Dinkes Medan Akan Gelar Rapid Test Massal untuk Warga Medan

Medan klaster penularan COVID-19 di Sumut

Medan, IDN Times -  Tingginya tingkat penularan COVID-19 di Kota Medan harus segera disikapi. Untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona, Dinas Kesehatan (Dinkes) Medan akan melakukan rapid test massal selektif kepada warganya.

"Rapid test massal selektif digelar. Sebagian juga sudah berlangsung," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan dr Edwin Effendy, Rabu (27/5) dilansir Antara.

1. Digelar di tempat-tempat umum

Dinkes Medan Akan Gelar Rapid Test Massal untuk Warga MedanIDN Times / Haikal

Edwin mengatakan, rapid test massal ini akan digelar di beberapa tempat yang rawan penularan COVID-19. Termasuk di kantor instansi pemerintahan.

"Nanti semua ini akan kita rapid test, termasuk instansi pemerintahan, tempat-tempat usaha, tempat umum yang ada risiko penularan COVID-19," kata Edwin.

Baca Juga: Suasana Salat Id di Masjid Raya Al Mashun Medan di Tengah Pandemik

2. Mengimbau masyarakat terbiasa menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin

Dinkes Medan Akan Gelar Rapid Test Massal untuk Warga MedanIlustrasi Masker Kain (IDN Times/Besse Fadhilah)

Edwin mengimbau kepada warga Kota Medan untuk tetap disiplin mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan di masa pandemik ini. Hal itu diyakini dapat memutus penyebaran COVID-19.

"Jika tidak ada keperluan yang sangat penting dan mendesak, tetap di rumah saja lah. Jika terpaksa harus keluar rumah, pakai masker, tetap jaga kebersihan dengan mencuci tangan dan pakai hand sanitizer," ujarnya.

3. Sudah 198 orang positif COVID-19 di Medan

Dinkes Medan Akan Gelar Rapid Test Massal untuk Warga MedanSeorang ayah memakaikan masker kepada anaknya sebelum masuk ke Masjid Raya Al Mashun untuk mengikuti salat Ied berjamaah, Minggu (24/5). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Sampai saat ini sebaran COVID-19 di Medan cukup tinggi. Hingga Rabu (26/5) sudah 198 orang positif COVID-19. Dari jumlah tersebut, 115 orang masih dirawat, 64 orang sembuh, dan 19 orang telah meninggal dunia.

Selain itu hampir seluruh kecamatan sudah masuk kategori zona Merah. Tersisa Kecamatan Medan Belawan dan Medan Maimun saja.

Baca Juga: [UPDATE] Selama Lebaran, 114 Orang Sembuh dari COVID-19 di Sumut 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya