Jubir COVID-19 Sebut 35.386 Warga Langkat Sudah Divaksin Dosis Kedua

Kapolda Sumut tinjau langsung pelaksanaan vaksinasi

Langkat, IDN Times - Serbu vaksinasi masal dosis ke II kembali diselenggarakan Polres bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat, Sumatera Utara. Kegiatan langsung ditinjau Kapoldasu Irjen Pol R.Z. Panca Putra Simanjuntak, didampingi Bupati Langkat Terbit Rencana PA dan Wakil Bupati Langkat H.Syah Afandin, dilaksanakan di Tribun Alun - Alun T. Amir Hamzah, Kecamatan Stabat, Senin (26/7/2021). 

Pada kesempatan ini, Juru Bicara (Jubir) COVID-19 Kabupaten Langkat, dr. Azhar Zulkifli menjelaskan, total jumlah vaksinasi di Langkat untuk dosis pertama 55.136 peserta dan total dosis kedua 35.386 peserta.

1. Pemkab Langkat diminta memperhatikan dan mengawasi masyarakat yang terpapar

Jubir COVID-19 Sebut 35.386 Warga Langkat Sudah Divaksin Dosis KeduaKapoldasu saat meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi di Pemkab Langkat (IDN Times/ istimewa)

Dikesempatan peninjauan, Kapolda berpesan, agar Pemkab Langkat melalui Bupati, Kapolres, Dandim serta Danyon 8 Marinir Tangkahan Lagan bersinergi memberikan perhatian khusus bagi penangganan COVID-19 di Langkat. 

Serta memperhatikan dan mengawasi masyarakat yang terpapar, untuk menjalani isolasi mandiri. Tujuannya, agar mudah dan cepat memberikan penanganan yang tepat. Bagi pasien yang menunjukkan gejala baik ringan, sedang maupun berat. 

"Masyarakat yang sudah menerima vaksin pertama untuk dipastikan melanjutkan vaksin dosis kedua," kata dia.

Baca Juga: Klarifikasi Istri Pasien COVID-19 yang Dipukuli: Dia Mau Peluk Kami

2. Pemberian vaksinasi akan terus dipacu Pemkab Langkat

Jubir COVID-19 Sebut 35.386 Warga Langkat Sudah Divaksin Dosis KeduaKapoldasu saat meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Langkat (IDN Times/ istimewa)

Sementara Bupati Langkat Terbit Rencana PA, mengucapkan terimakasih atas kunjungan Kapoldasu meninjau vaksinasi masyarakat Langkat. Ia menyampaikan, Pemkab Langkat terus memacu pelaksanaan vaksinasi bagi seluruh masyarakat Negeri Bertuah. 

Selain itu, kata dia, Pemkab Langkat terus memacu pelaksanaan vaksinasi bagi seluruh masyarakat Negeri Bertuah. Bahkan dihadapan Kapoldasu, Bupati langsung meminta jajarannya, menjadi motivator dilingkungan tempat tinggal masing - masing, sebagai bentuk edukasi akan pentingnya vaksinasi bagi keselamatan diri dan orang lain ditengah masyarakat luas. 

3. Puskesmas se-Kabupaten Langkat siap melayani vaksinasi

Jubir COVID-19 Sebut 35.386 Warga Langkat Sudah Divaksin Dosis KeduaKapoldasu yang meninjau langsung vaksinasi di Kabupaten Langkat (IDN Times/ istimewa)

Juru Bicara (Jubir) COVID-19 Kabupaten Langkat, dr. Azhar Zulkifli menjelaskan, total jumlah vaksinasi di Langkat untuk dosis pertama 55.136 peserta dan total dosis kedua 35.386 peserta. "Jumlah itu, dari peserta vaksinasi tenaga kesehatan, para pejabat, ASN, TNI/Polri, lansia, tokoh masyarakat dan masyarakat umum lainnya," paparnya. 

Sedangkan sisa vaksin saat ini 1.544 vial, dan yang dibutuhkan untuk vaksinasi dosis kedua selanjutnya 1.975 vial. "Jadi kekurangan vaksin saat ini untuk dosis II 431 vial," cetus Jubir. 

Kekurangan dosis ini, terang Jubir, dikarenakan keterbatasan stok vaksin. Jadi akan dilanjutkan secara bertahap, sambil menunggu pengiriman tambahan dosis vaksin yang sudah diusulkan dan diproses sebelumnya.

"Vaksinasi dosis kedua yang dilaksanakan Polres dan Pemkab Langkat ini, dimulai sejak 14 Juli 2021 lalu, terus akan dilanjutkan sampai tercapainya target. Pelaksanaannya, selain dilakukan di Alun-alun T. Amir Hamzah Kecamatan Stabat, vaksinasi juga dilaksanakan di seluruh Puskesmas di Langkat," tegas dia.

Baca Juga: Dosis Vaksin di Sumut Kian Menipis, Gubernur Edy: Tunggu Dikirim

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya