Panel Listrik Terbakar, Pegawai PN Stabat Berlarian Keluar Gedung

Diduga akibat korleting listrik

Langkat, IDN Times - Kepanikan sempat terjadi di Pengadilan Negeri (PN) Stabat Jalan Proklamasi, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Selasa (21/9/2021). Baik pegawai dan pengunjung sempat berlari keluar gedung.

Hal ini diakibatkan boks sirkuit (Panel) listrik dibagian depan gedung tiba-tiba terbakar. Beruntung, kepulan asap disertai api yang muncul dapat segera dipadamkan oleh pegawai dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR).

1. Memastikan api padam, mobil pemadam diturunkan

Panel Listrik Terbakar, Pegawai PN Stabat Berlarian Keluar GedungPegawai dan pengunjung PN Stabat yang keluar gedung (IDN Times/ istimewa)

Informasi dihimpun, akibat peristiwa itu sebagian plafon gedung terlihat menghitam akibat kepulan asap disertai api. Tidak hanya itu, peristiwa yang terjadi sekitar pukul 08.30 WIB. Mengakibatkan pelayanan di PN mengalami gangguan.

Sementara, mobil pemadam kebakaran terlihat turun guna mengantisipasi dan memastikan api benar-benar padam. "Ramai tadi, karena kepulan asap dan api sempat membakar panel," kata Rusdi, salah seorang warga yang berada di lokasi.

Baca Juga: Tokoh Tionghoa Salurkan 1,18 Ton Beras untuk Warga Binjai

2. Petugas PLN turun langsung memperbaiki listrik yang sempat padam

Panel Listrik Terbakar, Pegawai PN Stabat Berlarian Keluar GedungPetugas PLN yang diturunkan guna memperbaiki instalasi litrik di PN Stabat (IDN Times/ istimewa)

Setelah api dipastikan telah padam, petugas Perusahaan Listrik Negara (PLN) tiba di lokasi. Mereka memeriksa panel yang terbakar dan memperbaiki serta mengganti kabel yang terbakar. "Memang ada beberapa kabel tegangan tinggi terbakar, makanya ini segera kita perbaiki dan menggantinya," kata seorang petugas PLN.

Dirinya menduga, api disertai kepulan asap yang muncul dalam panel akibat arus pendek. "Dugaan sementara seperti itu, sabar ya bang. Kami perbaiki ini dulu, nanti saya kabari perkembangan selanjutnya," tambahnya.

3. Aktivitas di PN Stabat sudah kembali normal

Panel Listrik Terbakar, Pegawai PN Stabat Berlarian Keluar GedungPegawai dan pengunjung PN Stabat yang keluar gedung (IDN Times/ istimewa)

Humas Pengadilan Negeri (PN) Stabat Maria CN Barus SH MH mengakui, peristiwa tersebut terjadi pagi di saat pegawai sedang menjalankan aktifitas seperti biasa. Tiba-tiba muncul kepulan asap dan api. Lalu petugas dengan sigap memadamkan api. "Api tidak sampai besar, karena petugas di depan mengetahui dan langsung memadamkan api," kata Maria.

Dirinya juga mengakui, pihaknya langsung memanggil petugas pemadam dan PLN. "Kita ingin memastikan api benar-benar padam. Sejauh ini PLN, sudah memperbaiki kerusakan yang terjadi dan persidangan dan aktifitas di PN sudah kembali normal," pungkasnya.

Baca Juga: Kotak Infak Masjid di Binjai Dicuri, Pelaku Masuk Lewat Jendela

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya