Positif COVID-19, Plt Kadis Kesehatan Langkat Diganti

Sekda Langkat juga positif COVID-19

Langkat, IDN Times - Dokter Juliana, yang menjabat sebagai Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kabupaten Langkat, Sumatra Utara, mendadak digantikan oleh dr Sadikun Winarto. Kabar yang beredar, pergantian yang tertuang dalam Surat Perintah Pelaksana Tugas Nomor 1020/ SP/ BKP/ 2020 tertanggal 2 November dan ditandatangani Bupati Langkat, Sumatra Utara Terbit Rencana PA.

Juliana digantikan dikarenakan yang bersangkutan positif terinfeksi virus corona (COVID-19).

1. Kadis Kominfo membenarkan kabar yang beredar adanya pejabat terpapar COVID-19

Positif COVID-19, Plt Kadis Kesehatan Langkat DigantiSurat pergantian PLT Kadis Kesehatan Kabupaten Langkat yang beredar (IDN Times/ istimewa)

Pergantian tersebutpun dibenarkan Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Langkat, Sumatra Utara H Syahmadi saat dihubungi via selularnya. Tidak hanya Kadiskes, yang terpapar COVID-19. Sekretaris Daerah (Sekda) dr Indra Salahudin, juga turut terpapar COVID-19.

"Iya, saat ini sedang menjalani isolasi mandiri," kata H Syahmadi, yang juga menjabat sebagai Humas Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Penanganan COVID-19, Selasa (3/11/2020) sore.

2. Sempat dirawat di rumah sakit, kondisi keduanya sudah semakin membaik

Positif COVID-19, Plt Kadis Kesehatan Langkat DigantiIlustrasi rumah sakit (IDN Times/Arief Rahmat)

Secara singkat dan gamblang dirinya mengatakan, meski sempat dilarikan ke rumah sakit. Untuk saat ini kedua pejabat Kabupaten Langkat, Sumatra Utara, ini kondisinya sudah semakin membaik.

Dirinyapun meminta doa kepada masyarakat untuk kesembuhan keduanya. Sehingga keduanya dapat menjalankan aktifitas seperti biasa. "Sudah agak membaik, mohon doanya agar beliau cepat sembuh," terang dia.

3. Ajak masyarakat dan SKPD patuhi prokes

Positif COVID-19, Plt Kadis Kesehatan Langkat DigantiMural berisi pesan ajakan menggunakan masker. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Syahmadi meminta, agar seluruh masyarakat terus mematuhi dan menjalankan Protokol Kesehatan (Prokes), dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Karena menurut dia, membangkitkan kesadaran diri dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19, untuk saat ini sangat diperlukan. Karena virus tersebut dapat menyerang siapa saja. "Untuk penanganan, kita sudah melakukan sterilisasi kantor. Mari sama-sama kita patuhi prokes COVID-19," seru dia.

4. Gencar sosialisasikan prokes dan penanganan pencegahan COVID-19

Positif COVID-19, Plt Kadis Kesehatan Langkat DigantiPetugas Satgas COVID-19 lakukan pemeriksaan rapid test (IDN Times/Silviana).

Sejuah ini, terang dia, pihak Satgas Penanganan dan Pencegahan COVID-19, terus berupaya bekerja semaksimal mungkin. Beberapa sosialisasi untuk menjaga kebersihan dan menjalankan prokes juga terus dilakukan.

Demikian juga dengan kegiatan antisipasi lain yang terus gencar dilaksanakan. "Bersama kita bisa, terimakasih atas kerjasama dan peranserta masyarakat serta pihak terkait dalam penangan COVID-19. Mari jalankan prokes seperti mengenakan masker, rajin cuci tangan dan menjaga kebersihan," tegas dia.

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya