Mengenal Danu Pamungkas, Pria Asal Pati yang Jadi Kapolres Langkat

Langkat jadi daerah pertama Danu bertugas di Sumut

Langkat, IDN Times - Mengemban jabatan sebagai pucuk pimpinan bukanlah hal yang mudah. Banyak lika-liku dan penyesuaian yang harus dihadapi kedepan dalam mengemban sebuah jabatan sebagai pucuk pimpinan di kepolisian Polres Langkat, Sumatera Utara. Apa lagi ini merupakan kali pertama bertugas di Sumut.

AKBP Danu Pamungkas Totok mengakui adalah tantangan baru dalam bekerja. Sebab, dia harus mengenal bagaimana suku, adat dan budaya masyarakat Sumatera Utara. Terkhusus, dengan intonasi nada berbicara warga Sumut, yang terbilang kuat (lantang).

"Baru pertama saya bertugas di Pulau Sumatera. Kabupaten Langkat adalah tempat yang pertama bagi saya," kata AKBP Danu Pamungkas Totok, saat ditemui di ruang kerja Mapolres Langkat, Jalan Proklamasi, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Senin (26/7/2021).

1. Putra asli Kabupaten Pati, Jawa Tengah, pimpin Polres Langkat

Mengenal Danu Pamungkas, Pria Asal Pati yang Jadi Kapolres LangkatKapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok, saat membagikan nasi kotak kepada masyarakat dalam giat Jumat Barokah (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

AKBP Danu Pamungkas Totok sendiri menggantikan pejabat sebelumnya yakni AKBP Edi Suranta Sinulingga yang diangkat sebagai Waka SPN Polda Sumut. Mutasi tersebut tertuang dalam Surat Telegram Rahasia (STR) Nomor ST/1129/VI/KEP./2021 Tanggal 1 Juni 2021 lalu.

Danu merupakan putra asal Kabupaten Pati, Jawa Tengah, 14 Februari 1982. Menamatkan pendidikan dasar Tahun 1994 di SD Negeri Pati Kidul 01, lalu dia melanjutkan pendidikan ke SMP Negeri 2 Pati hingga selesai tahun 1997.

Setelah itu, Danu melanjutkan pendidikan ke SMU Negeri 2 Pati dan selesai tahun 2000. Selanjutnya dia lulus S1 dari Universitas Bhayangkara Jakarta tahun 2010.

Baca Juga: Terlibat Begal Modus Debt Collector, Oknum Polisi Babak Belur

2. Jenjang karier AKBP Danu, di dunia kepolisian

Mengenal Danu Pamungkas, Pria Asal Pati yang Jadi Kapolres LangkatKapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok, memberikan nasi kotak dan secangkir kopi kepada pengendara dalam giat jumat barokah (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Kemudian, Danu menamatkan pendidikan Akpol tahun 2003 dengan pangkat Ipda. Selanjutnya, di tahun 2007, pangkatnya naik menjadi Iptu. Setelah itu, berpangkat AKP pada tahun 2010. 

Lima tahun kemudian, Danu menyandang pangkat Kompol tahun 2015. Kini pada 2021, pangkat Danu naik menjadi AKBP dan dipercaya pimpinan Polri menjadi Kapolres Kabupaten Langkat.

Sebelumnya, Danu pernah menjabat sebagai Danyon Tar TK3 Mentarsis Ditbintarlat Akpol Lemdiklat Polri. Pernah menjadi dosen muda Akpol Lemdiklat Polri.

Juga pernah menjabat sebagai Wakapolres Pati Polda Jateng, Wakapolres Sragen Polda Jateng, Kasat Reskrim Polresta Surakarta Polda Jateng.

3. Danu imbau masyarakat patuhi prokes ditengah wabah COVID-19

Mengenal Danu Pamungkas, Pria Asal Pati yang Jadi Kapolres LangkatAKBP Danu apnungkas Totok saat menggelar kegiatan di Polres Langkat (IDN Times/ istimewa)

Walaupun terbilang baru menjabat di Sumut, dirinya mengaku akan langsung bersosialisasi dan komunikasi dengan masyarakat, guna mengetahui kendala yang terjadi selama ini. Apalagi, saat ini kata dia, Polres Langkat tengah mengimbau seluruh masyarakat Langkat, agar dapat mematuhi aturan pemerintah, untuk taat protokol kesehatan.

"Untuk saat ini, kita tengah fokus melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai penanganan wabah pandemi COVID-19," jelasnya.

Dengan upaya-upaya yang dilakukan, dirinya berharap, dapat menekan penyebaran angka positif di Kabupaten Langkat, terkhusus dengan melakukan penyekatan akses masuk. Di mana, pos penyekatan sudah didirikan di perbatasan masuk Aceh ke Kabupaten Langkat.

"Setiap pendatang, akan dicek satu per satu, apakah membawa surat keterangan bebas COVID-19. Dengan langkah ini, ia berharap penyebaran wabah pandemi COVID-19, dapat teratasi," tegas dia.

Baca Juga: Klarifikasi Istri Pasien COVID-19 yang Dipukuli: Dia Mau Peluk Kami

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya