Tahun Baru Hijriah, Ormas Islam Binjai Gelar Parade Tauhid

Pererat tali silaturahmi

Binjai, IDNTimes - Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1442 Hijriah, Presidium Ormas dan Komunitas Islam Kota Binjai, Sumatera Utara menggelar Parade Tauhid, Kamis (20/8/2020). Adapun kegiatan dilaksanakan dalam bentuk pawai kendaraan bermotor roda dua dan roda empat.

Titik kumpul sekaligus start dari Mesjid Agung Jalan Soekarno-Hatta, Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai, Sumatera Utara. Sedangkan rute yang dilalui dari Masjid Agung – Jalan Imam  Bonjol - Jalan Djamin Ginting – Jalan Sei Bahorok – Jalan Gunung Bendahara – Jalan H. Samanhudi – Jalan Gatot Subroto – Jalan Ismail – Jalan Letnan Umar Baki – Jalan Perintis Kemerdekaan – Jalan Yos Sudarso – Jalan Wahidin – dan kembali lagi ke Jalan Soekarno Hatta untuk betkumpul di Masjid Agung.

1. Satu komando, tolak RUU HIP, usut inisiator dan konseptor

Tahun Baru Hijriah, Ormas Islam Binjai Gelar Parade TauhidOrmas islam dan ratusan masyarakat berkompul menggelar konvoi sambut tahun baru islam (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Pantauan di Mesjid Agung, ratusan umat Islam sudah terlihat terus memenuhi Mesjid Agung. Bahkan, beberapa bendera tauhid tampak terlihat dan dipegang oleh para peserta Parade. Sementara itu,sepeda motor, mobil dan juga bus, tampak berada di lingkungan Mesjid Agung.

Ratusan orang ini dibawah satu komando yakni dipimpin oleh H. Murdi selaku koordinator lapangan, serta diikuti berbagai elemen Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam di antaranya Forum Pembela Islam (FPI), Majelis Mujahidin, KAHMI, GARBI, 1 Day 1Juzz, FUI, KORPIS, BKPRMI, dan DMI.

"Tolak RUU HIP serta usut tuntas inisiator dan konseptornya," ungkap salah seorang orator di Mesjid Agung.

Baca Juga: Sudah Ada Sejak Zaman Nabi, Sejarah Bubur Asyura di Bulan Muharram

2. Berjalan tertib dalam pengawalan pihak kepolisian

Tahun Baru Hijriah, Ormas Islam Binjai Gelar Parade TauhidRatusan masyarakat dan ormas islam yang berkumpul di Masjid Raya Binjai (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Tepat Pukul 10.00 WIB, peserta parade tauhid bergerak dari Mesjid Agung Binjai menuju rute yang telah ditentukan. Terlihat ratusan umat Islam Kota Binjai mengikuti Parade Tauhid dengan mengelilingi Kota Binjai, cukup tertib dan dikawal oleh aparat kepolisian Polres Binjai.

Kapolres Binjai AKBP Romadhoni Sutardjo. SIK, melalui Kabag Ops AKP H Limbong. SP.SIK, dipercaya menjadi pimpinan serta penanggung jawab dan pengendali parade tauhid konvoi Presidium Ormas serta Komunitas Islam Kota Binjai yang berlangsung dibelasan titik.

Parade tauhid itu juga dibawah pengawasan Kasat Sabhara AKP Tarmizi Lubis, Kasat intel AKP S B I Manulang, Kapolsek Binjai Timur Iptu Arifin Pardede, Kanit Binmas B. Timur Ipda Botang Nadeak dan Personil Polres Binjai.

3. Konvoi berjalan sesuai protokol kesehatan

Tahun Baru Hijriah, Ormas Islam Binjai Gelar Parade TauhidOrmas islam dan ratusan masyarakat berkompul menggelar konvoi sambut tahun baru islam (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

AKP H Limbong menyampaikan, agar peserta untuk menjalankan protokoler kesehatan dalam menyongsong kehidupan baru yang telah di tetapkan pemerintah. Karena dengan menjalankan segala aturan, diharapkan segala bentuk kegiatan dapat terlaksana dengan baik dan tertib.

"Agar pelaksanaan acara berjalan tertib dan lancar, serta tidak mengganggu para pengguna jalan lainnya, kami himbau agar mengikuti aturan rambu-rambu lalu lintas," arahan dia, ditengah-tengah konvoi aksi damai ini.

"Kegiatan ini untuk menyambut Tahun Baru Islam, serta untuk mempererat tali persaudaaran antar umat Islam di Kota Binjai. Jadi selama kegiatan itu bersifat positif, kita selaku aparat kepolisian akan menjaga dengan sebaik mungkin," tegasnya.

Baca Juga: Libur Bertambah Lagi, 21 Agustus Jadi Cuti Bersama Tahun Baru Islam

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya