Cegah Penyebaran COVID-19, Ibu-ibu Bagi 30 Ribu Masker di Langkat

PKK se- Kabupaten Langkat bagikan masker secara gratis

Langkat, IDN Times - Baik pemerintah pusat dan daerah terus melakukan segala cara dan upaya dalam menghadapi Virus Corona (COVID-19). Seperti yang dilakukan Ketua TP PKK Kabupaten Langkat Tiorita Terbit Rencana. Pihaknya menggelar sosialisasi penanggulangan COVID-19 kepada seluruh Ketua PKK tingkat Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Langkat.

Kegiatan yang dipusatkan di Aula Kantor Camat Bahorok ini, Senin (24/8/2020) kemarin. Tiorita didampingi beberapa pengurus PKK Langkat lain dan juga Camat Bahorok Dameka Putra Singarimbun, Ketua PKK kecamatan Bahorok Ira Fatmawati Dameka, serta Kepala Puskesmas (Kapus) Bahorok Cahaya Bangun.

1. PKK se-Kabupaten Langkat gencar sosialisasi gerakan 3 M

Cegah Penyebaran COVID-19, Ibu-ibu Bagi 30 Ribu Masker di LangkatPembagian 30 ribu masker kepada masyarakat putus mata rantai penyebaran COVID-19 (IDN Times/ istimewa)

Pada kesempatan itu, Tiorita mengajak kepada seluruh Kader PKK mulai di tingkat Dusun, Desa Kelurahan dan Kecamatan se-Kabupaten Langkat, untuk gencar melakukan sosialisasi pencegahan COVID-19 kepada masyarakat. Dengan cara menyampaikan 3M, Mencuci tangan, pakai Masker dan Menjaga jarak, guna memutus mata rantai penyebaran virus corona.

"Sesuai dengan intruksi bapak Presiden Joko Widodo, PKK diminta untuk ikut membantu pemerintah untuk mensosialisasikan cara pencegahan dan penangnan COVID-19. Mari semuanya kita terus menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, dan menjaga jarak satu dengan yang lain, di mana pun berada," kata dia, Selasa (25/8/2020).

Baca Juga: Brandan Bumi Hangus, Kisah Heroik Para Pejuang Kemerdekaan di Langkat

2. Bagikan 30 ribu masker secara gratis kepada masyarakat

Cegah Penyebaran COVID-19, Ibu-ibu Bagi 30 Ribu Masker di LangkatPutus mata rantai penyebaran COVID-19 dengan cara membagikan masker kepada masyarakat (IDN Times/ istimewa)

Seusai sosialisasi, istri dari Bupati Langkat ini bersama rombongan, membagikan masker kepada pengguna jalan di depan kantor Camat Sirapit. Lalu melanjutkan kegiatan sosialisasi di Kecamatan Sirapit.

Sebelumnya, Ketua TP PKK Kabupaten Langkat, menyambut HUT RI ke 75 tahun dengan membagikan 30 ribu masker secara gratis kepada warga Langkat, tersebar di 23 Kecamatan, pada 17 Agustus 2020 lalu.

Kegiatan ini, dikatakan Tiorita, untuk mendukung Gerakan Bersama Pakai Masker (Gebrak Masker) yang diprakarsai Presiden RI Joko Widodo. "Semua harus mematuhi peraturan dan himbauan dari pemerintah. Bersama, kita pasti bisa menghadapinya," terang dia.

3. Siap hadapi kehidupan normal baru

Cegah Penyebaran COVID-19, Ibu-ibu Bagi 30 Ribu Masker di LangkatBagikan masker kepada masyarakat putus mata rantai penyebaran COVID-19 (IDN Times/ istimewa)

Sasaran pembagian 30 ribu masker yakni di area publik seperti jalan umum, lokasi wisata dan door to door (pintu ke pintu rumah warga). Sehingga keseluruhan masker tepat sasaran kepada masyarakat luas. "Pembagian masker ini dilakukan oleh seluruh pengurus dan anggota PKK se-Langkat, dari tingkat kabupaten sampai desa, dimasing-masing wilayah," sebutnya.

Selain itu, sambung ketua PKK Langkat, pihaknya juga melakukan kampanye imbauan penggunaan masker dan penerapan protokol kesehatan lainnya ditatanan hidup menuju normal baru (new normal).

Dengan begitu, Ibu dari Ayu Jelita dan Dewa PA ini berharap, masyarakat semakin sadar untuk melindungi diri, agar tidak tertular dan menulari orang lain. "Semoga dengan cara tertib menggunakan masker di area-area publik, bisa memutuskan penularan COVID-19," tegasnya.

Kegiatan yang dilakukan diharapkan akan menjadi contoh yang baik untuk mengikuti anjuran pemerintah, agar masyarakat Indonesia semakin disiplin dan menumbuhkan semangat gotong royong serta persatun dan kesatuan bangsa.

Baca Juga: Waspada! Kota Binjai Naik Status Jadi Zona Merah Penyebaran COVID-19

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya