Masuk Kloter 2, Calon Jemaah Haji Binjai Berangkat 13 Juni 2022

Bergabung dengan jemaah dari 4 daerah berbeda

Binjai, IDN Times - Sebanyak 125 calon jemaah haji di Kota Binjai, Sumatera Utara, direncanakan berangkat ke tanah suci di Kota Madinah, Arab Saudi Minggu (13/6/2022) malam.

Para calon jemaah haji asal Kota Rambutan, juga diwacanakan akan masuk ke asrama haji Medan pada Sabtu (11/6/2022) sore mendatang. Mereka tergabung dengan kloter 2 embarkasi Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara.

1. Jemaah Haji asal Binjai bakal bergabung dengan jemaah dari 4 daerah berbeda

Masuk Kloter 2, Calon Jemaah Haji Binjai Berangkat 13 Juni 2022Acara manasik haji akbar dan tepung tawar kepada jemaah haji di Kota Binjai (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Dalam menjalankan ibadah ke tanah suci, dikabarkan ke 125 calon jemaah haji asal Kota Binjai ini bergabung dengan calon jemaah haji asal Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi dan Kabupaten Karo, dengan total 392 orang. Termasuk dengan pimpinan dan petugas kloter serta petugas kesehatan.

"Jadi nantinya para jemaah akan bergabung dengan jemaah haji di beberapa daerah lainnya," kata Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Binjai Saparuddin, usai acara manasik haji akbar dan tepung tawar yang dilaksanakan di Pendopo Umar Baki, Kecamatan Binjai Kota, Kota Binjai, Sumatra Utara.

Baca Juga: Binjai Dapat 131 Kuota Haji, Jemaah Termuda 32 Tahun

2. Jemaah Haji Binjai masuk di kloter 2 embarkasi Kualanamu Deli Serdang

Masuk Kloter 2, Calon Jemaah Haji Binjai Berangkat 13 Juni 2022Acara manasik haji akbar dan tepung tawar kepada jemaah haji di Kota Binjai (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Saparuddin juga menyampaikan, 125 calon jemaah haji asal kota setempat akan masuk asrama haji Medan pada 11 Juni dan diberangkatkan ke Madinah pada 12 Juni dengan kloter 2. Mereka disebutnya bakal bergabung dengan calon jemaah haji dari Labusel,  Sergei, Tebing Tinggi dan Karo.

"Tahun ini ada pengurangan kuota, sehingga calon jemaah haji asal Kota Binjai bergabung dengan Kabupaten Kota lainnya di kloter 2 embarkasi Kualanamu Deli Serdang," terangnya.

3. Pemko Binjai support keberangkatan jemaah haji

Masuk Kloter 2, Calon Jemaah Haji Binjai Berangkat 13 Juni 2022Ilustrasi jemaah calon haji Indonesia (IDN Times/Umi Kalsum)

Keberangkatan haji setelah absen 2 tahun lantaran pandemi Covid-19 disambut antusias oleh para jemaah. Pemko Binjai pun turut mensupport dengan memberikan kebutuhan obat-obatan bagi para calon jemaah.

Wali Kota Binjai Amir Hamzah berpesan agar seluruh calon jemaah haji tetap menjaga kesehatan dengan mengkomsumsi air putih dan makanan secara teratur. Sebab menurutnya pada musim haji tahun ini memasuki musim panas hingga 50°C.

"Pemerintah Kota (Pemko) Binjai memberikan obat-obatan yang diperlukan melalui tim medis, agar seluruh jemaah dari Kota Binjai bisa tetap sehat dan dapat menjalankan semua rangkaian ibadah haji selama di tanah suci," tegas Amir.

Baca Juga: 10 Kloter Jemaah Calon Haji Asal Sumut Siap Diberangkatkan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya