Kasus Pencurian Mobil Tak Jelas Kelanjutannya, Sukirin Tuntut Keadilan

Mobil hilang, para pelaku ditangguhkan penahanannya

Langkat, IDN Times - Sudah hampir setahun, tepatnya tanggal 25 Agustus 2020 lalu, mobil Sukirin (55) warga Dusun IX, Benteng Sari, Desa Tebing Tanjung Selamat, Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, hilang. Kasus ini sudah dilaporkan ke Polres Langkat sesuai LP/625/XI/2020/SU/LKT tanggal 25 November 2020 lalu.

Meski para tersangka sudah ditangkap pihak kepolisian, namun para pelaku yakni ZG seorang ASN, DS dan ZK, malah ditangguhkan penahannya. Sementara mobil Toyota Fortuner BK 1688 PE milik Sukirin tak jelas keberadaannya. Sukirin pun mempertanyakan kasusnya.

1. Sukirin, tuntut keadilan berharap tersangka ditahan dan mobil kembali

Kasus Pencurian Mobil Tak Jelas Kelanjutannya, Sukirin Tuntut KeadilanBukti tanda laporan Sukirin, yang dilayangkan ke Polres Langkat (IDN Times/ istimewa)

Korban, Sukirin merasa janggal dengan penanganan kasus ini. Sebab, ketiga pelaku kata dia, dalam penangguhan dan sejauh tidak ada upaya lanjut dari kepolisian.

"Aku heran, kenapa bisa ditangguhkan dan tidak ada kejelasan sampai saat ini. Kasus ini hampir setahun berlalu sejak mobil saya dilarikan pelaku," kata Sukirin, Senin (31/5/2021).

Baca Juga: Pria Bermukena yang Curi Kotak Infak Diciduk Polisi di Riau

2. Sukirin merasa ada yang ganjil terkait kasus penggelapan tersebut

Kasus Pencurian Mobil Tak Jelas Kelanjutannya, Sukirin Tuntut KeadilanIlustrasi mobil. IDN Times/Mardya Shakti.

Diakui Sukirin, dirinya sempat mempertanyakan permasalahan penangguhan penahanan para pelaku kepada Juru Periksa (Juper) yang menangani kasusnya. Karena, dirinya merasa ada kejanggalan terkait penangguhan penahanan para pelaku. Sebab, meski para pelaku telah diamankan, mobil miliknya tidak kunjung didapatkan oleh petugas kepolisian dan malah para pelaku ditangguhkan.

"Aku udah tanya juga ke Juper, tapi gak ada alasan kenapa memberikan penangguhan," kata Sukirin berharap keadilan.

3. Mobil tak ketemu, para pelaku yang diamankan malah ditangguhkan?

Kasus Pencurian Mobil Tak Jelas Kelanjutannya, Sukirin Tuntut KeadilanIlustrasi Borgol (IDN Times/Mardya Shakti)

Hingga kini Polres Langkat tidak memberikan informasi apapun kepada Sukirin "Aku udah nanya juga soal mobil aku dimana, tapi gak ada yang tahu. Alasannya, masih dicari, tapi kok para pelaku ditangguhkan?," ucap dia bingung.

Dengan kasus yang menimpanya, dirinya berharap agar Kapolres Langkat AKBP Edi Suranta Sinulingga, segera memberikan tindakan tegas, terkait para pelaku yang sudah menggelapkan mobilnya.

"Saya berharap kepada Kapolres dapat segera memberikan kejelasan terkait dengan ini. Karena mobil sampai dengan sekarang tidak tahu di mana," tegas dia.

4. Ini tanggapan Polres Langkat, terkait penggelapan mobil Sukirin

Kasus Pencurian Mobil Tak Jelas Kelanjutannya, Sukirin Tuntut KeadilanIlustrasi Kepolisian. (DN Times/Prayugo Utomo)

Kapolres Langkat AKBP Edi Suranta Sinulingga, yang coba dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, tak kunjung membalas. Demikian juga dengan Kasat Reskrim Iptu M Said Husen.

Terpisah, Kanit Pidum Polres Langkat, Iptu Bram Chandra mengakui, saat ini kasus masih dalam proses tindak lanjut. "Masih proses kasus ini," bebernya singkat lewat pesan WhatsApp.

Tapi ia tidak menjawab soal penangguhan dan keberadaan pelaku. Sebelumnya tiga pelaku penggelapan disangkakan pasal 372 dan 55 KUHPidana.

Baca Juga: Abaikan Prokes, Warga Terpapar COVID-19 di Langkat Meningkat

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya