Kampanye 3M, Kantor Polisi Langkat Sediakan Wi-Fi Gratis untuk Pelajar

Terus imbau warga untuk patuhi 3M

Langkat, IDN Times - Coronavirus disease 2019 atau COVID-19, masih menjadi ancaman bagi beberapa negara salah satunya Indonesia. Penanganan khusus terus dilakukan guna melakukan pencegahan dan penanganan baik di tingkat pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten kota.

Seperti menggelar kampanye 3M yakni Menggunakan Maskr, Menghindari Kerumunan atau Menjaga jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir.

Seperti di Kabupaten Langkat Sumatera Utara. Bersama Kapolres Langkat Edi Suranta Sinulingga, Kadis Kominfo H Syahmadi mewakili Bupati Langkat Terbit Rencana PA, melepaskan konvoi sosialisasi pencegahan dan penanganan COVID-19.

1. Terus mengimbau masyarakat untuk melakukan 3M

Kampanye 3M, Kantor Polisi Langkat Sediakan Wi-Fi Gratis untuk PelajarPelepasan kampanye 3 M guna menangani dan pencegahan COVID-19 (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Kapolres Langkat AKBP Edi Suranta Sinulingga dikesempatan itu menjelaskan, giat ini juga memberikan bantuan kepada komunitas supir Angkutan Umum (Angkot), Becak Motor (Betor) dan Ojek Online (Ojol). Bantuan yang disalurkan berupa pemasangan tenda dan stiker bertuliskan himbauan "AYO PAKAI MASKER".

"Stiker untuk angkot diberikan sebanyak 20 lembar. Tenda sebanyak 70 lembar. Stiker Ojek Online 10 lembar dipasangkan di masing-masing kendaraan," kata Kapolres, Minggu (18/10/2020).

Kadis Kominfo, mengucapkan terimakasih kepada para komunitas Angkot, Becak dan Ojol atas partisipasinya dalam mendukung pencegahan dan penanganan COVID-19 di Langkat. "Terima kasih, semoga giat ini membuahkan efektivitas pencegahan COVID-19," sebut dia. 

Baca Juga: KPU Binjai Sosialisasi Ajak Masyarakat Binjai Gunakan Hak Pilih

2. Polsek-polsek di Langkat gratiskan Wi-Fi bagi pelajar sekolah

Kampanye 3M, Kantor Polisi Langkat Sediakan Wi-Fi Gratis untuk PelajarWifi gratis yang diperuntukkan bagi pelajar oleh Polsek-polsek di Kabupaten Langkat (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Di sisi lain, tentunya dalam melakukan pencegahan dan penanganan COVID-19. Aktifitas atau proses belajar mengajar yang mengharuskan murid masuk ke sekolah dihentikan sementara. Dimana proses belajar mengajar diganti dengan proses belajar mengajar secara online atau menggunakan sistem daring.

Sehingga para pelajar dapat mengikuti proses belajar mengajar meski tidak datang ke sekolah. Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya kerumunan. Sehingga penularan yang rentan menyerang anak-anak dapat diminimalisir.

"Selain terus mensosialisasikan pentinggnya melakukan pencegahan dan penanganan COVID-19. Beberapa polsek kita berdayakan membuka layanan wi-fi gratis untuk pelajar," kata dia.

3. Manfaatkan wi-fi gratis meski perhatikan Prokes COVID-19

Kampanye 3M, Kantor Polisi Langkat Sediakan Wi-Fi Gratis untuk PelajarKapolres yang membuka layanan wifi gratis di Polsek-polsek sejajaran Polres Langkat (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Untuk di Polsek Tanjung Pura, papar Kapolres, ada 100 orang yang mengikuti kegiatan  di aula Bhayangkari dan teras Polsek, yakni para guru, murid SD Negeri, SMP Negeri, MTS Negeri Kelurahan Pekan Tanjung Pura dan Desa Pekubuan Kecamatan Tanjung Pura.

"Tentunya, kegiatan belajar yang di fasilitasi Polsek Tanjung Pura, tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) yang di anjurkan pemerintah yakni menggunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan gunakan sabun/ disinfektan sesuai INPRES RI Nomor 06 tahun 2020 Tentang Pendisiplinan dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pengendalian dan Pencegahan COVID-19 dan Perbup Nomor 39 tahun 2020," kata Kapolres didampingi Kapolsek Tanjung Pura Iptu Rudy Saputra.

Diakuinya, kegiatan ini dengan tujuan agar para guru, murid dan orang yang tidak memiliki paket data. Dapat menggunakan fasilitas wi-fi dalam melaksanakan proses belajar mengajar dengan systim daring. Juga guna menunjang giat belajar para guru dan murid dimmasa pandemik COVID-19.

Dengan fasilitas yang ada, Kapolres Langkat meminta, agar semuanya tetap semangat untuk melaksankan belajar di masa pandemik COVID-19. "Terima kasih juga terhadap para guru dan orang tua murid yang tetap berpartisifasi dan peduli akan kelangsungan proses belajar mengajar," tegasnya.

Baca Juga: Warga Langkat Masih Banyak Gak Pakai Masker, Langsung Dihukum Push Up 

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya