Lolos Seleksi, 585 Calon Kepala Desa Bertarung di Langkat

Pilkades dilaksanakan tanggal 19 Juni mendatang

Langkat, IDN Times - Sebanyak 585 orang calon akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. Calon yang terpilih ini akan bertarung pada bulan Juni 2022 mendatang.

Sebelumnya 626 bakal calon yang sempat mengikuti seleksi berkas, tes tertulis dan tes wawancara yang dilakukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Langkat bekerja sama dengan Universitas Sumatra Utara (USU). 

"Dari bakal calon (Bacalon), mengikuti seleksi dan menjadi calon serta akan mengikuti proses dan tahapan selanjutnya," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Langkat  Sutrisuanto, Selasa (10/5/2022).

1. Calon kades sudah mengikuti proses pencabutan nomor urut

Lolos Seleksi, 585 Calon Kepala Desa Bertarung di LangkatProses pemilihan kepala desa di Kabupatrn Langkat (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Usai ditetapkan menjadi calon kepala desa, dikatakan Sutrisuanto, hari ini Selasa (10/5/2022) sudah dilakukan pencabutan nomer urut calon Kepala Desa yang akan bertarung pada Pilkades serentak 19 Juni mendatang. 

"Kemarin ditetapkan, jadi hari ini tahapan selanjutnya hari ini 167 Desa dari 420 Desa di Kabupaten Langkat, yang akan melaksanakan Pilkades serentak, sudah dilakukan pencabutan nomer urut calon Kepala Desa," papar dia.

Baca Juga: Berikut Tahapan Pilkades Langkat, Akan Bergulir Juni 2022

2. Panitia mempersiapkan lelang dan pencetakan surat suara

Lolos Seleksi, 585 Calon Kepala Desa Bertarung di LangkatANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Barulah dilanjutkan dengan masa kampanye hingga pemilihan nanti. Nantinya usai pencabutan nomer urut calon kepala desa,  panitia pilkades juga akan melakukan lelang surat suara hingga dilakukan pencetakan surat suara. 

"Panitia juga sudah mulai proses lelang surat suara sesuai dengan aturan yang berlaku hingga nanti pencetakan surat suara untuk setiap Desa," jelas Sutrisuanto. 

3. Diharapkan akan terpilih kades yang dapat membangun desanya

Lolos Seleksi, 585 Calon Kepala Desa Bertarung di LangkatPelaksanaan Pilkades salah satu TPS di Desa Sumber Sari, Kecamatan Babulu, Penajam Paser Utara (IDN Times/Ervan)

Dengan terus berjalannnya proses yang sudah dilewatkan, diharapkan pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Langkat berjalan aman,  damai dan lancar, sehingga nantinya akan diperoleh Kepala Desa yang benar-benar akan membangun desanya demi kemajuan Kabupaten Langkat. 

"Kita berharap agar proses berjalan aman dan lancar tanpa terkendala sesuatu apapun. Hingga nantinya terpilih kades yang benar bisa membangun desa khusunya dan Kabupaten Langkat umumnya," pungkasnya.

Baca Juga: Anak yang Diduga Tertular Hepatitis Misterius di Sumut Meninggal 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya