Aturan Perayaan Tahun Baru 2022 di Binjai, Pesta Kembang Api Dilarang

Pemko Binjai terapkan PPKM skala mikro

Binjai, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemko) Binjai akan memberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2022. Langkah ini dilakukan guna mengantisipasi penyebaran dan penanganan Pandemik COVID-19 khususnya varian baru Omicron.

Selain itu juga menindaklanjuti Instruksi Mendagri nomer 66 tahun 2021 tentang aturan libur Nataru. Hal ini sempat dibahas pada rapat antar lintas yang dipimpin langsung Wali Kota Binjai, Amir Hamzah dengan sejumlah unsur Muspida dari Kepolisian dan TNI.

1. Libur tahun baru, ini larangan yang diberlakukan di Kota Binjai

Aturan Perayaan Tahun Baru 2022 di Binjai, Pesta Kembang Api Dilarangbinjaikota.go.id

Dalam rapat di Kantor Walikota Binjai Jalan Sudirman, Kecamatan Binjai Kota, Kota Binjai, Sumatra Utara, diambil beberapa kesepakatan. Antara lain melarang pesta kembang api, menutup Lapangan Merdeka Binjai. Menyurati para pengusaha mal dan kafe agar membatasi jumlah pengunjung serta mewajibkan pengunjung mengaktifkan aplikasi PeduliLindungi. 

"Tak terlepas dengan tempat keramaian seperti Binjai Milenial Market (BBM) agar ditutup mulai tanggal 31 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022," kata dia.

Baca Juga: Libur Tahun Baru, Ini Aturan Masuk Tempat Wisata di Langkat

2. Semua pihak diharapkan patuhi semua aturan

Aturan Perayaan Tahun Baru 2022 di Binjai, Pesta Kembang Api DilarangIDN Times

Dirinya menegaskan, bahwa Pemerintah Kota (Pemko) Binjai sangat serius untuk mencegah penularan COVID-19. Sejauh ini status Binjai sudah masuk dalam zona hijau.

Sehingga dibuat aturan sehingga jangan sampai perayaan tahun baru malah memunculkan klaster baru. "Tahun memang berganti, tapi jangan sampai virus tetap ada," tegas Walikota. 

Dengan dibuat sejumlah aturan diharapkan dia, semua pihak bisa mematuhi, sehingga pencegahan penyebaran COVID-19 di Kota Binjai bisa dicegah sedini mungkin. 

3. Data WHO, varian Omicron sudah terdeteksi di 117 negara dunia

Aturan Perayaan Tahun Baru 2022 di Binjai, Pesta Kembang Api DilarangBiro Humas & Protokol Sulteng

Diketahui, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, pada kesempatan itu secara zoom meeting menyebut, beberapa strategi utama dalam penanggulangan pandemik COVID-19 dan penanganan varian omicron. Salah satu adalah penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) 5M.

Selain itu, mengintensifkan tracing, testing dan memperbanyak screening untuk mendeteksi dini varian omicron. Dalam rangka percepatan vaksinasi target 70 persen  sampai akhir tahun, mendorong pencapaian target 60 persen untuk lansia dan vaksinasi anak-anak usia 6 sampai 11 tahun. 

Dalam rapat dibahas, bahwa data WHO mencatat varian Omicron sudah terdeteksi di 117 negara di dunia. Sebagian besar peningkatan terjadi di Eropa dan Amerika.

Varian Omicron, penyebarannya lebih cepat daripada varian delta. Penyebaran varian ini di Indonesia per tanggal 26 Desember 2021, dalam waktu 2 minggu, 46 kasus omicron terdeteksi di Indonesia, 15 orang diantaranya merupakan pelaku perjalanan ke Turki.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Hotel untuk Kamu yang Berwisata di Langkat

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya