Ditimbun, Jalan Menuju Wisata Bukit Lawang Sudah Bisa Diakses Lagi

Harus segera diperbaiki permanen

Langkat, IDN Times - Amblasnya jalan provinsi menuju wisata alam Bukit Lawang, tepatnya di kilometer 67-68 Dusun Paya Bedil, Desa Perkebunan Turangi, Bahorok , Kabupaten Langkat kini sudah bisa ditanggulangi. Jalan sudah diperbaiki dengan cara menimbun batu ke area yang amblas.

Hal itu disampaikan Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Sumatera Utara, Dirwansyah. Menurutnya mobil juga bisa melintas untuk sementara waktu dan ke depan akan diperbaiki pemerintah dalam waktu dekat ini.

"Jalanan sudah bisa dilalui. Beram jalan juga sudah ditimbun agar mobil besar bisa melintas," kata Dirwansyah.

1. Lokasi wisata harus segera diperbaiki permanen

Ditimbun, Jalan Menuju Wisata Bukit Lawang Sudah Bisa Diakses LagiJalur akses Bukit Lawan dipantau (IDN Times/Bambang Suhandoko)

Hal ini juga  mengundang perhatian Anggota DPRD Sumatera Utara, Zainuddin Purba. Politisi Partai Golkar yang duduk di Komisi D ini turun langsung memantau kejadian. 

"Lokasi ini menuju daerah wisata. Jadi harus diperhatikan dan langsung diperbaiki," kata Zainuddin, usai meninjau lokasi jalan amblas, Rabu (18/12).

Mantan ketua DPRD Kota Binjai tersebut menambahkan, dirinya akan segera menemui langsung Kepala Dinas PUPR Sumut, untuk meminta agar perbaikan jalan amblas tersebut diutamakan.

"Kita tidak mau wisatawan yang ingin menikmati wisata di Bukit Lawang menjadi terganggu karena perjalanan tidak terganggu," ujar Zainuddin yang akrab dipanggil Pak Uda itu.

Baca Juga: Ratusan Rumah di Langkat Kebanjiran, Jalan ke Bukit Lawang Amblas

2. Antisipasi pertama sudah baik

Ditimbun, Jalan Menuju Wisata Bukit Lawang Sudah Bisa Diakses LagiBanjir di Langkat juga menyebabkan akses ke Bukit Lawang amblas (IDN Times/Bambang Suhandoko)

Dia menilai, penanganan awal yang dilakukan Dinas PUPR UPT Binjai - Langkat dan pihak Kecamatan atas jalan amblas sudah cepat dan baik. "Antisipasi pertama sudah baik. Tapi ini hanya untuk sementara saja," seru Zainuddin.

Namun dirinya berharap, agar perbaikan secara keseluruhan segera diperbaiki. Mengingat, jalan ini merupakan jalan utama menuju tempat wisata alam Bukit Lawang. Sehingga, tidak hanya mata warga sekitar saja menuju ke sana. Akan tetapi, mata dunia juga akan tertuju ke sana.

"Banyak wisatawan asing yang akan melintas, karenanya tidak hanya kita saja yang melihat, akan tetapi dunia juga akan melihat ini," tegas dia.

3. Hujan deras mengakibatkan banjir yang merendam ratusan rumah dan persawahan

Ditimbun, Jalan Menuju Wisata Bukit Lawang Sudah Bisa Diakses LagiRumah warga terendam banjir di Langkat (IDN Times/Bambang Suhandoko)

Sebelumnya, hujan deras yang turun pada Senin 16 Desember 2019 lalu mengakibatkan banjir, membuat ratusan rumah dan areal persawahan di Kabupaten Langkat terdampak banjir. Tidak hanya merendam ratusan dan sawah, banjir yang melanda Kabupaten Langkat, juga mengakibatkan longsor jalan kampung dan juga amblasnya badan jalan menuju wisata alam bukit lawang itu.

Baca Juga: Puluhan Hektare Lahan Pertanian Warga Langkat Rusak karena Banjir

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya