Dinkes Sumut: Sumut Urutan ke-6 Kasus HIV/AIDS di Indonesia

Harus dipahami soal penularan virus HIV

Medan, IDN Times - Mengusung tema "Stop Diskriminasi pada ODHA!", peringatan Hari AIDS sedunia digelar di Lapangan Parkir RSUP H Adam Malik. Selasa (10/12). Dengan faktor risiko kesehatan yang besar, orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) juga sering menghadapi stigma negatif masyarakat yang keliru dan pemahaman salah lainnya tentang penularan virus HIV.

“Masih ada, masih terasa. Bahkan bukan dari masyarakat umum saja bahkan dari orang orang kesehatan pun masih ada,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara Alwi Mujahit Hasibuan.

1. Perlunya pemahaman virus HIV untuk menekan diskriminasi ODHA

Dinkes Sumut: Sumut Urutan ke-6 Kasus HIV/AIDS di IndonesiaPelepasan balon saat peringatan Hari AIDS sedunia di Rumah Sakit H Adam Malik Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Alwi menambahkan, perlunya komunikasi sosialisasi untuk pemahaman masyarakat umum yang kurang pemahaman virus HIV.

“Dengan komunikasi sosialisasi begitu kita tidak bisa juga memarahi orang kalau engak mengerti . jadi kita pahamkan dulu baru lah kita mau marah ya marah lah. Kalau orang gak paham kita marahi enggak bisa,” jelasnya.

Baca Juga: Lakukan Terminasi, Berharap ODHA Dapat Bermanfaat Bagi Masyarakat

2. Sumut urutan keenam jumlah kasus ODHA

Dinkes Sumut: Sumut Urutan ke-6 Kasus HIV/AIDS di IndonesiaKepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara Alwi Mujahit Hasibuan bicara soal AIDS (IDN Times/Indah Permata Sari)

Tahun 2019, Sumatera Utara menduduki posisi ke enam dari 34 provinsi di Indonesia kasus AIDS/HIV. Banyaknya jumlah kasus tersebut perlu mendapat perhatian masyarakat terutama dari penghapusan stigma dan diskriminasi.

“Kita urutan keenam di Indonesia , itu disalahpahamkan oleh orang. Sebenarnya kita punya angka-angka prediksi yang dengan situasi nya, misalnya banyaknya pengguna narkoba suntik banyaknya penjajah seks komersial, laki suka laki banyak nya komunitas populasi kunci,” katanya.

3. Temuan ODHA bagai fenomena gunung es

Dinkes Sumut: Sumut Urutan ke-6 Kasus HIV/AIDS di IndonesiaPeringatan Hari AIDS sedunia di Rumah Sakit H Adam Malik Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Kepala Dinkes Sumut menyebutkan, penemuan virus HIV/AIDS bagaikan fenomena gunung es .

“Dari populasi kunci kita bisa prediksi berapa angkanya, Sebenarnya kalau kita temukan banyak itu berarti kita kerja. Artinya bukan berarti no 6 di Indonesia kita bilang bahwa kita jelek, justru kita bagus. Itu ada fenomena gunung es, kalau satu kita temukan di bawahnya itu ada 100. Jadi kalau kita menemukan dibawah permukaan artinya kita bisa mencegah terjadinya penyebaran secara tidak sengaja,” jelasnya.

Baca Juga: 50 ODHA Dapat Bantuan Usaha Kemandirian dan Sosial Keterampilan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya