Ada Tas Mencurigakan di Area Perkebunan, Ternyata Isinya Ganja

Tiga pelaku diamankan polisi

Langkat, IDN Times - Sebuah tas mencurigakan terletak di area perkebunan wilayah Langkat. Ternyata berisi narkotika ganja kering. Ganja seberat 6,31 kg itu pun digagalkan peredarannya oleh polisi.

Selain barang bukti tersebut, petugas kepolisian Polsek Tanjung Pura, juga berhasil mengamankan tiga tersangka dari lokasi berbeda. 

Ketiga tersangka yakni M Andi Setiawan alias Wawan (22) warga Dusun Kampung Mergat Desa Pantai Cermin Kecamatan Tanjung Pura, Amran alias Aran (37) warga Dusun V Desa Tapak Kuda, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat dan Fitcher Ricardo alias Fitcher (29) warga Jalan Gunung Agung No 36, Lingkungan II, Kelurahan Binjai Estate, Kecamatan Binjai Selatan Kota Binjai Sumatera Utara. 

1. Awalnya ada laporan warga soal tas tanpa tuan di area perkebunan

Ada Tas Mencurigakan di Area Perkebunan, Ternyata Isinya GanjaDok.IDN Times/istimewa

Kapolsek Tanjung Pura Iptu Arwanda Saputra Sembiring menjelaskan, pengungkapan ini berkat informasi dari masyarakat. Bahwa, ada seseorang yang meletakkan ganja di areal perkebunan.

"Informasi awal disebutkan bahwa ada sebuah tas yang diduga berisi ganja di areal kebun sawit Dusun Pematang Langkat, Desa Pematang Cengal Timur, Kecamatan Tanjung Pura. Atas informasi, kami menyelidiki," katanya.

Baca Juga: Bawa 169 Kilogram Ganja, Dua Warga Percut Terancam Hukuman Mati

2. Pelaku disergap polisi yang bersembunyi

Ada Tas Mencurigakan di Area Perkebunan, Ternyata Isinya GanjaDok.IDN Times/istimewa

Sesampai di TKP, benar saja tas ransel warna hitam terlihat yang belum diketahui siapa pemiliknya, sehingga petugas kepolisian yang sudah di lokasi bersembunyi. Ditunggu beberapa menit, terlihat pengendara yang diketahui Amran, mengendarai sepeda motor Suzuki FU warna hitam BK 6693 PAI datang menuju ke arah tas.

Saat tas diambil, ujarnya, pihaknya menangkap Amran. "Selanjutnya dilakukan pengembangan. Diketahui bahwa ganja itu milik M Andi Setiawan alias Wawan. Atas informasi ini, petugas melakukan pengejaran," sambung mantan Waka Polsek Tanjung Pura ini.

3. Petugas masih memburu pelaku lain

Ada Tas Mencurigakan di Area Perkebunan, Ternyata Isinya GanjaDok.IDN Times/istimewa

Dari keterangan itu, pengejaran kepada pelaku lain langsung dilakukan. Hasil pengejaran yang dilakukan berbuah manis. Kata Kapolsek, Wawan ditangkap di kediamannya. Kepada polisi, Wawan mengamini ganja itu miliknya.

"Wawan mengantarkan ganja itu bersama Fitcher dengan sepeda motor. Hasil interogasi sementara, ganja yang diantarkan Wawan ke kebun sawit, dipesannya dari seseorang berinisial IS," ujarnya.

"IS masih dalam pengejaran. Per kilogramnya dihargai Rp1 juta. Uang yang sudah dipanjar sebesar Rp2 juta," tambahnya.

Kini, IS masih dalam pengejaran polisi. Rencananya barang bukti dan tersangka akan dilimpahkan ke Satresnarkoba Polres Langkat guna penyidikan lebih lanjut. "Tersangka dan barang bukti selanjutnya akan kita limpahkan ke Satresnarkoba Polres Langkat," katanya.

Baca Juga: Peredaran Narkoba asal Cina Digagalkan, Seorang Kurir Tewas Ditembak

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya