Sejumlah Masjid di Langkat dan Binjai Disemprot Disinfektan

Jangan takut ke masjid karena corona!

Langkat, IDN Times - Mewabahnya virus corona (Covid -19), membuat beberapa masjid di Ibu Kota Jakarta menghentikan aktifitas sementara ibadah salat Jumat. Tidak demikian dengan di daerah Kabupaten Langkat dan Kota Kota Binjai.

Meski tidak menghentikan aktifitas ibadah wajib Salat Jumat. Namun beberapa langkah dilakukan oleh pengurus masjid (Badan Kemakmuran Masjid). Salah satu adalah melakukan aksi bersih-bersih dan penyemprotan Disinfektan di setiap Masjid, Jumat (20/3).

1. Penyemprotan disifektan masjid mulai dari pagar, bangunan mesjid, toilet, tempat bersuci, sampai ruang salat

Sejumlah Masjid di Langkat dan Binjai Disemprot DisinfektanPenyemprotan disinfektan (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Seperti terlihat di Desa Karang Gading, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat. Tim Percepatan Pencegahan Penyebaran COVID-19, melakukan penyemprotan tujuh rumah ibadah di desa tersebut.

Ketua Tim Percepatan Pencegahan Penyebaran COVID-19 Desa Karang Gading M Yusuf Kurniawan mengatakan, penyemprotan tujuh unit masjid itu bertujuan untuk mencegah adanya penyebaran COVID-19, bertepatan hari ini Jumat, jadi sejauh ini tidak ada larangan untuk melaksanakan ibadah shalat Ju'mat di Masjid.

"Penyemprotan ini mulai dari pagar, bangunan masjid, toilet, tempat bersuci, sampai ruang shalat, dan sampai saat ini masjid-masjid di desa kami tetap terbuka untuk melaksanakan ibadah, meski demikian tetap memperhatikan kebersihan dilingkungan mesjid," kata Yusuf Kurniawan, yang juga sekretaris desa setempat.

Baca Juga: Cegah COVID-19, Mall-mall di Medan dan Binjai Ini Batasi Jam Operasi

2. Setiap masjid dibersihkan dan dilakukan penyemprotan disinfektan

Sejumlah Masjid di Langkat dan Binjai Disemprot DisinfektanPemberihan dan penyemprotan disfentan di masjid (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Dijelaskan M Yusuf Kurniawan, sebelumnya penyemprotan juga dilaksanakan di kantor desa, dan sampai sejauh ini Pemerintah Desa Karang Gading juga tidak ada membatasi pelayanan kepada warga masyarakat yang ingin berurusan di kantor.

Selain itu Tim Percepatan Pencegahan Penyebaran COVID-19 juga melakukan sosialisasi, pencegahan, penyebaran COVID-19 di masyarakat, serta mendata warga yang datang dari luar negeri terutama TKI dan TKW dan juga warga yang datang dari daerah pandemi.

"Secara khusus kita berharap bagi Desa Karang Gading yang luasnya 1.008 hektare, dengan jumlah penduduk 6.296 jiwa, serta 1.786 kepala keluarga yang tersebar di 14 dusun, dan pada umumnya Kabupaten Langkat serta Indonesia bisa mengatasi pemberantasan virus Corona," tegas dia.

3. Salat Jumat dilaksanakan tanpa menggunakan carpet

Sejumlah Masjid di Langkat dan Binjai Disemprot DisinfektanPemberihan masjid dan penyemprotan disinfektan (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Sementara di Kota Binjai, meski sudah berstatus siaga bencana corona. Pelaksanaan Salat Jumat juga dilakukan seluruh masjid. Berbagai upaya juga dilakukan untuk mengatasi mewabahnya Virus Corona. Sama seperti di Kabupaten Langkat, penyemprotan disifektan dan pembersihan masjid juga dilakukan.

Seperti terlihat di Masjid Al Ikhlas yang berada dalam lingkungan Mapolres Binjai. Disini selain melaksanakan bersih-bersih dan penyemprotan disinfektan. BKM menggulung karpet yang biasanya melapisi lantai masjid.

"Intinya kami seluruh unsur Forkopinda, berusaha semaksimal mencegah penyebaran virus corona, guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," kata Kasubag Humas Polres Langkat AKP Siswanto Ginting.

4. Dirikan ruang isolasi dan posko, lokasi Car Free Day ditiadakan untuk sementara waktu

Sejumlah Masjid di Langkat dan Binjai Disemprot DisinfektanPosko penanganan virus corona (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Wali Kota Binjai M Idaham mengakui, memang status Kota Binjai memasuki status siaga bencana corona. Dalam hal ini, pihak Pemerintah Kota (Pemko) Binjai, mengambil beberapa langkah guna pencegahan diantarannya melakukan aksi penyemprotan, bersih-bersih serta penyediaan ruang isolasi dan posko penanganan Corona.

"Untuk masyarakat diminta jangan terlalu panik. Karena kita telah menyiagakan seluruh puskesmas dan rumah sakit untuk melakukan penanganan dan antisifasi virus corona," kata dia.

Dijelaskan dia, lokasi Car Free Day (CFD) ditiadakan untuk sementara waktu. Langkah ini dilakukan juga guna mengantisipasi penyebaran virus corona. Sementara untuk ruang isolasi sudah mulai dibuat. Dimana ruang isolasi didirikan di Jalan Bejomuna, Kecamatan Timur tepat di lokasi MTQ.

"Jika memang ada salah satu masyarakat disinyalir terinfeksi, segera laporkan ke Pemerintah Kota, maka akan kita lakukan tindakan penanganan semaksimal mungkin agar virus tidak mewabah," tegas dia.

Baca Juga: Ruangan Penuh, 15 PDP Corona di Sumut Belum Diisolasi

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya