Cerita Pedagang Binjai, Dulu Bersaing Kini Saling Sharing dan Caring

Kumpulan pedagang kuliner dirikan komunitas

Binjai, IDN Times - Usaha Kuliner di Kota Binjai yang kian menjamur tentu jadi pilihan ragam alternatif bagi pengunjung yang doyan menikmati makanan maupun minuman yang tertera di buku Menu tiap tempat. Baik Restoran, Cafe, Rumah Makan, hingga santapan di warung pinggiran.

Sejumlah pedagang di Kota Binjai, Sumatera Utara, menyikapi situasi tersebut coba melakukan kolaborasi dengan mendirikan suatu paguyuban diisi oleh pengusaha-pengusaha Kuliner yang bergerak di berbagai jenis usaha.

Baca Juga: APFI 2022 Digelar di Medan, Bobby: Fotografer Jangan Membahayakan Diri

1. Komunitas PPKB didirikan sejak Juli 2021 silam

Cerita Pedagang Binjai, Dulu Bersaing Kini Saling Sharing dan CaringKumpulan pedagang di Binjai, yang membentuk komunitas untuk saling sharing dan caring (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Paguyuban atau komunitas Persaudaraan Pedagang Kuliner Kota Binjai (PPKB) yang sudah didirikan sejak Juli Tahun 2021 lalu bertujuan meningkatkan Silaturahmi sesama pedagang kuliner dan memupuk rasa saling suport dan kompak demi menghindari persaingan yang tidak sehat.

Ketua PPKB Kota Binjai, Ahmadi, mengatakan awal dibentuk para anggota masih belum mengenal, hingga terjadi rasa saling bersaing, saling intip hingga perang harga.

"Namun selang waktu berjalan hingga hari ini, kalimat pesaing sudah kami ganti dengan kata saudara, yakni bagaimana agar bersama-sama saling mendukung. Kami memaknai bahwa setiap pelanggan itu punya selera dan mindset yang berbeda - beda, tidak ada pelanggan yang makan di satu tempat saja, pasti pindah-pindah," kata dia, Minggu (5/6/2022).

2. Niat jadikan Binjai sebagai kota destinasi wisata kuliner

Cerita Pedagang Binjai, Dulu Bersaing Kini Saling Sharing dan Caringbinjaikota.go.id

Ahmadi yang juga Founder Wisata Sawah Lukis itu bilang, bahwa PPKB punya agenda, dimana Binjai harus jadi Kota Destinasi Kuliner yang bisa menarik minat pengunjung dari daerah lain. Sebab sekarang Kota Binjai sudah terhubung dengan Tol Trans Sumatera yang telah sampai ke Tebing Tinggi.

Artinya, kata Ahmadi, akses jalan dari Kota-Kota lain seperti Serdang Bedagai, Tebing Tinggi hingga Medan jadi lebih mudah menuju Kota Binjai.

3. Jadikan agenda rutin tuk saling caring dan sharing

Cerita Pedagang Binjai, Dulu Bersaing Kini Saling Sharing dan Caring

Komunitas PPKB yang punya anggota sekitar 100 orang ini diisi oleh sejumlah pengusaha Kuliner yang diantaranya terdiri dari pedagang kuliner Restoran, Cafe, rumah makan, kopi dan warung makan.

"Kemarin kami juga melakukan Silaturahmi sekaligus halal bihalal yang digelar ditempat Dewan Pembina PPKB yang juga pemilik Pondok Punokawan, yakni  H.Adi Mariadi. Agenda rutin ini kami jadikan sebagai sarana saling berdiskusi, sharing dan caring seputar informasi terkini di bidang kuliner," tegs dia.

Baca Juga: Tarif Wisata Lengkap di Taman Eden 100, Ada Air Terjunnya

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya