Nekat Curi Uang Kotak Infaq, Warga Sunggal Nyaris Dimassa

Pelaku beraksi di Masjid Istiqomah Binjai

Binjai, IDN Times - Apa yang dilakukan Afriduan Jetendra Siahaan (41), benar-benar sudah keterlaluan. Warga Jalan Bilal, Gang Wakaf, Dusun XII Desa Mulio Rejo, Kecamatan Sunggal, Sumatera Utara ini diketahui mencuri kotak infaq.

Pria yang mengaku sebagai satpam inipun harus berurusan dengan pihak kepolisian Polres Binjai dan dijebloskan kedalam jeruji besi.

"Pelaku kita amankan berdasarkan laporan Polisi Nomor : LP/85 /VIII/2020/SPKT Binjai Utara, Rabu tanggal 19 Agustus 2020," tegas Kasubbaghumas Polres Binjai AKP Siswanto Ginting, Kamis (20/8/2020) sore.

1. Uang dan kotaq infaq serta sepeda motor jadi barang bukti

Nekat Curi Uang Kotak Infaq, Warga Sunggal Nyaris DimassaUang yang berhasil diambil dari dalam kotak infaq (IDN Times/ istimewa)

Dikatakan Siswanto Ginting, terduga pelaku akan diganjar dengan pasal 363 KUHPidana, tentang tindak Pidana Pencurian dengan Pemberatan. Dan aksinya pencurian dilakukan di Mesjid Istiqomah Jalan Perintis Kemerdekaan, Gang Tampah, Lingkungan V Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai, Sumatera Utara.

"Dari tangan pelaku, selain mengamankan barang bukti sebuah kotak infaq terbuat dari kaleng berwarna hijau dan bergembok berisi uang tunai senilai Rp 2.002.300. Petugas juga mengamankan barang bukti satu unit sepeda motor Bk 5709 ACD," terang Siswanto.

Baca Juga: Niat, Tata Cara, dan Keutamaan Puasa Asyura pada Tanggal 10 Muharam

2. Dipergoki warga, pelaku nyaris dihajar massa

Nekat Curi Uang Kotak Infaq, Warga Sunggal Nyaris DimassaKota infaq yang turut diamankan sebagai barang bukti (IDN Times/ istimewa)

Diceritakan AKP Siswanto Ginting, kejadian berawal pada hari Rabu, (19/8/2020) sekira Pukul 16.00 Wib. Saat itu, pelaku masuk kedalam masjid dan terlebih dahulu melihat situasi. Karena kondisi dalam keadaan sunyi, pelaku langsung beraksi dengan membongkar kotak infaq yang berada disebelah pintu masuk masjid.

"Setelah terbuka, pelaku langsung mengambil seluruh uang yang ada dalam kotak Infaq dan memasukkan ke kantong celananya," kata perwira kepolisian Polres Binjai ini.

Namun ketika hendak keluar. Pelaku lantas diamankan oleh saksi mata yang melihat aksi pelaku. "Aksinya diketahui warga bernama Bambang dan memanggil rekan lainya untuk mengamankan pelaku," terang dia.

3. Coba berkilah saat dipergoki warga, uang ditemukan dalam kantong celana

Nekat Curi Uang Kotak Infaq, Warga Sunggal Nyaris DimassaUang yang berhasil diambil dari dalam kotak infaq (IDN Times/ istimewa)

Awalnya pelaku sempat berkilah, tapi setelah warga mendapati uang dalam kantong celananya. Pelaku yang nyaris menjadibamuk massa ini akhirnya terdiam. Dirinyapun sempat diseret ke kantor Lurah di Binjai Utara. Hingga akhirnya persoalan ini ditangani Polsek Binjai Utara.

"Pada saat diamankan, saksi menemukan uang hasil curiannya dari kantong saku sebelah kiri dan kanan pelaku," kata Siswanto.

"Pelaku dan barang bukti berhasil diamankan berkat laporan dari warga dan saat ini sudah dibawa ke kantor Polsek Binjai Utara, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," tegas Siswanto Ginting.

Baca Juga: Nicholas Saputra: Masyarakat Adat hanya Butuh untuk Tidak Diganggu

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya