UMSU Resmi Memulai Program Studi Doktor Hukum

Merupakan program studi doktor pertama di UMSU

Medan, IDN Times - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) resmi membuka Program Studi  Doktor Hukum yang dirangkai dengan kuliah umum  bagi mahasiswa baru pascasarjana Tahun Ajaran 2021, Sabtu (9/10/2021).

Acara yang dilaksanakan secara daring dipusatkan di kampus pascasarjana UMSU di Jalan Denai, Medan.

Peluncuran Prodi Doktor Hukum langsung dilakukan Rektor, Prof. Dr. Agussani, MAP didampingi Kepala LLDikti  Sumut, Prof. Dr. Ibnu Hajar Damanik, MSi dengan menekan tombol virtual yang disaksikan 273 mahasiswa baru pascasarjana.

1. Pengajuan usul sudah dilakukan sejak tahun 2015

UMSU Resmi Memulai Program Studi Doktor HukumRektor UMSU Agussani mendapatkan penghargaan MURI saat nonton bareng Gerhana Matahari di Kampus UMSU (IDN Times/Yurika Febrianti)

Rektor, Prof. Dr. Agussani, MAP mengungkapkan, pembukaan Prodi Doktor Hukum melalui proses yang cukup panjang  dan harus memenuhi persyaratan yang ditentukan, baik kesiapan sumber daya manusia, dosen, infrastruktur pendidikan serta kurikulum.

 "Pengajuan usul sudah dilakukan sejak tahun 2015 dan terus mengalami perbaikan dan penyempurnaan, tahun 2021 usulan pendirian Prodi S3 hukum akhirnya diterima," katanya seperti dilansir Antara.

Dia berharap, kehadiran Prodi Doktor Hukum UMSU bisa melengkapi kajian bidang ilmu yang selama ini sudah ada.

"Semoga Prodi Doktor Hukum UMSU bisa berkontribusi positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan memberikan solusi terhadap persoalan hukum," katanya.

Baca Juga: Bikin Bangga, Anak Batubara Ikut Seleksi Garuda Select di Jakarta

2. Program doktor UMSU merupakan suatu lompatan besar

UMSU Resmi Memulai Program Studi Doktor HukumTwitter.com/Umsumedan

Kepala LLDikti Sumut, Prof. Dr. Ibnu Hajar yang juga sebagai narasumber mengungkapkan, kehadiran program doktor di UMSU merupakan capaian prestasi tersendiri karena tidak banyak perguruan tinggi yang diberikan ijin pendiriannya.

Artinya kehadiran Program Doktoral, apalagi di bidang hukum menunjukkan prestasi tersendiri sekaligus menegaskan UMSU sebagai kampus berkualitas sehingga dinilai layak menyelenggaran program.pendidikan S3.

Ibnu Hajar Damanik menegaskan pembukaan program doktor UMSU merupakan suatu lompatan besar. Prodi baru ini juga sebagai motor untuk menyiapkan sumber daya manusia dibidang hukum sehingga dapat menjadi referensi bagi mahasiswa S2 untuk melanjutkan jenjang pendidikannya.

Kepala LLDikti Sumut juga meminta kedepannya banyak pemikiran, kajian, filosofi dan kebijakan yang diberikan S3 Hukum UMSU.

''Kita berharap akan muncul gagasan-gagasan yang berhubungan dengan hukum yang bisa dilaksanakan dan diaplikasikan di pemerintahan,'' katanya.

3. Program studi doktor pertama di UMSU

UMSU Resmi Memulai Program Studi Doktor HukumRektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Agussani (tengah) bersama jajarannya memperlihatkan kacamata khusus melihat matahari yang akan digunakan untuk mengamati Gerhana Matahari Cincin (GMC). Antara Foto/Septianda Perdana

Dalam kuliah umum yang  sekaligus pengenalan mahasiswa baru pascasarjana  dan launching  Prodi Doktor Hukum, turut memberikan ucapan selamat Kapolda Sumut, Irjen. Pol. R.Z Panca Putra Simanjuntak dan Bupati Serdang Bedagai, H. Darma Wijaya.

Prof Dr H Agussani MAP selaku Rektor UMSU menerima izin pembukaan Program Studi (Prodi) Strata 3 Hukum dari Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi  (LLDikti) Sumut Prof H Ibnu Hajar Damanik MSi.

Izin ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 416/E/O/2021.

Prodi S3 Hukum ini merupakan program doktor pertama di UMSU yang merupakan perguruan tinggi yang memiliki akreditasi institusi A tersebut.

Baca Juga: Tim Sepakbola Sumut Tumbang 0-2 dari Tuan Rumah Papua

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya