Duh Teganya! BLT di Binjai Dicalokan oleh Oknum Tertentu

Pandemik COVID-19, lumpuhkan perekonomian masyarakat

Binjai, IDN Times - Dimasa pandemik COVID-19, banyak masyarakat yang berharap bantuan dari pemerintah. Sebab, tak sedikit masyarakat kehilangan pekerjaan dan merosotnya pendapatan.

Situasi ini pun dimanfaatkan oleh oknum yang tak bertanggungjawab dengan mengaku bisa mengurus Bantuan Langsung Tunai (BLT). Bahkan, untuk meyakinkan masyarakat, oknum calo tak segan memburukkan kinerja pemerintah.

1. Dinsos minta warga tak percaya

Duh Teganya! BLT di Binjai Dicalokan oleh Oknum Tertentupixabay.com/fernandozhiminaicela

Menanggapi persoaln ini, Plt Kadis Sosial Kota Binjai Rudi Iskandar Baros, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (31/8), mengimbau warga untuk tidak percaya.

Rudi menjelaskan, setiap pengurusan BLT tidak dapat dilakukan selain dari Dinsos Binjai. Sementara, Dinsos tidak pernah mengutus petugas terjun ke masyarakat untuk mengurus berkas BLT.

"Setiap masyarakat yang layak tetapi tidak dapat BLT, kami sarankan datang langsung ke kantor Dinsos, Jalan Gatot Subroto, Binjai Barat. Jangan percaya dengan oknum yang mengaku bisa mengurus BLT," tegas Rudi.

Baca Juga: Sulit Bersaing! Jalan Terjal Pengembang Game Lokal di Indonesia

2. Ini syarat mengurus BLT

Duh Teganya! BLT di Binjai Dicalokan oleh Oknum TertentuDok.IDN Times/Humas Kabupaten Klungkung

Lebih jauh disebutkan Rudi, setiap masyarakat yang ingin mengurus BLT, datang ke Dinsos dengan membwa Kartu Keluarga (KK) dan surat tidak mampu (miskin) dari kelurahan.

"Warga yang datang pasti diproses. Petugas kami siap melayani dan data akan dimasukkan ke daftar tunggu penerima. Karena BLT merupakan bantuan dari pemerintah pusat," tuturnya.

3. Jika ada calo, laporkan ke Dinsos

Duh Teganya! BLT di Binjai Dicalokan oleh Oknum TertentuBantuan COVID-19 yang diduga dijual turut diamankan pihak Kepolisian (Hendra Simanjuntak/IDNTimes)

Rudi juga menegaskan, terkait persoalan ini pihaknya akan memantau kegiatan dari oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut. "Jika kita dapati dan memungkinkan untuk membuat laporan, pasti akan kami laporkan," pungkasnya.

"Jadi saya tegaskan lagi, pengurusan BLT tidak akan bisa tanpa melalui Dinsos. Jangan percaya oknum, terlebih lagi meminta uang," tambahnya.

Baca Juga: Harimau Sumatra Dievakuasi karena Masuk ke Pemukiman di Tapsel

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya