Antisipasi COVID-19, Akses Masuk ke Binjai Dijaga Ketat di 3 Titik Ini

Suhu tubuh warga pendatang diperiksa

Binjai, IDN Times - Guna melindungi warga dari pandemi virus corona (COVID-19). Pemerintah Kota (Pemko) Binjai, Sumatera Utara (Sumut), memberlakukan pengawasan terhadap warga luar yang akan masuk ke Kota Binjai. Pintu masuk di tiga titik perbatasan dijaga oleh tim gabungan dari kepolisian, TNI dan Dinas Kesehatan (Dinkes) serta Dinas Perhubungan (Dishub).

Setiap angkutan umum maupun pribadi yang akan memasuki Kota Rambutan ini disemprot cairan disinfektan. Pemeriksaan suhu tubuh pun diberlakukan terhadap para penumpang.

"Giat ini diwacanakan akan berlangsung selama dua bulan kedepan," kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Binjai Syahrial, Senin (6/4).

1. Tiga titik di perbatasan Kota Binjai, dijaga petugas gabungan TNI, Polri dan Dinkes

Antisipasi COVID-19, Akses Masuk ke Binjai Dijaga Ketat di 3 Titik IniPetugas gabungan yang melakukan penjagaan dipintu masuk Kota Binjai (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Dikatakan dia, adapun tiga titik yang diberlakukan penjagaan yang merupakan akses masuk dari luar kota seperti Kota Medan, tepat di Jalan Megawati KM 18, Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai, Sumatera Utara (Sumut). Lalu, diberlakukan penjagaan di Jalan T Amir Hamzah, Kecamatan Binjai Utara, Sumatera Utara (Sumut), yang merupakan pintu masuk dari Kabupaten Deli Serdang.

"Untuk pintu masuk dari Kabupaten Langkat, selain di Jalan T Amir Hamzah, kita juga melakukan penjagaan di Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat," kata dia.

Selain itu, dirinya memaparkan, sistem penjagaan yang diberlakukan dan memeriksa suhu tubuh kepada warga luar akan dievaluasi untuk tiga hari ke depan. Jika memang ampuh, makan sistem ini akan diberlakukan untuk dua bulan ke depan. "Langkah-langkah lain akan diambil dalam evaluasi selama tiga hari ini," terang Syahrial.

Baca Juga: APD Tenaga Medis Kurang, RSU Pirngadi Medan Mengadu ke PSP Center 

2. Petugas dilengkapi APD antisipasi penularan

Antisipasi COVID-19, Akses Masuk ke Binjai Dijaga Ketat di 3 Titik IniPemeriksaan suhu tubuh yang dilakukan tim gabungan (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Dalam melakukan pemeriksaan, terang dia, pihak petugas tim gabungan dari Kodim 0203/ Langkat dan Polres Binjai serta Pemko Binjai, dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD). Sehingga petugas dapat terhidar dari penyakit yang sejauh ini dikenal cukup mematikan.

"Kami berharap antisipasi yang dilakukan dapat berjalan lancar dan evektif. Sehingga kita semua dapat terhidar dari penyakit ini," sebut dia.

Dalam pemeriksaan yang dilakukan terhadap warga, jelas dia, jika memang ditemukan gejalan terhadap penumpang atau warga pendatang. Maka pihak Dinas Kesehatan atau pihak medis yang telah disiagakan akan mengambil langkah mengevakuasi orang yang dicurigai.

3. Masyarakat diminta untuk jaga kebersihan

Antisipasi COVID-19, Akses Masuk ke Binjai Dijaga Ketat di 3 Titik IniKadishum Binjai Syahrial, saat memberikan keterangan (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Dalam hal ini, terang dia, diharapkan seluruh masyarakat untuk mematuhi segala himbauan atau petunjuk dari pemerintah Daerah dan Pusat. Sehingga kita semua dapat terhindar dari COVID-19. "Mari sama-sama kita berdoa untuk yang terbaik bagi negara ini khususnya Kota Binjai," terang dia.

Pada kesempatan itu, dirinya juga mengintakan kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kebersihan. Juga melakukan pemantauan terhadap sekeliling lingkungan. Jika memang ada warga yang diduga terindikasi COVID-19, untuk segera melaporkan kepada dinas terkait.

Terpantau, seluruh mobil angkutan umum dan mobil pribadi serta sepeda motor dihentikan sejenak. Petugas terlihat memantau sehu tubuh kepada setiap warga yang memasuki Kota Binjai. Tidak hanya itu, mobil dan sepeda motor disemprot oleh cairan disinfektan.

Baca Juga: Mulai Senin Ini, Sidang di PN Binjai akan Digelar Secara Online

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya