Cocok di Perkotaan, Pemuda di Binjai Kembangkan Tanaman Hidroponik

Manfaatkan lahan yang minim di perkotaan

Binjai, IDN Times - Muda dan terus berkarya. Inilah yang dilakukan dua pemuda asal Kota Binjai, Mardi (25) dan Khairi (30) warga Lingkungan IX, Kelurahan Sumberkarya, Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai.

Sejak dua tahun lalu, kedua alumnus Universitas Andalas (Unand) Padang aktif mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan akademis yang didapat mereka dalam mengembangkan teknologi hidroponik membudidayakan tanaman pangan.

1. Manfaatkan sarana air sebagai media tanam

Cocok di Perkotaan, Pemuda di Binjai Kembangkan Tanaman HidroponikMardi, saat memperkenalkan tanaman Hidroponi, kepada masyarakat (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Menurut mereka, tanaman hidroponik merupakan sistem budidaya tanaman dengan memanfaatkan sarana air sebagai satu-satunya media tanam, serta menekankan pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Dengan harapan, langkah ini juga diambil guna mendukung pertumbuhan ekonomi mikro di Kota Rambutan.

"Kami optimistis, teknologi hidroponik bisa meningkatkan pendapatan petani. Apalagi di daerah perkotaan seperti di Kota Binjai," kata kedua anak muda itu, saat hadir mempromosikan sejumlah produk sayuran hidroponik lokal, Senin (16/3/2020)

Baca Juga: Segar dan Berkhasiat! Cafe di Binjai Buat Jus Penangkal Corona

2. Ramah lingkungan, higienis dan cocok dikembangkan di kawasan perkotaan

Cocok di Perkotaan, Pemuda di Binjai Kembangkan Tanaman Hidroponikinstagram.com/chefharyo

Menurut Mardi, teknologi hidroponik sangat cocok dikembangkan di kawasan perkotaan, khususnya di Kota Binjai. Selain lebih ramah lingkungan, sistem pembudidayaan tanaman secara hidroponik pada dasarnya tidak membutuhkan areal tanam luas dan dapat dilakukan secara vertikal.

Apalagi harga jual produk tanaman pangan yang dihasilkan, jauh lebih tinggi dibandingkan produk tanaman pangan yang dibudidayakan secara konvensional.

"Yang paling penting lagi, sayuran hidroponik lebih higienis dan sehat dibandingkan sayuran biasa. Sebab teknologi hidroponik tidak memanfaatkan tanah sebagai media tanam, serta tidak menggunakan pupuk dan pestisida kimia," terang Mardi.

3. Teknologi hidroponik efektif digunakan untuk tanaman dengan masa panen cepat dan berukuran kecil

Cocok di Perkotaan, Pemuda di Binjai Kembangkan Tanaman HidroponikDokumentasi Penulis

Meskipun demikian dia menyatakan, tidak semua jenis tanaman dapat dibudidayakan secara hidroponik. Sebab teknologi hidroponik hanya efektif digunakan untuk pembudidayaan tanaman dengan masa panen cepat dan berukuran kecil.

Secara khusus Mardi mengaku, ketertarikannya menerapkan teknologi hidroponik didasarkan pada kecenderungan masyarakat perkotaan untuk mengkonsumsi sayuran sehat.

"Pada 2017 lalu, awal mula kami kembangkan hidroponik. Namun produksinya terbatas. Tapi lama-kelamaan makin banyak yang beli. Sehingga mulai januari 2020 ini, kami putuskan untuk memperbesar jumlah produksi," ungkapnya.

 

4. Gunakan pipa paralon untuk wadah tanam dan nutrisi khusus untuk tanaman

Cocok di Perkotaan, Pemuda di Binjai Kembangkan Tanaman HidroponikTanaman hidroponik di kebun Jogja Youth Farming. IDN Times/Daruwaskita

Saat ini, kata Mardi. Mereka mengelola lahan seluas 15 x 15 meter dalam lingkungan Yayasan Pendidikan (Yaspen) Mardiah, di Jalan Danau Tondano, Kelurahan Sumber Karya, sebagai lahan budidaya sayuran hidroponik.

Di tempat tersebut, terdapat sedikitnya empat jenis sayuran yang saat ini mereka budidayakan. Antara lain, kangkung, selada hijau, selada merah, dan pakcoy atau sawi botol.

"Memang biaya produksinya (teknologi hidroponik) sedikit lebih mahal dibandingkan yang konvensional. Sebab kita sendiri gunakan pipa paralon untuk wadah tanam dan nutrisi khusus untuk tanaman," ujar Mardi.

"Namun secara umum, keuntungannya jauh lebih tinggi. Walaupun sebenarnya harga jual sayuran hidroponik di Kota Binjai jauh lebih murah dibandingkan dengan harga jual sayuran hidroponik di Kota Medan," imbuhnya.

Baca Juga: Sempat Bertemu Menhub Budi Karya, Gubernur Edy Periksa Kesehatan

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya