Sah! Juliadi-Amir Jadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Binjai Terpilih

Ditetapkan KPU 21 Januari 2021

Binjai, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai resmi menetapkan pasangan Juliadi-Amir Hamzah sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Binjai terpilih hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Hal tersebut tertuang dalam Surat Keputusan KPU Kota Binjai Nomor: 1/PL.02.7-Kpt/1275/Kota/I/2021 tanggal 21 Januari 2021, tentang Penetapan Pasangan Walikota dan Wakil Wali Kota Terpilih dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Binjai tahun 2020.

"Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan," ungkap Ketua KPU Kota Binjai, Zulfan Effendi, Kamis (21/1/2021).

1. Diusung 3 parpol, ini jumlah perolehan suara yang diraih

Sah! Juliadi-Amir Jadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Binjai TerpilihDiabadikan bersama walikota dan wakil walikota terpilih usai rapat pleno terbuka (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Dalam uraiannya, pasangan calon nomor urut 3 yang diusulkan Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Demokrat itu, ditetapkan sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Binjai terpilih dengan perolehan 66.731 suara.

Rapat pleno terbuka juga dihadiri Sekretaris KPU Binjai Syariful Azmi dan empat komisioner, yakni Abdullah Arkam, Arifin Saleh, Risno Fiardi, dan Robby Effendi Hutagalung di Aula Lantai 4 Hotel Graha Kardopa, Kota Binjai, Kamis (21/1/2021).

Baca Juga: Sah! Juliadi-Amir Hamzah Menang Pilkada Kota Binjai

2. KPU ucapkan terimakasih kepada seluruh unsur yang terlibat mensukseskan Pilkada Binjai

Sah! Juliadi-Amir Jadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Binjai TerpilihPenyerahan SK penetapan walikota dan wakil walikota terpilih (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Menurut Zulfan, setelah penetapan tersebut, selanjutnya Surat Keputusan KPU Kota Binjai Nomor: 1/PL.02.7-Kpt/1275/Kota/I/2021 akan diteruskan kepada KPU RI, DPRD Kota Binjai,  Bawaslu Kota Binjai, dan partai politik pengusul pasangan calon.

"Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh unsur penyelenggara pemilihan, pemerintah daerah, DPRD, TNI/Polri, kejaksaan, pimpinan partai politik, rekan-rekan pers, dan para lembaga pemantau pemilu, yang telah ikut andil dan berperan serta dalam menyukseskan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Binjai 2020," serunya.

Dia juga mengapresiasi antusiasme masyarakat Kota Binjai untuk menyalurkan hak suaranya. Sebab meskipun di tengah pandemik COVID-19, ternyata tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada Binjai 2020 mampu mencapai 71,68 persen, atau naik dibandingkan Pilkada 2015 yang hanya sebesar 66 persen.

3. Juliadi dan Amir ajak seluruh elemen bersatu membangun Kota Binjai

Sah! Juliadi-Amir Jadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Binjai TerpilihWalikota dan wakil walikota terpilih saat diabadikan bersama peserta rapat pleno terbuka (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Sementara itu Wali Kota Binjai Terpilih Juliadi berterima kasih kepada warga Binjai atas kepercayaan dan amanah yang diberikan kepadanya. Selain itu, dia pun mengapresiasi peran dan kontribusi seluruh pihak dalam mewujudkan Pilkada 2020 yang aman, damai, dan tertib, dengan partisipasi pemilih yang relatif baik.

Secara khusus Juliadi turut mengajak seluruh elemen masyarakat se-Kota Binjai untuk bersatu, bersinergi, serta bekerjasama dalam membangun dan memajukan Kota Binjai.

"Ingat, pilkada telah usai. Mari kita bergandengan tangan menciptakan Kota Binjai yang lebih baik. Apalagi hasil pilkada ini bukan hanya kemenangan satu kelompok tertentu, melainkan kemenangan bagi seluruh masyarakat Kota Binjai," tegasnya.

Baca Juga: Real Count KPU, Juliadi-Amir Hamzah Unggul di Pilkada Binjai

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya