VIRAL! Warga Rekam Lumba-lumba Putih di Sungai Labuhanbatu Utara

Warga sebut sebagai pertanda musibah akan datang

Labuhanbatu Utara, IDN Times - VIRAL..!! Munculnya lumba-lumba putih terdampar di Sungai Kualuh menghebohkan warga Kabupaten Labuhanbatu Utara, Provinsi Sumatera Utara.

Pada Minggu (27/1) siang warga berhasil merekam keberadaan ikan langka tersebut yang disebut saat ini sudah berada di kawasan Kualaberingin Kecamatan Kualuhhulu.

Akun Laburaku membagikan sejumlah video yang berhasil dibuat warga netizen berisikan kondisi lumba-lumba putih atau yang oleh sebagian warga disebut Ikan Pesut itu. Video ini pun viral di jagad maya.

Sebagian warga netizen berharap agar binatang yang terlihat berwarna putih dengan punggung warga biru tersebut dapat diselamatkan.

1. Netizen: Jangan diburu

VIRAL! Warga Rekam Lumba-lumba Putih di Sungai Labuhanbatu Utarainstagram.com/thephotosiast

Beragam reaksi warga muncul menanggapi kejadian langka tersebut. Kebanyakan warga yang mengomentari postingan Laburaku. ”Wi ala kesian nyaa..Jangan dikejer’ loh,, apa lagi reme’ gitu, makanya stress. Uda dilaporin kan ke dinas terkait?” tulis Imaya Sari Ritonga.

Sedangkan Ahmad Syabaruddin menuliskan “Semoga dijagalah keberadaannya jgn diburu dan segera dinas yg bersangkutan segera memberitahukan kepada khalayak ramai agar dijaga kelestariannya”.

“Mohon dinas terkait segera menindaklanjuti. Karena itu hewan langka. Cuman ada 2 tempat di dunia. Yang pertama di Hutan Amazon Brazil. Dan yang kedua ya di negeri kita ini,” tulis Gabe.

2. Ternyata jumlahnya dua ekor

VIRAL! Warga Rekam Lumba-lumba Putih di Sungai Labuhanbatu Utaranationalgeographic.com/Flip Nicklin

Belum diperoleh informasi tindakan yang diambil dinas terkait di Labura atas munculnya binatang langka tersebut.

Kepala BPBD Labura Yandri SH yang dikonfirmasi via WhattApp belum memberi tanggapan.

Lumba-lumba putih yang disebut berjumlah dua ekor tersebut mulai terpantau warga Sabtu (26/1) siang di hilir Sungai Kualuh.

Pada malam harinya, ikan itu terlihat warga Kelurahan Guntingsaga dan pada Minggu siang sudah semakin ke hulu yaitu ke daerah Kualaberingin.

3. Peringatan buat masyarakat sekitar agar bersiap-siap mengantisipasi musibah yang akan terjadi

VIRAL! Warga Rekam Lumba-lumba Putih di Sungai Labuhanbatu Utara@pergimulufan

Sejumlah warga di Aekkanopan menyatakan keheranannya dengan kedatangan ikan tersebut di sungai yang membentang mulai dari Kualuhhulu, Kualuhselatan hingga Kualuhhilir tersebut.

“Seumur hidup saya, baru kali ini ada saya dengar ikan lumba-lumba di Sungai Kualuh,” ujar salah seorang warga bermarga Hasibuan.

Timbul Sinaga, seorang pensiunan PNS yang hobi, dirinya sudah bertahun-tahun memancing di sepanjang sungai terbesar di Labura itu, namun belum pernah melihat atau mendengar adanya lumba-lumba putih di Sungai Kualuh.

Menurut dia, kemunculan binatang langka itu bisa memberi sinyal akan terjadinya sesuatu yang besar di Tanah Basimpul Kuat Babontuk Elok tersebut.

“Berkali-kali kita ke perairan Ledong dan Tanjungbalai, belum pernah kita melihat lumba-lumba putih. Sementara kok bisa muncul di Sungai Kualuh? Berarti ini semacam peringatan buat masyarakat sekitar agar bersiap-siap mengantisipasi musibah yang akan terjadi,” tulisnya menanggapi kemunculan lumba-lumba putih tersebut.

Menurut pria yang ada "pintar-nya" itu, kemunculan ikan tersebut menguatkan mimpi yang pernah dialaminya beberapa waktu silam. “Kita berlindung kepada Allah, semoga kejadian ini bukan pertanda akan terjadinya musibah,” harapnya.

Penasaran? Yuk tonton videonya di bawah ini:

https://www.youtube.com/embed/U1z21bg3Vn0

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya