Libur Nataru, Diberlakukan One Way di Jembatan Wampu Langkat 

Ratusan personel gabungan dan pos disiagakan

Langkat, IDN Times - Sebanyak 521 personel gabungan dari Polres Langkat, TNI dan Forkompinda, disiagakan dalam melakukan pengaman menyabut Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun 2022. Enam pos pelayanan dan dua pos pengamanan juga disiapkan dibeberapa titik Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Medan-Aceh, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara.

"Hari ini TNI dan Polri beserta forkompinda Langkat, menggelar apel pasukan Operasi Lilin atau apel keamanan Natal dan Tahun Baru tahun 2022," kata Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok, usai menggelar apel gabungan di Lapangan Alun-Alun Tengku Amir Hamzah, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Kamis (22/12/2022).

1. Pos pengamanan juga didirikan di lokasi-lokasi wisata di Langkat

Libur Nataru, Diberlakukan One Way di Jembatan Wampu Langkat Pengecekan kendaraan dan perlengkapan serta kesiagaan personil gabungan pengamanan Nataru (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Pos pengamanan tidak hanya didirikan Jalinsum, tapi juga didirikan dibeberapa tempat-tempat wisata seperti Tangkahan dan Bukit Lawang. Untuk mengantisipasi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor, pihaknya telah bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk menyiapkan alat berat seperti beko (Ekskavator).

"Mobil derek juga disiapkan, apabila terjadi kemacetan atau truk yang mogok di Jalinsum Medan-Aceh. Sehingga perjalanan," terang Danu.

Baca Juga: Jelang Nataru, Pasokan Ikan di Sumut Berkurang

2. Nataru, jembatan wampu diberlakukan sistem one way di jam padat lalu lintas

Libur Nataru, Diberlakukan One Way di Jembatan Wampu Langkat Pengecekan kendaraan dan perlengkapan serta kesiagaan personil gabungan pengamanan Nataru (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Sementara itu, kata Danu, khusus di jembatan Wampu Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat Sumatra Utara, yang memang lokasi ini kerap timbul kemacetan akibat padatnya arus lalu lintas dan pengerjaan jembatan belum selesai.

Polres Langkat juga telah mendirikan pos pelayanan dan menyiagakan personil untuk mengurai kemacetan. "Kami siapkan personel melakukan pengaturan lalu lintas menggunakan sistem one way atau buka tutup pada saat jam-jam padat lalu lintas," jelas Danu.

3. Masyarakat harus mengecek keamanan rumah saat ditinggalkan mudik

Libur Nataru, Diberlakukan One Way di Jembatan Wampu Langkat Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok, memberikan keterangan usai gelar pasukan pengamanan Nataru (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Dengan langkah ini, diharapkannya, dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat saat pergantian tahun. Pada kesempatan itu juga, Kapolres Langkat mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada, saat meninggalkan rumah dan menjadikan masyarakat sebagai polisi bagi dirinya sendiri.

"Yaitu apabila sedang berlibur atau berkunjung ke rumah saudara, untuk tetap menjaga kewaspadaan saat meninggalkan rumah, mengecek listrik, tabung gas, dan dalam berkendaraan utamakan keselamatan," tegas Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok.

Baca Juga: Libur Nataru, Wisatawan Diminta Beli Tiket Online ke Sabang

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya