Belasan Kali Beraksi, Polisi Tembak Buronan Pencuri Motor di Binjai

Sudah lama masuk Daftar Pencarian Orang

Binjai, IDN Times - Belasan kali beraksi di wilayah Binjai dan Langkat, para pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) ini selalu berhasil menghindar dari sergapan petugas. Polres Binjai, telah memasukan nama pelaku dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Akhirnya petugas Satuan Reserse Kriminal (Satres) Polres Binjai berhasil mengendus keberadaan salah seorang pelaku di Jalan Polrestabes Medan. Dipimpin Kasat Reskrim Polres Binjai AKP Wirhan Arif, pelaku akhirnya berhasil diciduk dari lokasi persembunyiannya.

1. Hindari kejaran petugas dengan berpindah tempat

Belasan Kali Beraksi, Polisi Tembak Buronan Pencuri Motor di BinjaiPencuri motor yang dilumpuhkan Polres Binjai (Dok.IDN Times/istimewa)

Salah satu dari tersangka pelaku ranmor yang berhasil diamankan diketahui berinisial IAN (21) warga Jalan Simpang Adios, Dusun III Sei Mencirim, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang. Sejauh ini, petugas masih mengembangkan pelaku lain dengan memintai keterangan tersangka.

"Selain tersangka, kita juga mengamankan barang bukti berupa 1 unit sepeda motor Yamaha Scorpio dan sebuah kunci T, yang diduga digunakan pelaku dalam menjalankan aksinya," kata Kasubag Humas Polres Binjai AKP Siswanto Ginting, Rabu (15/1/2020).

Diakuinya, tersangka memang dikenal licin dalam menghindari kejaran petugas. Bahkan, tersangka selalu berhasil menghindar dengan cara berpindah-pindah tempat. "Tersangka masuk dalam DPO Polres Binjai," terang dia.

Baca Juga: Jual Satwa yang Dilindungi Tanpa Izin, Seorang Polisi Ditangkap

2. Melawan dan kabur, tersangka tersungkur ditembak petugas

Belasan Kali Beraksi, Polisi Tembak Buronan Pencuri Motor di BinjaiIlustrasi polisi (Dok.IDN Times/Istimewa)

Diakui Siswanto, tersangka berhasil diciduk setelah petugas Sat Reskrim Polres Binjai, menghendus keberadaanya. Tepat hari Selasa (14/1) malam, petugas langsung menyergap tersangka dari lokasi persembunyiannya.

"Tersangka memang dikenal licin dan saat beraksi, tersangka cukup cepat dalam merusak kunci pengaman kendaraan bermotor," kata dia.

Seketika itu, petugas pun mendekati pria terkait. Tanpa diduga, tersangka justru menghindar dan berupaya melarikan diri. Spontan saja, petugas mengejarnya dan menghadiahinya dengan timah panas.

"Tersangka melakukan perlawanan terhadap petugas dan berusaha melarikan diri. Kemudian petugas melakukan tembakan peringatan, tetapi tidak diindahkan. Kemudian petugas melakukan tindakan tegas dan terukur dengan menembak tepat mengenai kaki sebelah kanan," katanya.

3. Polisi berusaha ungkap jaringan pencurian motor

Belasan Kali Beraksi, Polisi Tembak Buronan Pencuri Motor di BinjaiIDN Times/Ayu Afria

Usai dilumpuhkan, tegasnya, tersangka Ian kemudian dibawa ke RSUD RM Djoelham Kota Binjai, guna menjalani operasi pengangkapan proyektil peluru. Untuk selanjutnya diamankan menuju Mako Satreskrim Polres Binjai.

"Sejauh ini tersangka masih kita mintai keterangan guna mengetahui tersangka lain," jelasnya.

Dirinya juga menghimbau, agar kepada masyarakat jangan tergiur untuk membeli kendaraan bermotor dibawah harga. Karena, tidak menutup kemungkinan barang atau kendaraan bermotor tersebut ada sangkut pautnya dengan hasil curian.

"Kita juga berharap, kepada pengguna kendaraan bermotor, untuk selalu meningkatkan kewaspadaan saat memarkirkan kendaran, bila perlu menambah gembok agar kendaraan aman," harap dia.

 

4. Berikut lokasi-lokasi tempat kejadian perkara

Belasan Kali Beraksi, Polisi Tembak Buronan Pencuri Motor di BinjaiIDN Times/Ayu Afria

Berikut ini lokasi-lokasi pencurian sepeda motor yang dilakukan tersangka:

1. Jalan Ir Juanda Kelurahan Timbang Langkat, Kecamatan Binjai Timur, BB 1 unit Sepeda Motor Honda Beat warna hijau.
2. Di Depan BSM (Binjai Supermall) Barang bukti 1 (satu) unit Honda Beat warna Merah
3. Di depan BNI Tugu Binjai Barang bukti 1 (satu) unit Honda Vario warna merah
4. Di Indomaret Jalan Perintis Kemerdekaan Kelurahan Kebun Lada, Binjai Utara
Barang bukti 1 unit Honda Supra X warna biru.
5. Di depan Bank BRI Km 19 Binjai, barang bukti 1 unit Honda Supra warna hitam.
6. Di Kos-kosan Ungu, Jalan Sultan Hasanudin, Binjai Kota. Barang bukti 3 unit sepeda motor
7. Di depan Alfamart Tandam Kecatan Binjai. Barang bukti 1 unit Honda Beat warna merah.
8. Di Tunggorono Kecamatan Binjai Timur. Barang bukti 1 unit Honda Beat warna merah. 9. Di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kebun Lada, Binjai Utara. Barang bukti 1 unit Honda Beat warna hijau.
10. Di Toko Roti French Bakery Tugu Binjai. Barang bukti 1 unit Honda Supra X warna hitam
11. Apotek Ayah Bunda di Jalan Sultan Hasanudin Kecamatan Binjai Kota. Barang bukti 1 unit Honda Beat warna hitam
12. Terminal Binjai Jalan Ikan Paus Kecamatan Binjai Timur. Barang bukti 1 unit Honda Beat warna merah.
13. Di Mesjid Stabat Kabupaten Langkat. Barang bukti 1 unit Honda Supra warna abu-abu dan di Alun-alun Stabat dengan barang bukti 1 unit Honda Beat warna merah.

Baca Juga: Melawan dengan Parang, Polres Belawan Tembak Mati Perampok

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya