Bengkel Las di Tandam Meledak, 3 Orang Meninggal dan 10 Luka-luka

Diduga akibat meledaknya tabung gas

Deli Serdang, IDN Times - Sebuah bengkel las Jalan T Amir Hamzah Km 29, Desa Tandam Hulu, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, meledak, Kamis (27/8/2020). Dalam peristiwa ini, dikabarkan 3 orang meninggal dunia.

Sementara 10 orang lain mengalami luka bakar dan luka-luka ringan. Selain memakan korban jiwa dan luka-luka ringan akibat serpihan. Sejumlah kendaraan juga mengalami kerusakan dampak dari ledakan yang cukup besar, Kamis (27/8/2020).

1. Berikut identitas korban yang meninggal dunia

Bengkel Las di Tandam Meledak, 3 Orang Meninggal dan 10 Luka-lukaBengkel yang meledak akibat tabung gas (IDN Times/ istimewa)

Kejadian ini pun sempat membuat panik beberapa pekerja dan warga sekitar. Petugas kepolisian yang mendapat laporan langsung turun kelokasi guna mensterilkan lokasi.

"Kita sudah turun ke lapangan dan sedang melakukan pendataan korban luka dan meninggal dunia," kata Kasubag Humas Polres Binjai AKP Siswanto Ginting, Kamis (27/8/2020) siang.

Dari data yang diterima dilapangan, papar dia, ada tiga orang yang meninggal dunia atas nama Erwin (27) tercatat sebagai karyawan dan menetap di Km 19, Kelurahan Tunggurono, Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai, Ayu (24) tercatat kasir bengkel menetap di Desa Tandam Hilir I, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang dan Budi Irwansyah (39) seorang sopir tercatat warga Desa Marindal, Kota Medan. "Sejauh ini itu data yang meninggal dunia," sebut dia.

Baca Juga: Berburu Babi, Pemuda Paluta Tertembak Senjata Rakitan Sendiri

2. Ini nama-nama korban luka dan identitas serta luka yang dialami

Bengkel Las di Tandam Meledak, 3 Orang Meninggal dan 10 Luka-lukaLokasi bengkel yang meledak (IDN Times/ istimewa)

Untuk ke 9 korban yang mengalami luka-luka atas nama Diki Candra (21) karyawan bengkel las warga Jalan Randu, Kelurahan Jati Utomo, Kecamatan Binjai Utara, korban mengalami luka pada bagian kepala, Rama Manalu (36) warga Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, korban pengunjung bengkel tengah memperbaiki mobil dan mengalami luka pada bagian tangan akibat serpihan.

"Korban lain yakni Mardiono(55) warga Jalan Bambu, Pasar X, Kelurahan Cengkel Turi, Kecamatan Binjai Utara. Korban mengalami luka bakar pada bagian kaki dan punggung. Saat itu korban hendak membeli besi di bengkel itu," terang Siswanto.

Dikatakan Siswanto, korban lain atas nama Mulianto (37) warga Jalan Masjid, Desa Sidomulyo, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, yang merupakan pengunjung mengalami luka bakar pada kepala dan badan serta kaki melepuh. Hamidun (51) karyawan bengkel warga Jalan MT Haryono, Gang Baru, Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara, mengalami luka bakar pada bagian dada dan kepala serta punggung.

Juga ada terdata, kata dia, atas nama Apok (60) karyawan bengkel tercatat sebagai warga Desa Karang Rejo, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat. Korban mengalami luka pada tangan kiri dan kanan serta bagian pinggang. Untuk atas nama Suryadi (37) karyawan bengkel, tercatat warga Desa Sendang Rejo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, mengalami luka pada bagian kepala.

Waris (40) karyawan bengkel tercatat sebagai warga Pasar 8, Desa Sidumolyo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, mengalami luka pada bagian perut dan Mugiono (50) karyawan bengkel warga Dusun I Purnamasari, Desa Tandam Hulu II, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupatet Deli Serdang, mengalami luka pada bagian kepala. "Kesembilan korban dilarikan dan dirawat di Klinik Asia Medika Tandam," kata Siswanto.

"Untuk seorang lagi atas nama Hadi Suwito (70) warga Dusun I Purnamasari, Desa Tandam Hulu II, Kabupaten Deli Serdang, mengalami luka pada bagian kaki dan dilarikan ke rumah sakit bidadari Binjai," sebut dia.

3. Polisi masih melakukan penyelidikan penyebab ledakan

Bengkel Las di Tandam Meledak, 3 Orang Meninggal dan 10 Luka-lukaSalah satu korban yang mengalami luka akibat meledaknya bengkel las (IDN Times/ istimewa)

Siswantopun mengatakan, sejauh ini pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan dan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), terkait penyebab ledakan tersebut. Namun ada dugaan ledakan diduga kuat akibat kebocoran pada tabung gas dengan tinggi lebih kurang 1,5 M yang dipergunakan untuk las dan potong besi. Sehingga mengakibatkan ledakan yang cukup dahsyat dan bercampur dengan api yang membuat korban mengalami luka bakar.

"Kita masih terus dalam kasus ini dan melakukan evakuasi terhadap para korban. Sejauh ini ada dugaan kuat dari keterangan saksi kalau ledakan diakibatkan adanya kebocoran tabung gas," terang dia.

Selain korban jiwa dan luka, ada sejumlah kendaraan yang mengalami kerusakan dan tercatat adalah sebuah Mobil Fortuner hitam, BK 3 RN, Mobil Panther hijau, BK 1398 DI, Mobil toyota Rush silver, BK 1706 EJ serta Mobil Mitsubishi kuda BK 1907 DU dan sepeda motor Supra BK 4807 HM.

"Sedang kan rumah warga yang bertetangga dengan bengkel las juga mengalami kerusakan pada bagian dinding, atap dan jendela. Untuk pemilik bengkel las diketahui atas nama Suriono (56) warga Dusun I Purnamasari, Desa Tandam Hulu II, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang," tegas Siswanto.

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya