[BREAKING] Ada 50 Kali Gempa yang Mengguncang Tapanuli Utara

Gempa awal berkekuatan 6 magnitudo

Medan, IDN Times- Gempabumi yang mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatra Utara, Sabtu (1/10/2022) dinihari tidak hanya terjadi sekali.

Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono menyebut hingga pukul 06.50 WIB, sudah terjadi 50 kali gempa.

"Gempa susulan Tarutung mag 5,8 sudah terjadi 50 kali dengan magnitudo terkecil: 2.4 dan magnitudo terbesar: 5.1," tulis Daryono di akun twitternya @DaryonoBMKG.

Gempa awalnya terjadi pukul 02.28 WIB. Gempa ini berkedalaman 10 kilometer. "Pusat gempa berada di darat 15 km barat laut Tapanuli Utara," tulis BMKG lewat twitter.

Gempa yang awalnya disebut berkekuatan 6 Magnitudo di-update menjadi 5,8. Gempa ini berkoordinat di titik 2,13 lintang utara dan 98,89 bujur timur.

Gempa kembali dirasakan di Tapanuli Utara pukul 02.50 WIB. Gempa susulan ini berkekuatan Magnitudo 5,1.

Ditulis BMKG lewat twitter-nya, gempa ini berpusat di 4 km timur laut Tapanuli Utara-Sumut. "Kedalaman gempa 10 kilometer. Koordinat 2,05 lintang utara dan 98,99 bujur timur. Gempa tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami," tulis BMKG. 

Gempa ketiga terjadi pukul 03.37 WIB dengan kekuatan 5 magnitudo. Kali ini gempa berpusat di 1 km timur laut Tapanuli Utara. Seperti dua gempa sebelumnya gempa ini tidak berpotensi tsunami hingga akhirnya terjadi puluhan gempa lainnya.

Belum diketahui soal dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat tiga kali gempabumi ini.

Baca Juga: [BREAKING] Tapanuli Utara Diguncang Gempa Berkekuatan 6 Magnitudo

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya