Arbain (34) warga Bah Bayu, Kabupaten Simalungun serta Sri Eka Noviyani (38) warga Jalan Merpati, Pematang Siantar.

5. Polisi masih melakukan penyelidikan, sopir truk melarikan diri

Fakta-fakta Kecelakaan Maut yang Tewaskan 5 Orang di SimalungunKecelakaan maut di Jalan Asahan, Siantar (IDN Times/Patiar Manurung)

Polres Simalungun masih menyelidiki penyebab pasti kejadian tersebut. Namun dugaan sementara akibat rem blong. Selain itu sopir truk juga dikabarkan melarikan diri dan masih dalam proses pengejaran.

Baca Juga: [BREAKING] Kecelakaan Maut di Simalungun, Truk Tabrak 11 Kendaraan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya