Tanpa Stadion Baru, Teladan Bakal Jadi Venue Penutupan PON 2024

Diperkirakan akan menelan biaya sebesar Rp600 miliar

Harapan Sumut memiliki stadion baru bertaraf internasional pupus. Rencana pembangunan stadion baru untuk penutupan PON 2024 bisa dipastikan tidak akan terealisasi. 

Sebagai gantinya, Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Medan menyebutkan Stadion Teladan akan direvitalisasi dan bakal dijadikan lokasi penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Sumut-Aceh.

"Kami baru menerima dari Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) Stadion Teladan. Kalau memang ok nanti, penutupan PON di situ," ucap Kepala Dispora Kota Medan, Pulungan Harahap seperti dilansir ANTARA, Sabtu (1/4/2023).

Pihaknya mengharapkan bisa segera keluar lnstruksi Presiden tentang penutupan PON XXI/2024 Sumut-Aceh yang berlangsung di Stadion Teladan.

1. Stadion Teladan adalah warisan PON tahun 1950-an

Tanpa Stadion Baru, Teladan Bakal Jadi Venue Penutupan PON 2024Tampak depan desain baru Stadion Teladan Medan (Dok.Istimewa)

Stadion Teladan dibangun mulai tahun 1951 dan selesai pada tahun 1953 menjelang Pekan Olahraga Nasional III. Setelah 70 tahun berlalu Pemko Medan tidak punya stadion baru dan stadion ini akan kembali digunakan untuk PON XXI 2024.

Untuk pekerjaan fisik revitalisasi Stadion Teladan akan segera dilakukan Kementerian PUPR dalam waktu dekat ini.

"Ya kalau memang cepat ini (pembangunan fisik), Kementerian PUPR siap mengerjakan. Pengerjaan fisik Stadion Teladan secara total," tegasnya.

2. Revitalisasi Teladan diperkirakan akan menelan biaya sebesar Rp600 miliar

Tanpa Stadion Baru, Teladan Bakal Jadi Venue Penutupan PON 2024Tampak depan desain baru Stadion Teladan Medan (Dok.Istimewa)

Pulungan mengatakan pengerjaan fisik Stadion Teladan tersebut diperkirakan akan menelan biaya sebesar Rp600 miliar lebih.

Sumber pendanaan revitalisasi ini dibagi menjadi dua masing-masing Rp300 miliar dari APBN lewat Kementerian PUPR, dan sisanya Pemkot Medan dari APBD tahun ini.

"Kalau Presiden menunjuk lokasi ini sebagai tempat penutupan PON 2024, berarti dari Kementerian PUPR seluruhnya. Sebab kita tidak bisa menganggarkan biaya itu," tegas dia.

Pihaknya juga telah membicarakan bagian mana saja yang direvitalisasi dari Stadion Teladan yang memiliki kapasitas sekitar 20.000 penonton.

"Yang tinggal di Stadion Teladan nanti hanya tugu tengah itu, karena kita anggap sudah warisan sejarah. Walau belum di SK-kan (Surat Keterangan)," tutur Pulungan.
 

3. Bobby sudah me-launching desain baru Teladan Desember lalu

Tanpa Stadion Baru, Teladan Bakal Jadi Venue Penutupan PON 2024Tampak depan desain baru Stadion Teladan Medan (Dok.Istimewa)

Pada Desember 2022 lalu, Wali Kota Medan juga sudah menjanjikan revitaliasi Stadion Teladan Medan. Desain baru stadion yang berdiri sejak tahun 1950 ini juga sudah difixkan.

Dalam desain tersebut, stadion yang selama ini jadi kandang PSMS Medan itu terlihat berubah total dengan seluruhnya menjadi kursi single seat dan tribun tertutup. 

Pihak PT Pandu Persada dalam pemaparannya menyebutkan untuk meningkatkan kualitas fungsi bangunan sesuai standar AFC maka diperlukan renovasi berat.Menariknya meski berubah total, ciri khas Stadion Teladan dengan menara di depan tetap dipertahankan. 

Dengan pembangunan ini Stadion Teladan akan berkapasitas 21 ribu. Selama ini tidak ada jumlah yang multak soal kapasitas stadion karena tidak single seat. Kerap disebutkan stadion ini berkapasitas 20 ribu penonton.

Selain itu stadion juga akan memberi akses untuk disabilitas yang menjadi acuan dalam perencanaan pembangunan ini adalah standar FIFA, AFC, juga Permenpora Nomor 7 Tahun 2021.

Bobby Nasution mengatakan yang perlu diperhatikan adalah perawatan setelah stadion ini tuntas direvitalisasi. Selama ini banyak stadion baru di luar daerah yang mangkrak karena tidak dirawat.

"Hal lain yang perlu dipikirkan, adalah bagaimana perawatan setelah pembangunan selesai. Jangan sampai selesai dibangun, perawatannya tidak layak," kata Bobby.

Bobby Nasution juga mengingatkan agar desain juga memfasilitasi keberadaan pelaku UMKM di Stadion Teladan. Harus ada perencanaan detail yang mengatur soal tata letak pelaku UMKM, baik yang sudah punya brand maupun yang belum punya brand. Baik ada atau tidak ada pertandingan, aktivitas di ruang publik ini tetap berjalan.

Baca Juga: Intip Desain Baru Stadion Teladan Medan, Berubah Total!

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya