GPMB Sumut Canangkan Setiap Desa Satu Pustaka di Langkat

Tingkatkan minat baca mulai dari desa-desa

Langkat, IDN Times - Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Sumatera Utara bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip (Disperpusip) Sumatra Utara akan menggalakkan minat baca mulai dari desa-desa. Hal itu menjadi pokok pembahasan saat GPMB dan Disperpusip Sumut beraudiensi ke Pemkab Langkat, Rabu ( 10/03/2021).

Mereka diterima Sekdakab Langkat dr. Indra Salahuddin, didampingi Kepala Perpustakan Langkat Rudi Kinandung, di Ruang Kerja Sekda, Kantor Bupati Langkat, Kecamatan Stabat, Rabu (10/3/2021).

1. Penambahan ilmu bagi masyarakat di setiap desa

GPMB Sumut Canangkan Setiap Desa Satu Pustaka di LangkatGPMB yang diterima oleh Sekertaris Daerah (Sekda) dr Indra Salahuddin (IDN Times/ Istimewa)

Pada kesempatan itu, Sekretaris Disperpusip Sumut, Dwi Rina menyampaikan, salah satu program GPMB, membentukan perpustakaan desa-desa yang ada di Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. Dengan sasaran satu desa satu Pustaka (Perpustakaan).

Langkah ini dilakukan guna meningkatkan kemudahan akses masyarakat mendapatkan buku. Guna menunjang proses menambah ilmu pengetahuan masyarakat desa.

"Dengan rajin membaca, semoga dapat membantu meningkatan perekonomian keluarga melalui pengetahuan," katanya.

Baca Juga: Tangani Virus B117 di Sumut, Edy Rahmayadi Bentuk Tim Khusus 

2. Tingkatkan minat membaca, buku adalah jendela dunia

GPMB Sumut Canangkan Setiap Desa Satu Pustaka di LangkatGPMB yang diterima oleh Sekertaris Daerah (Sekda) dr Indra Salahuddin (IDN Times/ Istimewa)

Sementara itu Ketua GPMB Provinsi Sumut, Nawal Lubis yang tak lain adalah istri Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan, program tersebut untuk membantu memenuhi kebutuhan dalam meningkatnya minat baca masyarakat Sumatera Utara (Sumut), termasuk masyarakat Kabupaten Langkat. 

"Ada istilah buku adalah jendela dunia. Dengan banyak membaca kita bisa mengetahui apa saja dan dapat belajar. Mari sama-sama kita bangkitkan minat membaca ke seluruh pedesaan," pintanya.

3. Diharapkan program satu desa satu pustaka berjalan lancar dan sukses

GPMB Sumut Canangkan Setiap Desa Satu Pustaka di LangkatANTARA FOTO/Syaiful Arif

Sekertaris Daerah dr Indra Salahuddin menyatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat siap mendukung semua program yang berdampak ke masyarakat. Apalagi, pada peningkatan ekonomi kerakyatan.

Karena dengan banyak membaca, masyarakat mendapat ilmu pengetahuan. "Semoga kelak program ini dapat berjalan dengan baik. Sehingga kedepan program satu Desa satu Pustaka dari GPMB berjalan sukses," pungkasnya.

Baca Juga: 5 Alasan Minat Menulis Anak di Buku Tulis Tetap Harus Dijaga meski PJJ

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya