Usai Rumahnya Dibakar, Jurnalis Binjai Nyaris Dibunuh dengan Sajam

Empat orang terduga pelaku sudah ditangkap

Binjai, IDN Times - Jurnalis di Kota Binjai, Syahzara Sopian kembali jadi sasaran kriminalitas. Setelah rumahnya dibakar, Sopian nyaris jadi korban percobaan pembunuhan, Jumat (25/6/2021).

Jurnalis media cetak terbitan asal Kota Medan itu dihampiri sekelompok orang yang membawa senjata. Warga Kecamatan Binjai Kota, Sumatra Utara itu lolos setelah polisi cepat mengamankan para terduga pelaku.

1. Pelaku bawa sajam dan coba menghampiri korban

Usai Rumahnya Dibakar, Jurnalis Binjai Nyaris Dibunuh dengan SajamIlustrasi mengancam dengan pisau. theconversation.com

Sopian menjelaskan, peristiwa percobaan pembunuhan yang dialaminya terjadi di Jalan Sultan Hasanuddin, Kelurahan Kartini, Kecamatan Binjai Kota, Kota Binjai, Sumatra Utara. Tepatnya depan Massa Coffee, Jumat (25/6/2021) kemarin sekitar pukul 17.40. Saat itu dia didatangi sekitar 4 orang yang tidak dikenalnya. Mereka membawa senjata tajam berupa pisau panjang yang coba diarahkan kepadanya. 

Namun Sopian berhasil lolos setelah adanya petugas. Pria 35 tahun itu lalu membuat laporan ke Unit Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Polres Binjai. "Saya sudah melaporkan kejadian ini ke Polres Binjai. Alhamdulillah, saya aman, tidak apa-apa," kata Sopian, Sabtu (26/6/2021)

Baca Juga: Rumah Wartawan Binjai Dibakar, Polisi Kumpulkan Bukti

2. Terduga pelaku ditangkap di dua lokasi terpisah

Usai Rumahnya Dibakar, Jurnalis Binjai Nyaris Dibunuh dengan SajamKapolres Binjai AKBP Romadhoni Sutardjo (IDN Times/ istimewa)

Sementara itu, Kapolres Binjai, AKBP Romadhoni Sutardjo membenarkan adanya peristiwa tersebut. Menurutnya, Polres Binjai sudah mengamankan empat orang atas peristiwa percobaan pembunuhan itu.

Ia menambahkan, para terduga pelaku ditangkap dari lokasi terpisah dan bertahap. "Dua orang diamankan di tempat kejadian perkara (TKP). Sedang dua lagi ditangkap di tempat lain," ujarnya.

Kondisi korban relatif baik. Pasalnya , korban dengan terduga pelaku tidak sempat terjadi kontak fisik. "Dua orang yang diamankan di TKP kemungkinan statusnya akan jadi tersangka. Sedangkan dua lagi masih kita dalami keterlibatannya," ujarnya.

3. Rumah dibakar dan korban nyaris dibunuh, polisi masih dalami kasus

Usai Rumahnya Dibakar, Jurnalis Binjai Nyaris Dibunuh dengan SajamPolisi yang turun guna melakukan penyelidikan terhadap rumah wartawan yang dibakar (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Sebelumnya rumah orangtua Syahzara Sopian, M Sabar Syah (56) juga diduga dibakar pada 13 Juni 2021 lalu. Disinggung apakah hal itu terkait,, ia belum dapat memberikan penjelasan detial. Namun demikian, ia menegaskan, pihaknya akan mendalaminya.

"Belum mengarah ke situ. Tapi harapan saya, mudah-mudahan ada kaitannya. Kita tunggu saja hasil penyelidikannya nanti," ujarnya.

Secara khusus dia pun meminta korban dan para jurnalis di Binjai agar bersabar, serta menyerahkan proses penyelidikan atas kasus ini kepada pihak kepolisian.

"Apabila ada informasi dari masyarakat sekesil apapun itu, saya mohon silakan melaporkannya kepada pihak kepolisian," pungkasnya.

Baca Juga: Mobil Jurnalis Metro TV Dibakar OTK, Diduga Terkait Judi Tembak Ikan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya