Aceh Sepakat Kirim Donasi untuk Palestina lewat ACT Sumut

Masyarakat Aceh punya sejarah panjang dengan Palestina

Medan, IDN Times - Bentuk kepedulian untuk Palestina terus mengalir dari berbagai tempat dan lembaga. Termasuk dari DPP Aceh Sepakat pimpinan M Husni Mustafa. Mereka baru saja memberikan donasinya untuk masyarakat Palestina yang diserahkan melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatra Utara.

Donasi itu diberikan di Kantor DPP Aceh Sepakat, Jumat (4/6/2021). "Intinya ini adalah bentuk rasa peduli kita kepada saudara-saudara kita di Palestina. Apalagi khususnya masyarakat Aceh punya sejarah panjang Palestina," kata Ketua Panpel Donasi Aceh Sepakat, Zulkifli Husein.

1. Masyarakat Aceh selalu merasa dekat dengan Palestina

Aceh Sepakat Kirim Donasi untuk Palestina lewat ACT SumutDPP Aceh Sepakat kirimkan donasi untuk Palestina (Dok.IDN Times/istimewa)

Zulkifli sedikit menceritakan soal awal berdirinya kerajaan Aceh yang berkaitan dengan Palestina. "Syekh Kanaan, menjadi mukti pertama kerajaan Aceh di masa Teuku Johan. Sehingga dari sisi sejarah saja hubungan itu sangat terkait Aceh dan Yaman waktu itu, membawa Islam ke Indonesia hadir di Aceh. Jadi di samping faktor kemanusiaan kita merasa dekat dengan warga Palestina," katanya.

Menurutnya tidak usah dipandang dari segi jumlah, namun bantuan ini diharapkan bisa dirasakan langsung masyarakat Palestina yang terdampak.

"Kami ingin berbagi, walaupun mungkin tidak sehebat yang dilakukan orang lain, tapi ini bentuk rasa peduli kita dan cinta kita yang sekarang menghadapi persoalan pelik. Punya arti dan manfaat. Kita serahkan melalui ACT yang punya akses langsung di Palestina. Semoga bisa dirasakan dengan segera untuk masyarakat Palestina yang sedang menghadapi masalah krusial," tambahnya.

Baca Juga: Aceh Sepakat Pimpinan Husni Sebut Putusan MA Sudah Cukup Jadi Bukti

2. Bukan kali pertama bekerja sama dengan ACT

Aceh Sepakat Kirim Donasi untuk Palestina lewat ACT SumutKetua DPP Aceh Sepakat M Husni Mustafa dan pengurus (Dok.IDN Times/istimewa)

Sementara Ketua DPP Aceh Sepakat M Husni Mustafa mengatakan kerja sama di bidang sosial ini bukan kali pertama.

"Pertama kerja sama kemanusiaan antara DPP Aceh Sepakat dengan ACT ini bukan pertama kali. Sebelumnya dengan pengungsi Rohingya, sekarang masyarakat Palestina yang saat ini masih diganggu Israel. Kita DPP Aceh Sepakat komitmen bantuan kemanusiaan baik di dalam negeri, maupun luar negeri," kata Husni didampingi Sekum HT Bahrumsyah dan pengurus serta Dewan Musafat.

"Organisasi Aceh Sepakat bergerak di bidang hidup dan mati. Di luar itu kegiatan kemanusiaan dalam negeri luar negeri maupun masyarakat Aceh sendiri. Kami berkomitmen memberi bantuan yang dibutuhkan," tambah Anggota DPR RI ini.

3. ACT segera menyalurkan bantuan dari Aceh Sepakat langsung ke Palestina

Aceh Sepakat Kirim Donasi untuk Palestina lewat ACT SumutLogo DPP Aceh Sepakat (berbagai sumber)

Sementara itu Head of Marketing ACT Sumut, Rinaldi mengatakan, kolaborasi ini bukan kali pertama. Mereka mengapresiasi DPP Aceh Sepakat yang selalu menunjukkan kepeduliannya di bidang sosial. Termasuk terhadap Palestina ini.

"Kami mewakili ACT yang juga berkantor di Gaza. Cukup banyak aksi kemanusiaan yang kami lakukan di sana. Sudah cukup sering juga kita bekerjasama termasuk dengan DPP Aceh Sepakat yang sudah sering memberikan donasinya. Awalnya dulu saat bantu pengungsi Rohingya. Aceh sangat dekat dengan kita. Karena ACT lahir dari musibah Tsunami. Bantuan dari Aceh Sepakat akan kita sampaikan ke Gaza. Report akan kita sampaikan ke pengurus. Kolaborasi ini tidak hanya sampai di sini. Semoga jadi keberkahan bagi warga Aceh khususnya di Medan," katanya.

Sejauh ini ACT sudah menyalurkan berbagai bantuan yang dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat Palestina. "Kita sudah mendirikan klinik, distribusi air bersih, obat-obatan food truck distribusikan makanan, beberapa titik di Gaza kami salurkan solar di rumah sakit, dan lainnya," pungkasnya.

Baca Juga: Aceh Sepakat Akan Selesaikan Masalah Asetnya di Sumut

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya