Warga Binjai Temukan Granat Nanas di Ladang Dekat Kuburan

Tim jibom Polda Sumut diturunkan evakuasi granat

Binjai, IDN Times - Warga di sekitaran pekuburan Timbang Langkat, Kelurahan Mencirim, Lingkungan II, Gang Belibis, Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai, Sumatra Utara, mendadak heboh. Di ladang milik salah seorang warga didapati satu buah granat jenis manggis.

"Iya benar semalam sore, sudah diamankan oleh tim Jibom Brimob Polda Sumut," kata Kapolsek Binjai Timur, AKP Arifin Pardede, Jumat (10/3/2023).

1. Granat yang ditemukan dalam kondisi tidak aktif

Warga Binjai Temukan Granat Nanas di Ladang Dekat KuburanPolisi memasang police line evakuasi granat nanas (IDN Times/ istimewa)

Dikatakan Arifin, kondisi granat jenis manggis ditemukan sudah dalam kondisi tak aktif alias kondisi lapuk dan berkarat.

"Jadi granat ini ditemukan di ladang milik warga dekat kuburan. Mendapat laporan, kita langsung ke lokasi membuat police line dan langsung mengevakuasinya," jelas Arifin.

Baca Juga: 2 Tersangka Mengaku Diancam TG Jika Tolak Bunuh Eks DPRD Langkat

2. Ciptakan rasa aman dan nyaman jelang bulan suci ramadhan

Warga Binjai Temukan Granat Nanas di Ladang Dekat KuburanBenda diduga granat berbentuk Nanas. IDN Times/Zainul Arifin

Meski demikian, Arifin berharap dengan adanya temuan granat jenis manggis, tak membuat warga panik. Jika ada warga menemukan benda-benda yang mencurigakan atau serupa, jangan panik dan langsung mengabari pihak kepolisian.

"Kita selaku mengupayakan suasana tenang, nyaman, dan kondusif. Apalagi ini mau menjelang puasa Ramadan," jelas dia.

3. Polisi berharap peran serta masyarakat untuk melapor jika ditemukan hal mencurigakan

Warga Binjai Temukan Granat Nanas di Ladang Dekat KuburanWarga menemukan granat di Binjai (Dok.IDN Times/istimewa)

Setelah melakukan evakuasi, tegas dia, granat nanas yang sudah tidak aktif dibawa untuk diamankan ke markas Jibom Brimob Polda Sumut. Dirinya terus berharap peras serta masyarakat agar aktif menyampaikan hal yang mencurigakan.

"Proses evakuasi berjalan aman dan lancar, sejauh ini sudah kita amankan dan dibawa Jibom Brimob Polda Sumut," tegas Arifin.

Baca Juga: Korban Arisan Bodong Datangi Polres Binjai, Pelaku Diduga Istri Polisi

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya